Dialog Gus Iqdam dengan Gadis Cantik Turki Bikin Garangan ST Nyell Kocok Perut, Ternyata karena Ini

Seorang gadis cantik asal Turki yang mengikuti pengajian rutinan malam Selasa Majelis Sabilu Taubah, Senin (1/1/2024). berkesempatan dialog dengan Gus Iqdam. Dialog Gus Iqdam dengan gadis Turki ini bikin Garangan alias jemaah Sabilu Taubah kocok perut.

oleh Muhamad Husni Tamami diperbarui 03 Jan 2024, 09:30 WIB
Diterbitkan 03 Jan 2024, 09:30 WIB
Dialog Gus Iqdam dengan Gadis Turki Bikin Garangan ST Nyell Kocok Perut
Gadis cantik asal Turki, Isabel berdialog dengan Gus Iqdam dan membuat Garangan ST Nyell (jemaah Sabilu Taubah) kocok perut. (YouTube Gus Iqdam Official)

Liputan6.com, Blitar - Seorang gadis cantik asal Turki yang mengikuti pengajian rutinan malam Selasa Majelis Sabilu Taubah, Senin (1/1/2024). berkesempatan dialog dengan Gus Iqdam. Dialog Gus Iqdam dengan gadis Turki ini bikin Garangan ST Nyell alias jemaah Sabilu Taubah kocok perut.

“Asssalamu'alaikum Gus Iqdam,” ucap gadis cantik mengawali dialognya seperti dilihat dari tayangan YouTube Gus Iqdam Official, Selas (2/1/2024).

“Wa’alaikum salam. What is your name? tanya Gus Iqdam yang disambut tawa oleh jemaah. Sebab, Gus Iqdam sangat jarang menggunakan bahasa Inggris saat dialog dengan jemaahnya.

Namun, setelah gadis cantik itu menyebutkan nama lengkapnya yang cukup panjang dan aneh terdengar di telinga masyarakat Indonesia, Gus Iqdam terlihat kurang mengerti. “Waduh, wah wah,” katanya, lagi-lagi jemaah tertawa.

Supaya mudah memanggilnya, pendakwah muda Nahdlatul Ulama itu meminta gadis Turki tersebut menyebutkan nama pendeknya saja. “Nick name, nick name, nick name,” pintanya.

“(My) Nick name is Isabel,” ucapnya.

Gus Iqdam sebenarnya sudah mengetahui jika wanita itu berasal dari Turki. Namun pemilik nama lengkap Muhammad Iqdam Kholid itu kembali bertanya.

What do you from?” tanya Gus Iqdam yang disambut tawa oleh jemaah. Sebab, Gus Iqdam sangat jarang menggunakan bahasa Inggris saat dialog dengan jemaahnya.

“Turki,” jawabnya singkat.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:


Gus Iqdam Tak Mengerti, Garangan Tertawa

Gus Iqdam Kedatangan Gadis Cantik Turki
Seorang gadis cantik asal Turki hadir ke pengajian Gus Iqdam pada Senin (1/1/2024) malam. (YouTube Gus Iqdam Official)

Dialog yang bikin Garangan tertawa masih berlanjut. Gus Iqdam menanyakan kenapa gadis cantik itu bisa sampai ke Majelis Sabilu Taubah di Blitar, Jawa Timur.

“Ini bingung. Kenapa kok nyampe ke sini, kenapa ini Isabel?” tanya Gus Iqdam penasaran.

Isabel menjawab dengan bahasa Inggris bahwa dia berangkat dari Surabaya. Hadir ke pengajian Gus Iqdam setelah melihat pengasuh Pesantren Mambaul Hikam II itu di TikTok

Namun karena menggunakan bahasa Inggris, Gus Iqdam kurang paham apa maksud yang disampaikan Isabel. Pengakuan ini lagi-lagi membuat Garangan tertawa.

Gadis cantik Turki itu beralih bahasa, kali ini menggunakan bahasa Arab. “Ana takallam bil arabiyah (Saya berbicara bahasa Arab),” ucapnya.

Yeah, wis gampang los, paham aku,” kata Gus Iqdam mengaku paham bahasa Arab.

 

 

Sering Lihat Gus Iqdam di TikTok dengan Translate

Gus Iqdam Kedatangan Gadis Cantik Turki
Seorang gadis cantik asal Turki hadir ke pengajian Gus Iqdam pada Senin (1/1/2024) malam. (YouTube Gus Iqdam Official)

Dialog Gus Iqdam dengan gadis Turki itu kemudian diterjemahkan oleh seorang pria yang mendampinginya. Pria itu mengatakan Isabel sudah tinggal di Surabaya kurang lebih dua tahun.

“Oh tinggal di Surabaya? Sudah menikah dengan orang Surabaya?” tanya Gus Iqdam.

“Belum,” ungkapnya.

Pria itu mengungkapkan, Isabel sering melihat Gus Iqdam di TikTok dengan bantuan translate

“Alhamdulillah, ini terima kasih untuk yang bantu translate. Semoga kontennya semakin manfaat dan barokah,” ucap Gus Iqdam disambut aamiin oleh jemaah. 

“Akhirnya orang Turki bisa mencerna. Padahal bahasaku tingkat tinggi, berkelas,” katanya berguyon.

Ternyata, Isabel sering mendengar ceramah-ceramah ulama Indonesia seperti Ustadz Abdul Somad, Ustadz Adi Hidayat, Buya Yahya, Ustadz Das’ad Latif, Ustadz Anwar Zahid, dan termasuk Gus Iqdam.

Gus Iqdam number one,” kata Isabel yang disambut tepuk tangan jemaah.

Gus Iqdam number one, you number zero,” ucap Gus Iqdam.

 

Muslimah Sejak Kecil

Jemaah wanita Gus Iqdam asal Turki (SS: YT Wong Sambi New)
Jemaah wanita Gus Iqdam asal Turki (SS: YT Wong Sambi New)

Gus Iqdam kembali bertanya. “Kalau agamanya apa Isabel?

I am Islam, muslimah,” katanya.

“Muslim sejak kecil? Mualaf?” tanya Gus Iqdam.

My family was Muslim when I was child. I didn’t care about religion after that. I was so into this interest to Islam because I started to like to read Quran and the translation of the Quran in English and Arabic to

(Keluarga saya adalah seorang Muslim ketika saya masih kecil. Saya tidak peduli dengan agama setelah itu. Saya sangat tertarik dengan Islam karena saya mulai suka membaca Al-Qur’an dan terjemahan Al-Qur’an dalam bahasa Inggris dan Arab),” cerita Isabel.

Isabel lantas memastikan apakah ia mengerti apa yang disampaikannya dalam bahasa Inggris maupun Arab. “Gus Iqdam, do you understand what I am talking about?

“Aku paham,” ujarnya


Lagi, Garangan Tertawa Lepas karena Gus Iqdam Salah Ucap

Jemaah wanita Gus Iqdam asal Turki (SS: YT Wong Sambi New)
Jemaah wanita Gus Iqdam asal Turki (SS: YT Wong Sambi New)

Isabel mengaku sangat senang hadir di pengajian Gus Iqdam. Sebelum kembali duduk, Gus Iqdam memberikan beberapa bingkisan dan sejumlah uang rupiah. 

Namun, ketika ingin memberikan sangu, lagi-lagi ada momen kocak yang terjadi dalam dialog dengan gadis Turki itu. Tentu saja Garangan yang hadir kembali tertawa terbahak-bahak.

Wes, daripada kita sudah. Ini ada susu cokelat kenang-kenangan dari kita. Ini juga ada bingkisan buat Mr Isabel,” katanya.

Ternyata, yang bikin jemaah tertawa lepas adalah gara-gara Gus Iqdam salah menyebut sapaan sebelum nama. Seharusnya, jika ke perempuan bukan ‘Mr’, tapi ‘Mis”. 

Mis no Mr,” koreksi Isabel. 

“Mis Mis, iyo,” ucap Gus Iqdam yang kembali bikin Garangan kocok perut.

Gadis cantik asal Turki itu menyampaikan terima kasih. Setelah itu ia menutupnya dengan salam dan kembali duduk di tempat jemaah.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya