Melihat Meriahnya Bank Jateng Friendship Run di Kota Makassar

Firendship Run menjadi 'pemanasan' Borobudur Marathon yang akan digelar September mendatang.

oleh Fauzan diperbarui 20 Agu 2023, 09:06 WIB
Diterbitkan 20 Agu 2023, 08:57 WIB
Bank Jateng Friendship Run Makassar 2023 (Liputan6.com/Fauzan)
Bank Jateng Friendship Run Makassar 2023 (Liputan6.com/Fauzan)

Liputan6.com, Makassar - Bank Jateng Friendship Run 2023 kembali menyambangi Kota Makassar, Sulawesi Selatan pada Minggu (20/8/2023). Kota berjuluk Kota Anging Mammiri ini menjadi kota ke-7 dalam rangkaian Bank Jateng Friendship Run. 

Selain Makassar, Bank Jateng Friendship Run telah hadir di Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, dan Denpasar. Setelah Makassar, kegiatan juga akan diadakan di Banjarmasin, Medan, dan Palembang. 

Sedikitnya 1.000 pelari ikut dalam event yang menjadi 'pemanasan' dari Borobudur Marathon yang akan digelar pada 19 November 2023 mendatang. Friendship Run ini menularkan semangat ke 10 kota besar di Tanah Air. 

Sehari sebelumnya, Sabtu (19/8/2023) digelar The Tour yang menjadi event menghidupkan ekosistem lari di Indonesia. The Tour diselenggarakan secara mandiri oleh perwakilan komunitas di masing-masing kota, antara lain Indorunner Makassar dan 10 komunitas lari lain di kota Makassar. 

Selain itu, dilakukan pula sharing session, serta games dan doorprize. Kegiatan The Tour sekaligus mengajak komunitas lari untuk mempersiapkan diri dalam menyambut Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng. Pada hari yang sama, juga dilakukan Race Pack Collection, di mana peserta mendapatkan collectible jersey yang dibuat berkolaborasi dengan seniman lokal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Voice of Unity

Bank Jateng Friendship Run Makassar 2023 (Liputan6.com/Fauzan)
Bank Jateng Friendship Run Makassar 2023 (Liputan6.com/Fauzan)

Tahun ini, “Voice of Unity” digaungkan sebagai tema umum untuk menyuarakan semangat persatuan, suara positif untuk saling menginspirasi dan membangun persatuan melalui kegiatan lari dengan juga mendukung aktivitas ekonomi para pelaku UMKM dan menyapa keunikan budaya masyarakat setempat. 

"Sekarang, saatnya kita bersatu untuk juga mengulurkan tangan ke kanan-kiri, bersama-sama saling berlari dan terus menginspirasi untuk menang. Oleh karena itu, ‘Voice of Unity’ menggambarkan bagaimana pelari, stakeholder, dan masyarakat bersatu untuk menyuarakan semangat kemenangan, dan saling menginspirasi dengan suara-suara positif dalam satu kesatuan di Borobudur Marathon," kata Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Minggu (20/8/2023). 

Dalam rangkaian pre-event Borobudur Marathon ini, dihadirkan juga Bank Jateng Pawone ke 10 kota melalui Bank Jateng Friendship Run dengan tujuan untuk menginspirasikan dan mempromosikan Magelang. 

“Bank Jateng dengan 10 ribu pelari membawa dampak perekonomian lebih besar pascapandemi. Program Bank Jateng Pawone akan mengajak pelaku UMKM untuk mengoptimalisasikan produk serta mengedukasi pelaku UMKM untuk melakukan literasi keuangan sehingga pengembangan potensi ekonomi dapat terjadi dan berjalan secara optimal,” kata Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno. 


Kedekatan Emosional Makassar dan Jateng

Wali Kota Makassar Danny Pomanto (Liputan6.com/Fauzan)
Wali Kota Makassar Danny Pomanto (Liputan6.com/Fauzan)

Sementara itu Wali Kota Makassar, Mohammad Ramadhan Pomanto yang ikut serta melepas para pelari yang berpartisipasi di Friendship Run Makassar mengatakan bahwa ini menjadi bentuk kedekatan antara Jateng dan Kota Makassar. 

"Ini yang kedua kalinya, ini tentunya merupakan bagian secara emosional kita dengan teman-teman Jateng sangat dekat. Apalagi dibawah kepemimpinan Gubernur Pak Ganjar," kata wali kota yang akrab disapa Danny Pomanto itu. 

Apalagi, lanjut Danny, di Kota Makassar dan sekitarnya diketahui ada banyak sekali komunitas lari yang. Maka tak heran jika Makassar kini menjadi langganan event-event lari yang ada dari berbagai daera. 

"Karena saya tahu persis klub runners ini begitu maju sekali. Mereka punya komunitas yang luar biasa. Termasuk para runners ini mereka punya juga solidaritas tersendiri. Kita lihat bagaimana tanggapan runners Makassar dengan gayanya masing-masing," ucapnya. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya