Hati-hati! Kaum Wanita Lebih Banyak Menghuni Neraka Sebab 3 Hal Ini

Banyaknya wanita yang lalai dengan dunia hingga pintu-pintu surga menjauh. Di antara banyaknya kelalaian tersebut, tiga kesalahan ini dapat membuat wanita (istri) terjerumus ke dalam neraka.

oleh Putry Damayanty diperbarui 01 Jun 2024, 09:30 WIB
Diterbitkan 01 Jun 2024, 09:30 WIB
pasangan muslim
ilustrasi pasangan muslim/copyright by mentatdgt (Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta - Surga adalah tempat berkumpulnya orang-orang baik yang senantiasa taat menjalankan perintah dan menjauhi segala larangan Allah. Sebaliknya, neraka adalah tempat untuk mereka yang berbuat maksiat dan senantiasa melanggar perintah Allah.

Surga adalah impian bagi setiap orang. Namun demikian, ternyata ada beberapa golongan wanita yang dijauhkan dari pintu surga. sebab mereka terjebak dengan nafsu dunia.

Rasulullah SAW bersabda: “Aku melihat ke dalam surga maka aku melihat kebanyakan penghuninya adalah fuqara’ (orang-orang fakir) dan aku melihat ke dalam neraka maka aku menyaksikan kebanyakan penghuninya adalah wanita,” (HR. Bukhari dan Muslim).

Ada banyak kelalaian kaum wanita di dunia terutama bagi seorang istri, di antaranya adalah tiga hal dibawah ini ternyata sudah cukup untuk menyeret mereka masuk ke dalam neraka.

Siapakah mereka? Berikut urainnya lengkapnya merangkum dari laman dream.co.id.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan ini:


Perkara-Perkara yang Dapat Menyeret Istri ke Neraka

Ilustrasi wanita dramatis yang suka bertengkar
Foto: Freepik

1. Durhaka terhadap suami

Kedurhakaan yang dilakukan seorang istri terhadap suaminya pada umumnya terjadi dalam tiga bentuk yang sering sekali terlihat dalam kehidupan bermasyarakat. Tiga bentuk kedurhakaan itu adalah durhaka dengan ucapan, durhaka dengan perbuatan, dan durhaka dengan ucapan lagi perbuatan. 

2. Kufur kepada suami dan segala kebaikannya

Seperti hadis Rasulullah SAW: “ … dan aku melihat neraka maka tidak pernah aku melihat pemandangan seperti ini sama sekali, aku melihat kebanyakan penghuninya adalah kaum wanita".

Para sahabat pun bertanya : “Mengapa (demikian) wahai Rasulullah?”

Rasulullah SAW menjawab : “karena kekufuran mereka.”

Para sahabat bertanya kembali : “Apakah mereka kufur kepada Allah?”

Rasulullah SAW menjawab : “Mereka kufur terhadap suami-suami mereka, kufur terhadap kebaikan-kebaikannya. Kalaulah engkau berbuat baik kepada salah seorang di antara mereka selama waktu yang panjang kemudian dia melihat sesuatu pada dirimu (yang tidak dia sukai) nescaya dia akan berkata : ‘Aku tidak pernah melihat sedikitpun kebaikan pada dirimu.’ ” (HR. Imam Bukhari)

 


3. Tabarruj

Ilustrasi muslimah, Islami
Ilustrasi muslimah, Islami. (Photo created by master1305 on www.freepik.com)

Tabarruj diartikan dengan seorang wanita yang menampakkan perhiasannya dan keindahan tubuhnya yang seharusnya wajib ia tutupi dari pandangan lelaki bukan mahramnya.

Ibnu Abdil Bar Rahimahullah menguraikan sabda Rasulullah SAW : “Wanita-wanita yang dimaksudkan Rasulullah SAW adalah yang memakai pakaian yang tipis yang menampakkan tubuhnya ataupun yang menunjukkan bentuk tubuhnya dan tidak menutupinya, maka mereka adalah wanita-wanita yang berpakaian pada zahirnya dan telanjang pada hakikatnya.”

Semoga kita semua bisa terhindar dari segala macam kelalaian dunia dan selalu dekat dengan ridho Allah SWT. Aamin 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya