Mas Gum Janji Wajib Belajar 12 Tahun Akan Gratis Total di Kota Batu

Data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2023, rata-rata lama sekolah (RLS) di Kota Batu berada di angka 9,85 tahun.

oleh Dian Kurniawan diperbarui 19 Sep 2024, 12:21 WIB
Diterbitkan 18 Sep 2024, 17:46 WIB
Calon Wali Kota Batu Jawa Timur, Firhando Gumelar. (Liputan6.com/ ist)
Calon Wali Kota Batu Jawa Timur, Firhando Gumelar. (Liputan6.com/ ist)

Liputan6.com, Batu - Calon Wali Kota Batu Jawa Timur, Firhando Gumelar menggagas pendidikan gratis bagi warga Kota Batu dalam visi misinya. Hal itu tertuang dalam program wajib belajar 12 tahun bagi seluruh rakyat Kota Batu.

Ketika terpilih sebagai wali kota, pemkot bisa melakukan intervensi untuk pendidikan gratis bagi warga Batu hingga jenjang SMA/SMK negeri.

Bukan hanya terkait biaya dasar sekolah, ia ingin seluruh warga Batu di seluruh jenjang pendidikan negeri bisa sekolah gratis tanpa membayar sepersenpun. Sebab, bagi Firhando, ini adalah salah satu bentuk negara hadir dan memberikan hak dasar pendidikan bagi seluruh masyarakat.

Apalagi saat ini, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2023, rata-rata lama sekolah (RLS) di Kota Batu berada di angka 9,85 tahun. Maka dari itu, ia ingin terus meningkatkan angka tersebut hingga mendekati 12 tahun.

"Negara harus hadir terus. Program-program yang sudah dilakukan oleh pemimpin pendahulu kita, terus harus ditingkatkan. Termasuk juga program yang sudah dicanangkan Pak PJ Walikota hari ini di bidang pendidikan, harus kita teruskan dan kita tingkatkan," kata Firhando, Rabu 18 September 2024.

Meski begitu, ia memahami jika kewenangan SMA/SMK ini berada di wilayah Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Maka dari itu, ia mengaku akan terus berkoordinasi dan berkomunikasi secara intens dengan pemerintah provinsi. Apalagi PJ Walikota Batu adalah Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.

Kemudahan akses ini yang akan menjadi jalan keluar bagi Mas Gum sapaan akrabnya untuk menyukseskan program pendidikan gratis wajib belajar 12 tahun.

Sebab bagi Mas Gum, pendidikan gratis Wajib Belajar 12 tahun ini akan menjadi pijakan utama dalam menyukseskan program 1 Kartu Keluarga (KK) 1 sarjana.

Selesai SMA, siswa yang berprestasi dalam segala bidang bisa mendapatkan kesempatan untuk kembali mengenyam pendidikan gratis lagi. Sebab akan ada beasiswa dari Pemkot Batu untuk mereka.

Sehingga para orang tua di Kota Batu sudah tidak khawatir lagi anaknya tidak bisa sekolah dengan program yang dicanangkan oleh Mas Gum. Penggratisan secara total itu juga diiringi dengan perbaikan fasilitas, sarana, dan prasarana penunjang sekolah, agar siswa-siswi dapat mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

"Untuk mewujudkan hal itu, tentu dibutuhkan kolaborasi antara pemerintah kota dan provinsi. Selain itu dibutuhkan juga sebuah komitmen untuk membangun Batu," jelasnya.

 

 

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya