6 Teknik Hypnobirthing, Metode yang Membantu Ibu Tetap Tenang Saat Melahirkan

Hypnobirthing memadukan teknik visualisasi, latihan pernapasan, dan afirmasi untuk membantu orang tua yang melahirkan menghadapi ketidaknyamanan.

oleh Ricka Milla Suatin diperbarui 25 Okt 2024, 20:06 WIB
Diterbitkan 25 Okt 2024, 20:06 WIB
[Bintang] Heboh, Nenek 62 Tahun Melahirkan Bayi Laki-laki dengan Persalinan Normal
Banyak yang mengira kalau bayi laki-laki tersebut adalah cucu dari sang nenek, padahal itu adalah anak laki-laki yang dilahirkannya secara normal. (Ilustrasi: Opposing Views)

Liputan6.com, Jakarta Walaupun banyak ibu hamil sangat antusias menantikan kehadiran buah hati mereka, proses persalinan bisa memicu berbagai emosi, termasuk rasa takut terhadap nyeri yang mungkin dirasakan. Syukurlah, terdapat beragam cara untuk mengatasi rasa sakit selama melahirkan, salah satunya adalah hipnosis dengan teknik yang dikenal sebagai ‘Hypnobirthing’.

Menurut momjunction.com, Hypnobirthing merupakan salah satu metode yang semakin dikenal di berbagai belahan dunia. Para pakar menyatakan bahwa teknik ini bertujuan mempersiapkan ibu hamil menghadapi persalinan dengan mengajarkan teknik-teknik khusus untuk mengelola stres, kecemasan, ketakutan, dan rasa sakit selama proses melahirkan. Selain itu, metode ini berfokus pada menciptakan pengalaman melahirkan yang tenang dan alami, yang dapat mengurangi kemungkinan kebutuhan operasi caesar darurat atau elektif.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (25/10/2024), Hypnobirthing memadukan teknik visualisasi, latihan pernapasan, dan afirmasi untuk membantu orang tua yang melahirkan menghadapi ketidaknyamanan. Tujuannya adalah membawa tubuh ke dalam keadaan relaksasi mendalam, sehingga memungkinkan otot bekerja optimal selama proses kelahiran.

Teknik Hypnobirthing

Teknik hypnobirthing
Relaksasi untuk ibu hamil. (Foto: Freepik/inkdrop)

Menurut momjunction.com, ada beberapa metode yang dapat dipelajari untuk menenangkan tubuh sebelum dan selama proses persalinan hingga kelahiran.

1. Afirmasi kelahiran

Afirmasi ini adalah pernyataan positif yang dirancang untuk membangun kepercayaan diri, mengurangi rasa takut, dan menumbuhkan pola pikir positif selama kehamilan dan proses persalinan. Kamu bisa mengucapkannya dengan suara keras atau menuliskannya di buku catatan.

2. Visualisasi

Metode ini melibatkan pembayangan tempat atau pemandangan yang menenangkan, yang dapat membantu melepaskan ketegangan, mengurangi rasa takut, dan meningkatkan relaksasi. Sebagai alternatif, kamu bisa memvisualisasikan berbagai tahap persalinan, sehingga merasa lebih terlibat dalam proses tersebut.

3. Pernapasan

Melakukan pernapasan perlahan dan dalam dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan selama persalinan dengan memberikan efek menenangkan. Ketika ibu hamil berlatih pernapasan dalam, fokus mereka beralih dari rasa sakit ke pola pernapasan yang teratur, yang membantu mereka merasa lebih rileks.

4. Meditasi

Meditasi dapat membantu meningkatkan konsentrasi selama persalinan, sehingga kamu tidak terganggu oleh suara-suara atau hal-hal lain yang terjadi di sekitar.

5. Hipnosis diri

Ini adalah teknik untuk memasuki kondisi relaksasi mendalam melalui hipnosis, di mana individu dapat memberikan sugesti kepada pikirannya sendiri. Tujuannya adalah untuk menciptakan perubahan positif dalam pikiran dan perasaan guna mengurangi stres dan kecemasan.

6. Perhatian

Mindfulness adalah praktik untuk hadir sepenuhnya dalam momen saat ini sambil mengamati pikiran, perasaan, dan sensasi tubuh tanpa menghakimi. Pendekatan ini membantu mencapai keadaan pikiran yang tenang dan fokus.

Manfaat Hypnobirthing

Manfaat hypnobirthing
Hypnobirthing membantu mengurangi rasa sakit dan kecemasan saat melahirkan. (Foto: Freepik/user18526052)

Menurut motherandbaby.com, memiliki rencana kelahiran adalah hal yang umum, namun seberapa pun matang rencana tersebut, kenyataannya tidak selalu berjalan sesuai harapan. Oleh karena itu, penting untuk siap menghadapi perubahan yang tidak terduga.

Dengan mempelajari teknik Hypnobirthing, kamu dapat lebih baik menangani kejutan-kejutan yang mungkin terjadi daripada jika tidak memiliki teknik pernapasan atau visualisasi. Pengetahuan ini membantu kamu tetap tenang, sehingga jika berencana melahirkan secara normal namun harus menjalani operasi caesar mendadak, kamu dapat tetap menggunakan teknik pernapasan, lebih rileks, dan fokus pada tujuan utama yaitu menyambut bayi.

Sering kali, pasangan merasa terpinggirkan selama kehamilan dan persalinan karena merasa tidak banyak yang dapat dilakukan. Namun, Hypnobirthing dapat membuat pasangan merasa lebih terlibat dalam prosesnya.

Teknik ini memberikan peran kepada pasangan dan menawarkan pendekatan praktis untuk membantu selama masa kehamilan dan persalinan. Ini termasuk teknik pijat, kata-kata yang menenangkan untuk membantu kamu tetap dalam kerangka berpikir yang positif, serta latihan mindfulness yang bisa dilakukan bersama. Semua ini dapat membuat mereka merasa lebih percaya diri dan dicintai selama kehamilan dan persalinan.

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya