Perubahan Wajah Ratna Sarumpaet dari Waktu ke Waktu

Ratna Sarumpaet jadi perbincangan karena kebohongannya yang menyebut telah dipukuli karena lebam yang disebabkan operasi sedot lemak.

oleh Komarudin diperbarui 03 Okt 2018, 20:00 WIB
Diterbitkan 03 Okt 2018, 20:00 WIB
Ratna Sarumpaet
Ratna Sarumpaet jadi perbincangan. Berikut sederet foto Ratna dari masa ke masa. (Nurwahyunan/Bintang.com)

Liputan6.com, Jakarta - Ratna Sarumpaet kembali jadi perbincangan usai beredarnya kabar yang menyebutkan dirinya dianiaya. Namun, kabar tersebut dibantah Ratna.

Ratna lahir di Tarutung, Tapanuli Utara, 16 Juli 1948. Dari akun Instagram pribadinya, Ratna mengunggah sejumlah foto dirinya dari kecil hingga saat ini.

Ratna mulai aktif menggunakan akun Instagram sejak 10 Mei 2015 lalu. Dalam unggahan perdana, ia memamerkan foto dirinya bersama adiknya, Riris Sarumpaet. Foto tersebut diambil pada 1953 lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Ratna Sarumpaet
Ratna Sarumpaet bersama adiknya, Riris Sarumpaet (Instagram/@rsarumpaet/Komarudin/Liputan6.com)

"FOTO 1953. Hi para Instagramers - Aku baru buka akun nih ' salam kenal - aku bukan fotografer ahli tapi suka fotografi seperti kalian semua. Kalau moto aku cuma pake hp - sesekali pinjam camera anak ato mantu - Foto pertamaku ini - diambil sekitar thn 1953, 62 th silam waktu aku (yang kanan) masih culun dan menggemaskan hehehe. Yang di sampingku itu Riris Sarumpaet. Dia guru besar di UI dan dia adik kandungku - Salam ...," tulis Ratna Sarumpaet.

Sejak aktif di media sosial, Ratna Sarumpaet mengunggah foto keduanya. Foto tersebut saat ia masih kanak-kanak. Foto tersebut diambil pada 1955. Dalam foto tersebut, Ratna menjelaskan ia berada dua dari kanan.


Foto saat di Lapas

Ratna Sarumpaet
Ratna Sarumpaet saat berada di Lapas Pondok Bambu, Jakarta Timur (Instagram/@rsarumpaet/Komarudin/Liputan6.com)

Selain foto masa kecil, Ratna juga mengunggah sejumlah foto saat dirinya menjadi aktivis. Salah satunya foto saat dirinya berada di Lapas Pondok Bambu, Jakarta Timur, pada 11 Mei 1998.

Ratna Sarumpaet sempat ditahan di lapas khusus wanita itu selama 70 hari. Ia ditangkap bersama kawan-kawannya setelah ikut menyuarakan agar Soeharto turun. Ia dibebaskan sehari sebelum Presiden ke-2 RI itu lengser.


Ratna Sarumpaet dan Atiqah Hasiholan

Ratna Sarumpaet dan Atiqah Hasiholan
Ratna Sarumpaet saat bersama Atiqah Hasiholan di Perth, Australia (Instagram/@rsarumpaet/Komarudin/Liputan6.com)

"Perth '- AustraliaUmi dan @atiqahhasiholanIni di Perth - berarti @atiqahhasiholan blm kuliah. Umi di Perth atas undangan Curtin Uni sekaligus tengokin anak2 Umi," tulis Ratna Sarumpaet.

Atiqah diketahui sudah tinggal di luar negeri segera setelah menyelesaikan pendidikan SMA-nya. Unggahan itu menunjukkan Ratna cukup dekat dengan putrinya.


Ratna Sarumpaet Menuju Lampung

Ratna Sarumpaet
Ratna Sarumpaet saat menuju Lampung pada 14 Agustus 2015 (Instagram/@rsarumpaet/Komarudin/Liputan6.com)

Ratna Sarumpaet saat berada di atas kapal feri menuju Bandar Lampung. Foto tersebut diambil pada 14 Agustus 2015.


Ratna Sarumpaet saat Haji

Ratna Sarumpaet
Ratna Sarumpae saat menjalankan ibadah haji pada 2011 (Instagram/@rsarumpaet/Komarudin/Liputan6.com)

Ratna Sarumpaet juga mengunggah salah satu foto dirinya saat menunaikan ibadah haji pada 2011 lalu. Foto tersebut diunggahnya empat tahun kemudian melalui Instagram, beberapa hari sebelum terbang ke Mekah untuk merayakan Tahun Baru 2016 dengan umrah.


Hadiri Pernikahan Ajip Rosidi dan Nani Wijaya

Ratna Sarumpaet
Ratna Sarumpaet mengenakan kerudung putih saat menghadiri pernikahan Ajip Rosidi dan Nani Wijaya (Instagram/@rsarumpaet/Komarudin/Liputan6.com)

Ratna Sarumpaet menghadiri resepsi pernikahan budayawan Ajip Rosidi dan Nani Wijaya di Galeri Cemara, Jakarta, 19 Mei 2017 lalu.


Foto Klarifikasi

Ratna Sarumpaet
Aktivis Ratna Sarumpaet menyampaikan keterangan kasus penganiayaan yang dialaminya, Jakarta, Rabu (3/10). Ratna mengakui tidak ada penganiayaan yang diterimanya seperti kabar yang berkembang beberapa waktu terakhir. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Penampilan terbaru Ratna paling mengejutkan. Pada salah satu foto, ia terlihat dengan muka masih menggunakan perban. Sebelumnya, beredar foto Ratna Sarumpaet dengan wajah lebam dan memar hingga menimbulkan isu ia dianiaya.

Setelah membuat kehebohan, Ratna akhirnya menyatakan tidak dianiaya, melainkan efek dari sedot lemak yang dilakukannya. Perempuan itu meminta maaf sambil menyatakan diri sebagai Ratu Hoaks Terbaik tahun ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya