Adab Membaca Al-Qur'an, Yuk Dapatkan Berkah Tak Terhingga

Adab merupakan istilah dalam bahasa Arab yang merujuk pada perilaku yang baik, sopan santun, dan etika yang benar. Hal ini sangat penting dalam budaya Islam dan budaya banyak masyarakat di dunia Arab dan Muslim. Ini mencakup berbagai aspek dalam kehidupan sehari-hari dan berlaku dalam berbagai konteks, termasuk dalam berbicara, berkomunikasi, bersikap, dan bertindak.

oleh Liputan6.com diperbarui 02 Agu 2023, 22:30 WIB
Diterbitkan 02 Agu 2023, 22:30 WIB
Ilustrasi membaca Al-Qur'an
Ilustrasi membaca Al-Qur'an. (Foto oleh Alena Darmel: https://www.pexels.com/id-id/foto/tangan-gadis-duduk-dalam-ruangan-8164742/)

Liputan6.com, Jakarta - Adab merupakan istilah dalam bahasa Arab yang merujuk pada perilaku yang baik, sopan santun, dan etika yang benar.

Hal ini sangat penting dalam budaya Islam dan budaya banyak masyarakat di dunia Arab dan Muslim. Ini mencakup berbagai aspek dalam kehidupan sehari-hari dan berlaku dalam berbagai konteks, termasuk dalam berbicara, berkomunikasi, bersikap, dan bertindak.

Tak terkecuali dengan memperlakukakan Al-Qur'an, harus dengan adab. Terlebih, Al-Qur'an merupakan kalam Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril. Kitab suci agama Islam ini yang dijadikan pedoman dalam kehidupan di dunia dan di akhirat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Ini:


Membaca dan Memahami Al-Qur'an Bernilai Ibadah

Syariat Syirkah dalam Al-Qur’an Surat Al-Anfal Ayat 41
Ilustrasi Al-Qur'an Credit: pexels.com/Ali

Mengutip mui.or.id, menurut guru besar ilmu tafsir di Universitas Umm Al-Qura Arab Saudi, Prof Muhammad Ali ash-Shabuni, sebagai seorang Muslim yang baik, sebelum membaca atau bahkan mempelajari Al-Qur'an sangat perlu dalam memperhatikan adab-adabnya.

Apa saja adab-adab yang perlu diperhatikan seorang Muslim untuk mendapatkan kesempurnaan dalam membaca Al-Qur'an ? Berikut ini adab-adabnya

Memulai membaca Al-Qur'an dengan isti’adzah.Kalimat isti’adzah atau taawudz merupakan sebuah doa untuk memohon penjagaan dan perlindungan dari godaan setan. Allah SWT berfirman:

فَاِ ذَا قَرَأْتَ الْقُرْاٰ نَ فَا سْتَعِذْ بِا للّٰهِ مِنَ الشَّيْطٰنِ الرَّجِيْمِ

“Maka apabila engkau (Muhammad) hendak membaca Al-Qur'an , mohonlah perlindungan kepada Allah dari setan yang terkutuk.” (QS An Nahl ayat 98)

Membaca Al-Qur'an dalam keadaan suci, duduk dengan sopan dan tenang.Ketika membaca Al-Qur'an seorang Muslim dianjurkan dalam keadaan suci dari najis Baik itu badan, pakaian, maupun tempat membaca Al-Qur'an harus terbebas dari najis. Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

لَّا يَمَسُّهٗۤ اِلَّا الْمُطَهَّرُوْنَ

“tidak ada yang menyentuhnya selain hamba-hamba yang disucikan.” (QS Al Waqiah ayat 79)


Adab Membaca Al-Qur'an

Semangat Anak-Anak Muslim Kashmir Belajar Baca Alquran saat Ramadan
Seorang anak serius membaca Al-Quran. (AP Photo / Mukhtar Khan)

 

Selain itu, walaupun membaca Al-Qur'an dengan berdiri atau berbaring tetap mendapatkan pahala, akan tetapi adab duduk dengan sopan dan tenang lebih utama.

Membaca dengan tartil (pelan) dan tidak terburu-buru, agar dapat menghayati setiap ayat yang dibaca. Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

اَوْ زِدْ عَلَيْهِ وَرَتِّلِ الْقُرْاٰ نَ تَرْتِيْلًا

“atau lebih dari (seperdua) itu, dan bacalah Al-Qur'an itu dengan perlahan-lahan.” (QS Al Muzzammil ayat 4)Membaca Al-Qur'an dengan khusyuk, dengan menangis karena sentuhan pengaruh ayat yang dibaca sehingga dapat menyentuh jiwa dan perasaan, serta membaguskan suara ketika membaca Al-Qur'an .

Membaca Al-Qur'an dengan tidak mengganggu orang lain yang sedang beribadah, seperti contohnya tidak mengganggu yang sedang shalat, serta tidak membacanya dengan suara yang terlalu keras atau ditempat yang banyak orang. Bacalah Al-Qur'an dengan suara yang lirih dan khusyu’. Rasulullah SWT bersabda:

أَلَا إِنَّ كُلَّكُمْ مُنَاجٍ رَبَّهُ فَلَا يُؤْذِيَنَّ بَعْضُكُمْ بَعْضًا وَلَا يَرْفَعْ بَعْضُكُمْ عَلَى بَعْضٍ فِي الْقِرَاءَةِ أَوْ قَالَ فِي الصَّلَاةِ

“Ingatlah bahwasannya setiap dari kalian bermunajat kepada Rabbnya, maka janganlah salah satu dari kamu mengganggu yang lain, dan salah satu dari kamu tidak boleh bersuara lebih keras daripada yang lain pada saat membaca (Al-Qur'an ) atau ketika dalam sholat.” (HR Abu Dawud, Nasa’i, Baihaqi, dan Hakim).

Adab-adab tersebut merupakan patokan bagi seorang Muslim untuk mendapatkan kesempurnaan dalam membaca Al-Qur'an . Dengan demikian, diharapkan agar setiap Muslim selalu menjaga adabnya dalam mempelajari ataupun membaca kitab suci Al-Qur'an . Dimana kitab suci ini merupakan petunjuk bagi seluruh manusia untuk menempuh jalan kebenaran yang akan membawa kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat. Setelah mengetahui adab tersebut, apakah sudah sesuai dengan yang selama ini lakukan? atau perlu ada yang diperbaiki? Wallahu A'lam.

Penulis: Nugroho Purbo

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya