5 Ayat Al-Qur'an yang Mengisahkan Nabi Daud AS, Pertempuran dengan Jalut hingga Ahli Baju Besi

Kisah dan fakta menarik Nabi Daud AS yang tertulis dalam Al-Qur'an

oleh Putry Damayanty diperbarui 09 Mar 2023, 09:36 WIB
Diterbitkan 09 Jan 2023, 22:30 WIB
Nabi Daud AS
Nabi Daud AS

Liputan6.com, Jakarta - Nabi Daud AS adalah seorang tokoh dalam Al-Qur'an, Alkitab, dan Tanakh. Ia dikenal sebagai sosok yang telah mengalahkan Jalut (Goliat) dan sebagai raja yang saleh. Agama-agama Abrahamik umumnya memandang Nabi Daud AS sebagai sosok raja panutan yang ideal.

Nabi Daud AS dilahirkan dari rahim Sarah atau populer dengan sebutan Siti Sarah, istri Nabi Ibrahim AS. Dengan begitu ia masih berasal dari keturunan Nabi Ishaq AS.

Ayat Al-Qur'an yang Mengisahkan tentang Nabi Daud AS:

Al-Baqarah Ayat 251

فَهَزَمُوْهُمْ بِاِذْنِ اللّٰهِۗ وَقَتَلَ دَاوٗدُ جَالُوْتَ وَاٰتٰىهُ اللّٰهُ الْمُلْكَ وَالْحِكْمَةَ وَعَلَّمَهٗ مِمَّا يَشَاۤءُۗ وَلَوْلَا دَفْعُ اللّٰهِ النَّاسَ بَعْضَهُمْ بِبَعْضٍ لَّفَسَدَتِ الْاَرْضُ وَلٰكِنَّ اللّٰهَ ذُوْ فَضْلٍ عَلَى الْعٰلَمِيْنَ ۝٢٥

Artinya : Mereka (tentara Talut) mengalahkan tentara Jalut dengan izin Allah dan Daud membunuh Jalut. Kemudian, Allah menganugerahinya (Daud) kerajaan dan hikmah (kenabian); Dia (juga) mengajarinya apa yang Dia kehendaki. Seandainya Allah tidak menolak (keganasan) sebagian manusia dengan sebagian yang lain, niscaya rusaklah bumi ini. Akan tetapi, Allah mempunyai karunia (yang dilimpahkan-Nya) atas seluruh alam.

Al-Anbiya' Ayat 78 

وَدَاوٗدَ وَسُلَيْمٰنَ اِذْ يَحْكُمٰنِ فِى الْحَرْثِ اِذْ نَفَشَتْ فِيْهِ غَنَمُ الْقَوْمِۚ وَكُنَّا لِحُكْمِهِمْ شٰهِدِيْنَۖ ۝٧٨

Artinya : Ingatlah Daud dan Sulaiman ketika mereka memberikan keputusan mengenai ladang yang dirusak pada malam hari oleh kambing-kambing milik kaumnya. Kami menyaksikan keputusan (yang diberikan) oleh mereka itu.

Al-Anbiya' Ayat 79

فَفَهَّمْنٰهَا سُلَيْمٰنَۚ وَكُلًّا اٰتَيْنَا حُكْمًا وَّعِلْمًاۖ وَّسَخَّرْنَا مَعَ دَاوٗدَ الْجِبَالَ يُسَبِّحْنَ وَالطَّيْرَۗ وَكُنَّا فٰعِلِيْنَ ۝٧٩

Artinya : Lalu, Kami memberi pemahaman kepada Sulaiman (tentang keputusan yang lebih tepat). Kepada masing-masing (Daud dan Sulaiman) Kami memberi hikmah dan ilmu. Kami menundukkan gunung-gunung dan burung-burung untuk bertasbih bersama Daud. Kamilah yang melakukannya.

Al-Anbiya' Ayat 80

وَعَلَّمْنٰهُ صَنْعَةَ لَبُوْسٍ لَّكُمْ لِتُحْصِنَكُمْ مِّنْۢ بَأْسِكُمْۚ فَهَلْ اَنْتُمْ شٰكِرُوْنَ ۝٨٠

Artinya : Kami mengajarkan pula kepada Daud cara membuat baju besi untukmu guna melindungimu dari serangan musuhmu (dalam peperangan). Maka, apakah kamu bersyukur (kepada Allah)?

An-Naml Ayat 15

وَلَقَدْ اٰتَيْنَا دَاوٗدَ وَسُلَيْمٰنَ عِلْمًاۗ وَقَالَا الْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ فَضَّلَنَا عَلٰى كَثِيْرٍ مِّنْ عِبَادِهِ الْمُؤْمِنِيْنَ ۝١٥

Artinya : Sungguh, Kami benar-benar telah menganugerahkan ilmu kepada Daud dan Sulaiman. Keduanya berkata, “Segala puji bagi Allah yang melebihkan kami daripada kebanyakan hamba-hamba-Nya yang mukmin.”

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan ini:


Fakta Menarik Nabi Daud AS

Belajar dari Katak

Awalnya, Nabi Daud mengira bahwa tidak ada seorang pun dari makhluk Allah SWT yang berdzikir melebihi dzikirnya. Kemudian Allah SWT memerintahkan malaikat menemui Nabi Daud,

“Wahai, Daud. Suara katak ketika berdzikir lebih lama ketimbang dzikirmu kepada Allah. Zikir katak jugalah yang membesarkan bumi ini dengan izin Allah SWT. Setelah Allah SWT. menciptakan bumi ini, kemudian Allah SWT. menciptakan katak. Lalu katak itu berdzikir sehingga permukaan bumi yang kecil ini dibesarkan oleh Allah.”

Memiliki Suara yang Merdu

Nabi Daud memiliki banyak keistimewaan. Di antaranya dapat melunakkan besi dengan tangan kosong, tanpa dipanaskan terlebih dahulu dengan api. Kemudian besi itu dibentuk menjadi baju besi dengan ukuran yang sama. Selain itu, Nabi Daud juga mengerti bahasa burung dan memiliki suara yang paling merdu dari semua suara umat manusia.

Ketika mendengar Nabi Daud melantunkan ayat kitab Zabur, semua yang mendengarnya ikut takjub. Manusia dan jin yang sakit menjadi sembuh. Burung-burung terbang mendekat. Angin menjadi tenang. Gunung serta burung pun ikut bertasbih kepada Allah SWT.

Beribadah di Hari Sabtu

Nabi Daud menyeru pada Bani Israil untuk melakukan ibadah khusus pada hari sabtu. Selama hari sabtu, kaumnya tidak boleh berdagang, menangkap ikan atau melakukan pekerjaan lainnya.

Namun di desa Ailat, di tepi laut Merah. Ada sekelompok nelayan yang menangkap ikan pada hari sabtu. Mengetahui hal itu, Nabi Daud berdoa kepada Allah SWT agar memberikan peringatan pada mereka.

Doa itu dikabulkan Allah SWT. Lalu terjadilah gempa bumi dahsyat yang membinasakan penduduk Ailat yang membangkang serta mengabaikan ibadah pada hari Sabtu.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya