Aksi Nyata Dukung Komunitas Tari Jakarta Lewat JDMU #Selection

Komunitas tari yang ada di Jakarta adalah kumpulan seniman potensial ibukota yang harus diberikan perhatian dan dukungan.

oleh Liputan6.com diperbarui 13 Agu 2018, 09:49 WIB
Diterbitkan 13 Agu 2018, 09:49 WIB
Aksi Nyata Dukung Komunitas Tari Jakarta Lewat JDMU #Selection
Ajang apresiasi komunitas tari jakarta. (liputan6.com/Kiki Novilia)

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka membangun iklim yang inspiratif terhadap penciptaan dan apresiasi karya seni tari yang bermutu baik bagi penari ataupun masyarakat, Komite Tari Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) mengembangkan sebuah platform untuk mewujudkan hal tersebut. Platform bernama Jakarta Dance Meet Up (JDMU) tersebut telah berjalan sejak 2007.

JDMU menjadi upaya untuk memetakan, memfasilitasi dan merangkul komunitas tari di Jakarta. Uniknya, platform tersebut juga menjadi saluran yang tepat untuk berjejaring antarkomunitas maupun sanggar meskipun memiliki genre dan karakter tari yang berbeda.

Hartati selaku Ketua Komite Tari DKJ mengatakan bahwa kebanyakan kelompok tari berjalan masing-masing dan tidak saling terhubung satu sama lain. Hal tersebut bahkan terjadi pada kelompok-kelompok tari yang berasal dari genre yang sama. Padahal, berhubungan dengan kelompok tari lainnya dapat menambah wawasan dan ide kreatif para penari tersebut sehingga mampu berkembang secara lebih baik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sebuah platform untuk saling terhubung

Aksi Nyata Dukung Komunitas Tari Jakarta Lewat JDMU #Selection
Ajang apresiasi komunitas tari jakarta. (liputan6.com/Kiki Novilia)

"JDMU menjadi platform yang memungkinkan seseorang untuk saling bertukar informasi dan saling terhubung," papar Hartati dalam konferensi pers JDMU #Selection di Gedung Kesenian Jakarta, Jumat (10/8/2018).

Sukses menyelenggarakan tiga pertunjukkan pada 2017, tahun ini DKJ kembali menggelar pertunjukkan JDMU edisi selection pada 10 Agustus lalu. Acara tersebut menampilkan enam karya terbaik dari enam koreografer dari perwakilan komunitas tari yang telah tampil di edisi sebelum-sebelumnya.

Enam koreografer tersebut antara lain Andhini Rosawiranti (Namarina Dance Academy), Josh Marcy Putra Pattiwael (Indonesian Dance Theatre), Kresna Kurnia Wijaya (EKI Dance Company), Gege Diaz (Cipta Urban TIM), Siti Suryani (Citra Art Studio) dan Irfan Setiawan (Ali Dance Company).


Ajang mempererat hubungan antar komunitas

Aksi Nyata Dukung Komunitas Tari Jakarta Lewat JDMU #Selection
Ajang apresiasi komunitas tari jakarta. (liputan6.com/Kiki Novilia)

Keenam koreografer tersebut akan menampilkan karya-karyanya yang terdiri dari beragam tema. Ada yang mengangkat tema tentang filosofi lada, bentuk gerak tubuh di kawasan urban, fenomena menipisnya perbedaan antara laki-laki dan perempuan, dan lain sebagainya.

Harapannya, dari penampilan tersebut dapat mempererat hubungan antara komunitas tari, memberikan ruang kepada koreografer muda untuk mengeksplorasi karyanya sehingga semakin berkualitas, serta memberikan edukasi tari kepada koreografer dan publik pemerhati seni.

"Program JDMU tidak bisa hanya sampai mengumpulkan komunitas saja, tetapi inilah kesempatan Komite Tari DKJ untuk membina mereka hingga ke jenjang yang mereka inginkan," pungkas Hartati. (Kiki Novilia)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya