Perilaku Konsumen Berubah di Bulan Ramadhan, Warganet Paling Getol Belanja Jam 3-6 Pagi

Perilaku konsumen berubah di bulan Ramadhan, para pengguna internet pun paling getol berbelanja di jam 3-6 pagi. Bagaimana dengan kamu?

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 08 Apr 2023, 05:30 WIB
Diterbitkan 08 Apr 2023, 05:30 WIB
Ilustrasi belanja online, ecommerce, e-commerce, toko online
Ilustrasi belanja online, ecommerce, e-commerce, toko online. Kredit: athree23 via Pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Ramadhan menjadi bulan yang tidak hanya spesial dari sudut pandang keagamaan, tetapi juga bagi para pebisnis. Pasalnya, bulan Ramadhan menjadi kesempatan besar bagi pebisnis untuk meningkatkan brand awareness, mendapat konsumen baru, dan mendapatkan lebih banyak keuntungan.

Namun untuk mendapatkan keuntungan, konsumen perlu tahu bahwa perilaku konsumen di bulan Ramadhan berubah, tak seperti hari-hari biasa. Hal ini pun berdampak positif bagi bisnis.

Company and Retail Strategist Niagahoster, Yongky Susilo, mengatakan, "mengabaikan konsumen di bulan Ramadhan sama halnya dengan mengabaikan mereka setahun ke depan."

Untuk itu menurutnya, agar sukses meraup keuntungan di bulan Ramadhan, pebisnis perlu menyediakan produk yang tepat di waktu yang tepat. Hal ini perlu dilakukan agar bisnis tak kehilangan momentum puncak belanja, yakni sekitar pertengahan dua minggu Ramadan.

Terbukti, konsumen rela mengantre atau standby di website toko online pilihan mereka untuk mendapatkan barang yang diinginkan.

Pengamatan Google menemukan, secara umum orang Indonesia lebih banyak memanfaatkan waktu di bulan Ramadhan untuk beristirahat.

Perubahan pola makan yang biasanya tiga kali sehari menjadi dua kali sehari, yakni sahur dan buka puasa pun mengubah perilaku konsumen saat jam makan siang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Trafik E-commerce Naik 152 Persen di Jam 3-6 Pagi Saat Ramadhan

ilustrasi belanja makeup secara online/pexels
ilustrasi belanja makeup secara online/pexels

Sebagian waktu istirahat yang lebih banyak itu pun digunakan untuk berselancar di internet. Niagahoster melihat, trafik e-commerce pada jam 3-6 pagi meningkat 152 persen selama Ramadhan. Selain itu peningkatan trafik juga terjadi saat jam makan siang, yakni 12 persen.

Selain itu perilaku lain yang juga berubah adalah konsumsi hiburan. Konten hiburan di berbagai platform digital mulai dari YouTube, Instagram, dan TikTok pun menyedot jutaan penonton selama Ramadhan dengan lebih dari 70 persen mengakses lewat smartphone.

Melihat hal itu, pebisnis juga harus paham timing, agar tidak mengganggu waktu ibadah konsumen. Pasalnya, umat muslim menggunakan Ramadhan untuk lebih banyak beribadah.

Pemilik bisnis, harus lebih pintar mencari waktu marketing yang tidak menganggu aktivitas ibadah, misalnya saat waktu sholat tarawih.


Belanja Online Jadi Aktivitas Populer Meski Pandemi Mereda

Ilustrasi Belanja Online, e-Commerce, eCommerce, Online Marketplace, Bisnis Online
Ilustrasi Belanja Online, e-Commerce, eCommerce, Online Marketplace, Bisnis Online

Sadar atau tidak, pandemi mengubah perilaku konsumen. Belanja online pun tetap jadi aktivitas populer meski pusat perbelanjaan dan toko offline sudah kembali beroperasi seperti sebelumnya. Masyarakat Indonesia sudah nyaman dengan berbelanja online.

Saat ini, ada banyak konsumen yang lebih nyaman belanja kebutuhan Ramadhan dan Idul Fitri secara online. Misalnya pembelian baju Lebaran, kue kering, sampai ketupat.

Niagahoster menyebut, belanja online bukan hanya jadi rutinitas baru favorit bagi penduduk kota besar tetapi juga kota-kota non metro di Indonesia. Bahkan 72 persen konsumen digital baru berasal dari kota-kota non-metro.


Tips Buat Pebisnis dalam Manfaatkan Momen Ramadhan untuk Raup Keuntungan

Ilustrasi Belanja Tanaman Hias Online
Ilustrasi belanja tanaman hias online. (dok. Unsplash.com/Brook Lark)

Oleh karenanya, pebisnis penting menarik minat calon pembeli melalui website toko online untuk akses yang lebih mudah bagi berbagai kalangan. Mengingat 70 persen orang mengakses internet dari smartphone, website toko online harus mobile-friendly, mudah dinavigasi, dan kompatibel di berbagai perangkat.

Dengan begitu konsumen bisa nyaman menjelajahi website bisnis. Selain itu, layanan web hosting yang baik juga penting dipertimbangkan guna memberi banyak kemudahan.

Hasil kampanye marketing selama bulan Ramadhan pun tidak berhenti ketika bulan Ramadan usai. Oleh karena itu, jika hubungan antara produk dan konsumen berhasil dibangun dengan baik selama Ramadhan, produk bakal terus diingat oleh konsumen.

 

Infografis Hari Belanja Online
Infografis Hari Belanja Online (Liputan6/desi)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya