Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Jateng Baru Dilantik, Ganjar: Ayo Perhatian sama Wadas

Kepala Dispermades mendapat tugas pertama untuk bisa ikut menyelesaikan permasalahan yang terjadi di Desa Wadas Purworejo.

oleh Tito Isna Utama diperbarui 13 Feb 2022, 13:04 WIB
Diterbitkan 13 Feb 2022, 13:04 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo usai menghadiri Upacara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan di Gedung Grahadhika Bhakti. (Foto: Tito Isna Utama)

Liputan6.com, Jateng - Masalah di Desa Wadas terkait pembangunan Bendungan Bener Purworejo membuat Gubernur Jawa Tengah memutar otak lebih keras agar bisa segara menyelesaikan persoalan yang saat ini disoroti banyak pihak, termasuk oleh Pemerintah Pusat.

Sehingga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memerintahkan Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispermadesdukcapil) dan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Provinsi Jawa Tengah untuk fokus menyelesaikan permasalahan yang ada di Desa Wadas Purworejo.

Hal itu, disampaian orang nomor satu di Jawa Tengah usai menghadiri Upacara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan di Gedung Grahadhika Bhakti, Jumat (11/02/2022).

Ganjar melihat permasalahan tersebut yang tak kunjung usai, ia meminta para kepala dinas yang baru dilantik ikut turun tangan. Termasuk kepala Dispermadesdukcapil yang langsung mendapatkan tugas pertama untuk bisa bersama menyelesaikan permasalahan yang terjadi di Desa Wadas Purworejo.

Hal ini tak terlepas dari pengalaman yang dimiliki oleh kepala Dispermadesdukcapil saat ini, yang dinilai mampu membantu meredakan permasalahan yang ada di Wadas.

"Terutama Dispermades sekarang saya minta untuk 'ayo perhatian sama Wadas, itu karena masyarakat desa perlu didekati' biar ini menjadi lapangan pertama mereka berkerja," kata Ganjar.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Libatkan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

Tak hanya menugasi Dispermadesdukcapil, mantan anggota DPR RI itu juga mengajak Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Provinsi Jawa Tengah, untuk ikut berpartisipasi memulihkan rasa trauma yang terjadi kepada anak-anak ataupun wanita yang berada di sana.

"Untuk desa juga bekerja sama dengan Dinas Perlindungan Perempuan dan Anak untuk bisa membantu isu-isu perempuan anak trauma healing yang selama ini terjadi, ya mungkin suasana yang bisa jadi harmoni, agar mereka bisa terbantu," tutur Ganjar.

 


Tanggapan Kepala Dispermadesdukcapil

Sementara, Kepala Dispermadesdukcapil Jateng, Tri Harso Widirahmanto menanggapi penugasan yang diberikan langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Dia mengaku akan langsung melakukan pendataan dan langsung turun ke lapangan untuk bisa membantu menyelesaikan permasalahan tersebut.

"Kami akan bersama teman-teman langsung turun ke lapangan untuk melihat kembali dan menyelesaikan persamalahan yang ada di sana," kata Tri.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya