Universitas Negri Yogyakarta Gelar Festival Dalang Cilik

Pada 12-16 Mei 2015, Universitas Negri Yogyakarta menggelar Festival Dalang Cilik.

oleh Yanuar H diperbarui 14 Mei 2015, 11:35 WIB
Diterbitkan 14 Mei 2015, 11:35 WIB
Festival Dalang Cilik - UNY 2015

Liputan6.com, Yogyakarta Pada 12-16 Mei 2015, Universitas Negri Yogyakarta (UNY) menggelar Festival Dalang Cilik 2015. Pengelola museum Pendidikan Indonesia UNY dan penanggung jawab festival dalang cilik, Sardiman, mengatakan Festival Dalang Cilik Nasional V ini menjadi agenda rutin memperingati dies natalis UNY.

Disebut olehnya bawah peserta festival dalang cilik ini setiap tahunnya selalu meningkat. Tahun ini ada 47 peserta dari tingkat SD dan SMP yang ikut andil dalam kegiatan ini.

"Ini adalah lomba dalang cilik yang ke -5 tujuannya bagaimana mendekatkan pelajar dengan budaya kita. Budaya kita karena budaya kita ini sangat luhur sehingga sangaat penting membina anak muda mencintai budayanya sendiri. Ada 47 peserta dari Jatim Jateng Lampung dan Jogja. Periode kemarin ada dari Kalimantan," ujarnya di museum pendidikan Indonesia UNY Selasa (12/5/2015).

"Anak SD sudah enjoy melihat dan memegang wayang. Hal ini saya pikir merupakan perubahan yang luar biasa. Mudah-mudahan nasionalisme akan tumbuh," ujar Sardiman. Pada festival ini juga digelar pameran wayang di museum pendidikan indonesia UNY. Pameran wayang tersebut diharapkan dapat menambah pengetahuan masyarakat tentang wayang.

"Pameran wayang mendukung festival dalang cilik. Ada wayang purwo, wayang gedhok, eayang wacinwa, wayang wahyu, dan wayang sambung. Paling unik adalah wacinwa, yakni wayang cina jawa. Koleksi wayang jenis itu sudah jarang," ujar Sardiman. (Fathi mahmud)

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya