6 Tips Makeup yang Ramah Wudhu, Tetap Cantik Tanpa Mengganggu Ibadah

Pelajari tips makeup yang ramah untuk wudhu.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 03 Okt 2024, 10:51 WIB
Diterbitkan 03 Jun 2024, 12:48 WIB
Makeup Wudhu Friendly
Kamu dapat menggunakan makeup yang ramah wudhu dengan memperhatikan bahan dan tipe kosmetik yang dipakai. (Foto: Freepik/freepik)

Liputan6.com, Jakarta Bagi banyak wanita Muslim, menjaga penampilan tetap cantik dan segar sepanjang hari sambil tetap mematuhi kewajiban berwudhu bisa menjadi tantangan tersendiri. Wudhu, sebagai salah satu ritual penting dalam Islam, mengharuskan pembersihan wajah, tangan, dan bagian tubuh lainnya dengan air.

Faktor ini sering kali membuat riasan wajah yang sudah diterapkan menjadi luntur atau hilang. Oleh karena itu, penting untuk menemukan cara-cara agar tetap bisa berdandan tanpa mengganggu ibadah dan tetap merasa percaya diri. Beruntung, ada beberapa tips makeup yang bisa membantu Anda menjaga penampilan tanpa mengorbankan kewajiban berwudhu.

Tips-tips ini tidak hanya akan membuat riasan Anda lebih tahan lama, tetapi juga memastikan bahwa Anda tetap bisa menjalankan ibadah dengan tenang dan nyaman. Jangan khawatir, berikut adalah 6 tips riasan wajah yang ramah wudhu. Yuk, simak sampai tuntas, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(3/10/2024).


Panduan Makeup Ramah Wudhu

Produk Makeup
Pilih produk makeup halal dan hindari bahan silikon. (Sumber foto: Freepik/freepik)

1. Pastikan produk kosmetik yang digunakan halal

Langkah pertama dalam memilih kosmetik adalah memastikan produk yang digunakan halal. Ini penting untuk menjaga kesucian selama beribadah. Periksa label halal dan teliti kandungan yang ada dalam produk kosmetik tersebut.

2. Hindari produk yang mengandung silikon

Silikon adalah bahan sintetis yang sering digunakan dalam berbagai produk kosmetik. Bahan ini bisa membentuk lapisan tipis di kulit untuk tampilan halus, namun sifatnya yang tidak memungkinkan ventilasi dapat menyebabkan penumpukan minyak dan kotoran di bawahnya, mengganggu sirkulasi udara dan menyumbat pori-pori.

Ini dapat merugikan kesehatan kulit dengan menghambat pernapasan kulit, serta dapat menyulitkan dalam menjalankan wudhu karena potensi kotoran yang terperangkap di kulit. Sebaiknya pilih produk yang lebih ringan dan memungkinkan kulit untuk bernapas agar kesehatan kulit tetap terjaga.

3. Hindari penggunaan primer

Primer memiliki tekstur lengket yang dapat membuat riasan tahan lama, tetapi juga bisa menciptakan lapisan yang menghalangi air masuk ke kulit. Menghindari penggunaan primer dapat mempermudah proses bersuci saat berwudhu, karena tidak ada lapisan yang menghalangi air untuk mencapai kulit.


Pilihan Kosmetik untuk Makeup dan Ramah Wudhu

Kosmetik
Perhatikan tekstur makeup yang dapat menghalangi air ketika berwudhu. (Foto: Freepik/freepik)

4. Pilih alas bedak bubuk, bukan cair

Ketika memilih alas bedak, lebih baik memilih jenis bubuk yang diaplikasikan dengan kuas besar daripada yang cair atau krim. Alasannya, bedak bubuk memiliki tekstur lebih ringan, sehingga tidak menghalangi air wudhu untuk mencapai kulit. Dibandingkan dengan alas bedak cair atau krim yang mungkin menutup pori-pori dan sulit dibersihkan selama wudhu, bedak bubuk memungkinkan air untuk menembus dan membersihkan kulit lebih efektif.

5. Gunakan eyeshadow hitam atau celak sebagai eyeliner

Agar tidak perlu mencuci eyeliner cair atau gel sebelum wudhu, gunakan eyeshadow hitam yang diaplikasikan dengan kuas sudut untuk mendapatkan garis yang lembut dan mudah dihapus. Hal yang sama berlaku untuk merapikan alis dengan eyeshadow.

Jika kamu menginginkan alis yang lebih tegas, mungkin perlu menghapusnya dan mengaplikasikannya kembali. Untuk memberikan definisi pada mata sesuai dengan prinsip kehalalan, gunakan celak pada garis air atas dan bawah mata tanpa perlu melepaskannya sebelum berwudhu.

6. Bawa pembersih riasan

Jika anda perlu menggunakan produk riasan seperti concealer berwarna krem, lipstik, dan pensil alis, selalu simpan tisu penghapus riasan dan pembersih riasan mata mini di dalam dompet. Ini akan membantu menghapus riasan dengan cepat dan mudah kapanpun diperlukan. Selain itu, pastikan juga untuk menyimpan perlengkapan riasan harian di dalam tas agar dapat melakukan touch up dengan cepat setelah selesai beribadah.

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya