Menyigi Potensi Usaha Bunga Telang di Malang

Bunga telang juga dipercaya meringankan gejala depresi dan mengandung antioksidan.

oleh Liputan6.com diperbarui 07 Feb 2022, 18:00 WIB
Diterbitkan 07 Feb 2022, 18:00 WIB
ilustrasi bunga telang merupakan tanaman herbal/pexels
ilustrasi bunga telang merupakan tanaman herbal/pexels

Liputan6.com, Malang - Bunga telang dilirik sebagai potensi usaha menjanjikan yang bisa dikembangkan di Kota Malang, Jawa Timur. Bunga telang memiliki ini kandungan kolagen dan antioksidan yang banyak dan sangat bagus untuk kesehatan.

Ketua TP PKK Kota Malang, Widayati Sutiaji mengatakan bunga telang bisa dikembangkan meski dengan lahan terbatas.

"Iya ini potensi yang harus dikembangkan kerena bunga telang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan," katanya, Senin (7/2/2022).

Ia menyebut jika minum bunga telang, seorang wanita tanpa menjalani perawatan tetap bisa sehat, membantu merawat kulit dan meregenerasi sel.

Bunga telang, lanjutnya juga bisa membuat seseorang yang rutin meminumnya menjadi lebih awet muda. Untuk itu ia meminta gerakan budidaya bunga telang yang sudah ada saat ini di beberapa daerah perlu didukung oleh berbagai pihak.

Widayati berharap untuk mengembangkan usaha ini, tidak perlu mencari pasokan bunga telang hingga ke luar kota. Pihaknya berencana akan melombakan pengembangan usaha bunga telang.

"Tiga bulan ke depan akan kita lombakan, tidak hanya bunga telang bisa tumbuh subur, tetapi bagaimana budidaya menjadi banyak," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:


Manfaat Bunga Telang

Sebelum lomba dimulai, kata dia, pihaknya akan membuat pelatihan olahan bunga telang dan bekerja sama dengan pihak-pihak yang sudah menjadi pelaku usaha bunga telang.

Selain untuk kulit, bunga telang juga dipercaya meringankan gejala depresi, mengandung antioksidan, mempercepat penyembuhan luka, mengurangi peradangan dalam tubuh, menurunkan kolesterol tinggi, meringankan gejala diabetes, dan meringankan gejala asma.

Untuk mendapatkan sejumlah manfaat bunga telang seperti yang telah disebutkan. Caranya adalah petik 10 kelopak bunga, kemudian rendam selama 15 menit di dalam air panas.

Ketika kelopaknya sudah tidak berwarna biru lagi, buang kelopak dan saring airnya. Air akan tampak berwarna biru keunguan dan siap untuk diminum.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya