Gus Reza Lirboyo Mengungkap 7 Tanda Kiamat yang Sudah Mulai Terjadi

Wakil Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, KH Reza Ahmad Zahid yang akrab dengan panggilan Gus Reza mengatakan, bahwa di antara tanda-tandanya kiamat

oleh Liputan6.com diperbarui 26 Feb 2023, 16:30 WIB
Diterbitkan 26 Feb 2023, 16:30 WIB
Wakil Ketua PWNU Jawa Timur, KH Reza Ahmad Zahid atau Gus Reza, Lirboyo. (Foto: Tangkapan layar YouTube mas Fadhil channel)
Wakil Ketua PWNU Jawa Timur, KH Reza Ahmad Zahid atau Gus Reza, Lirboyo. (Foto: Tangkapan layar YouTube mas fadhil channel)

Liputan6.com, Jakarta - Rasulullah SAW telah menyebutkan sejumlah tanda kiamat. Dari beberapa yang disebut Nabi Muhammad, beberapa di antaranya sudah terjadi, lainnya belum.

Memang, tak ada satupun makhluk yang mengetahui kapan terjadinya kiamat. Namun, Allah SWT telah memberi petunjuk tanda-tanda kiamat makin dekat, baik dalam ayat Al-Qur'an maupun melalui Rasul-Nya.

Mengutip laman NU Jatim, Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, KH Reza Ahmad Zahid atau Gus Reza Lirboyo mengungkapkanĀ di antara tanda-tanda kiamat berikut 7 di antaranya:

1. Tidak adanya ghiroh menolong orang lain demi tegaknya agama.

2. Masa ketika kewajiban agama layaknya bara api

Esok akan datang suatu zaman di mana orang yang sabar melakukan kewajiban agama seakan-akan memegang bara api.

3. Kemaksiatan merajalela

"Esok bakal banyak kemaksiatan, sedangkan yang alim seperti orang aneh dan sedikit," kata Wakil Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur ini, melansir jatim.nu.or.id, Minggu (26/2/2023).

Ā 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Ini:


Tanda Kiamat yang Sudah Terjadi

4. Ahli ibadah bodoh ilmu agama

Ada seorang ahli ibadah, tapi bodoh dalam agama. Seakan-akan terlihat beribadah, tapi tidak mendalami ilmu fiqihnya.

5.Ā Akan ada pula orang yang bagus bacaan Al-Qur'annya, tetapi perilakunya tidak mencerminkan tuturan dalam Al-Qur'an.

5. Membangun Masjid Megah tapi enggan Berjamaah

Ā ā€œBanyak orang yang saling menyombongkan diri dengan membangun masjid yang besar dan megah, namun semangatnya untuk berjama'ah tidak ada. Jadinya masjidnya saja yang bagus, tapi kosong melompong," ungkapnya.

6. Memutus tali silaturahmi

Tidak hanya itu, akan banyak orang yang dengan mudah memutus tali silaturahim. Bahkan, orang yang jujur akan tidak dipercaya, sebaliknya orang yang kerap berbohong malah yang dipercaya.

7. Wafatnya orang alim

Menurut Gus Reza, wafatnya orang-orang alim juga menjadi tanda-tanda hari kiamat. Yang tersisa di bumi hanya tinggal orang biasa yang tidak tahu apa-apa dan jauh dari kata alim.

ā€œDan, bulan-bulan ini banyak kiai yang wafat. Padahal, mereka adalah jimat,ā€ pungkasnya.

Demikian tanda-tanda kiamat menurut Gus Reza. Dari tujuh tanda tersebut, sekarang sudah mulai terjadi. Wallahua'lam.

Tim Rembulan

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya