Top 5 Ramadan: Sidang Isbat Awal Ramadan Curi Perhatian

Pelaksanaan sidang isbat ini pun menuai perhatian pembaca Liputan6.com, yang ingin mengetahui waktu tepatnya awal Ramadan.

oleh Nurmayanti diperbarui 16 Jun 2015, 08:41 WIB
Diterbitkan 16 Jun 2015, 08:41 WIB
Tentukan 1 Syawal, Kemenag Gelar Sidang Isbat Petang Nanti
Ilustrasi petugas sedang mengamati posisi hilal. (Antara Foto)

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) bakal menggelar sidang penentuan (isbat) awal Ramadan 1436H/2015M, di Gedung Kementerian Agama Jakarta pada Selasa (16/6/2015) ini.

Pelaksanaan sidang isbat ini pun menuai perhatian pembaca Liputan6.com, yang ingin mengetahui waktu tepatnya awal Ramadan.

Artikel lain yang juga jadi perhatian adalah penganut tarekat Naqsabandiyah di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar),yang mulai melaksanakan salat tarawih berjamaah malam ini. Berikut daftar lengkap 5 berita kanal Ramadan paling dicari,  Selasa (16/6/2015):

1. Sidang Isbat Penentu Awal Ramadan Digelar Selasa Sore

Kementerian Agama (Kemenag) bakal menggelar sidang penentuan (isbat) awal Ramadan 1436H/2015M, di Gedung Kementerian Agama Jakarta pada Selasa (16/6/2015).

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, sidang isbat akan digelar pada pukul 16.00 WIB untuk menetapkan awal Ramadan yang nanti ditandai dengan dimulainya salat tarawih‎.

‎"Besok kita sidang isbat, kita undang ulama dan pimpinan ormas Islam dan pakar astronomi untuk musyawarah," kata Lukman di Tenis Indoor, Senayan, Jakarta, Senin (15/6/2015).

2. Jemaah Naqsabandiyah Sumbar Salat Tarawih Malam Ini

Penganut tarekat Naqsabandiyah di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), mulai melaksanakan salat tarawih berjemaah malam ini. Sebab, mereka akan mulai menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1436 Hijriah, Selasa 16 Juni besok.

Pimpinan jemaah Naqsabandiyah Sumbar, Mursyid Syafri Malin Mudo menjelaskan, penetapan awal Ramadan didasari penghitungan almanak dengan metode hisab Munjid yang telah digunakan sejak turun-temurun.

3. Ahok Bakal Sita Dagangan PKL yang Bandel Saat Ramadan

Ramadan bulan penuh berkah. Keberkahan ini salah satunya dirasakan oleh para pedagang, tidak terkecuali pedagang kaki lima (PKL). Tidak jarang PKL yang jemput bola dengan merapat ke pusat keramaian kota. Sebut saja di sepanjang Jalan Jatibaru, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Gara-gara aksi jemput bola PKL ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta geram. Sebab, keberadaan mereka telah membuat jalan menjadi semakin macet.

4. Gemerlapnya Ribuan Lampu Hiasi Kota Mekkah saat Ramadan

Pemerintah Kota Mekkah mulai bersiap-siap menyambut pelaksanaan Ramadan tahun ini. Pemerintah kota suci ini mulai mendekorasi jalan dan terowongan sebagai persiapan menyambut bulan suci Ramadan.

Direktur Pemeliharaan dan Penerangan Kota Mekkah Bandar Nouh, menyebut pelaksanaan bulan puasa merupakan "Acara khusus dan sangat istimewa bagi Umat Islam dan Kota Mekah."

Dalam menyambut Ramadan, 2.000 menara, tiang dan 500 pohon-pohon palem yang bertebaran di Kota Mekkah akan berhiaskan 1.700 lampu berkabel sepanjang 7.000 meter.

5. 8 Manfaat Puasa yang Jarang Diketahui

Bulan Ramadan sebentar lagi tiba. Di bulan ini, menjadi kewajiban Umat Islam untuk berpuasa. Tak sekedar menahan diri dari makan dan minum sebelum matahari terbit sampai matahari terbenam, untuk menjaga kesempurnaan puasa juga perlu menjaga hati, dan anggota tubuh lainnya untuk melakukan ketaatan.(Nrm/Igw)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya