Hakuho, Juara Sumo Jepang yang Promosikan Batik Indonesia

Hakuho, pemegang gelar juara sumo Jepang, ikut mempromosikan batik Indonesia.

oleh Bio In God Bless diperbarui 10 Mei 2015, 13:35 WIB
Diterbitkan 10 Mei 2015, 13:35 WIB
Hakuho Sumo in Batik 0515
Foto: Dok. KBRI Tokyo

Liputan6.com, Tokyo - Hakuho, pemegang gelar juara sumo Jepang, tersenyum lebar saat berfoto bersama Duta Besar Indonesia untuk Jepang, Yusron Ihza Mahendra dan para undangan dalam acara Promosi Batik di Wismaduta, KBRI Tokyo, Kamis 7 Mei 2015.

Promosi ini dihadiri oleh berbagai kalangan, mulai dari wakil pemerintah, para duta besar negara sahabat, pengusaha, akademisi, serta petinggi Asosiasi Kimono Jepang. Mantan Perdana Mentri Jepang Fukuda, yang sekaligus Ketua Himpunan Persahabatan Indonesia-Jepang beserta istri, juga hadir dalam acara tersebut.

”Saya mencintai batik”, ujar Hakuho, pemegang gelar juara sumo selama 8 tahun berturut-turut, di hadapan para undangan sambil memperagakan yukata batik yang dikenakannya. “Saya bukan hanya memiliki satu lembar ini saja. Saya memiliki sejumlah yukata batik dengan motif-motif yang unik,” ungkap Hakuho.

Seperti dikutip dari rilis media yang diterima Liputan6.com, pameran Batik Kolaborasi Indonesia-Jepang ini diselenggarakan atas kerjasama KBRI Tokyo dengan Cross Cultural Artisan Association (CCAA). Keistimewaan batik-batik yang dipamerkan ini terletak pada motif koloborasi yang merupakan “collaborative work” antara seniman Indonesia dan Jepang. (bio/ret)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya