Kronologi Kasus Road Trip Gabby Petito yang Berujung Dugaan Pembunuhan

Gabby Petito meninggalkan New York, AS pada Juli 2021 untuk melakoni road trip selama empat bulan bersama tunangannya, Brian Laundrie.

oleh Asnida Riani diperbarui 25 Sep 2021, 05:02 WIB
Diterbitkan 25 Sep 2021, 05:02 WIB
Gabby Petito
Gabby Petito, perempuan Amerika Serikat yang hilang saat road trip. (dok. Instagram @gabspetito/https://www.instagram.com/p/CR9Nm3HHuJN/)

Liputan6.com, Jakarta - Nama Gabby Petito tengah jadi sorotan publik, terutama di dunia maya. Bagaimana tidak, vlogger yang awalnya mengumumkan road trip keliling Amerika Serikat (AS) ini justru dilaporkan hilang pada 11 September 2021.

Apa yang terjadi antara Petito dan tunangannya Brian Laundrie di hari-hari menjelang kematiannya? Berikut kronologi kasus orang hilang yang berujung pada tetapan pembunuhan tersebut.

Melansir CBS News, Jumat, 24 September 2021, pada Juli 2021, Petito dan Laundrie meninggalkan New York untuk road trip selama empat bulan. Mereka bermaksud mengunjungi dan berkemah di taman nasional.

Keduanya berencana tidur di van mereka dan mendokumentasikan perjalanan tersebut di Instagram dan YouTube. Berdasarkan unggahan di akun Instagram-nya, mereka memang menyambangi tempat-tempat seperti Monument Rocks Natural Landmark di Kansas, Colorado, Taman Nasional Zion di Utah, Bryce Canyon, dan Taman Nasional Canyonlands.

Hingga pada 12 Agustus 2021, seseorang pengendara melapor polisi, mengaku melihat konfrontasi antara Petito dan Laundrie. Penelepon mengatakan, ia melihat Laundrie memukul Petito. Polisi di Moab, Utah, dikerahkan dan menepikan van itu.

Tidak jelas apakah mereka mengetahui rincian panggilan 911. Video bodycam polisi menunjukkan Petito menangis dan terlihat kesal. Laporan polisi mencatat, Petito mencakar Laundrie, tapi tidak ada penangkapan yang dilakukan.

Keduanya berpisah malam itu. Laundrie check-in ke hotel, sementara Petito tetap tidur di dalam van. Namun, pada 19 Agustus 2021, Petito dan Laundrie mengunggah video di YouTube berjudul "Van Life: Beginning Our Van Life Journey." Gambar menunjukkan mereka tertawa dan berciuman.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Brian Laundrie Kembali ke Rumah di Florida

Gabby Petito
Gabby Petito, perempuan Amerika Serikat yang hilang saat road trip, dan tunangannya, Brian Laundrie. (dok. Instagram @gabspetito/https://www.instagram.com/p/CCJ8SVMFceV/)

Pada 24 Agustus 2021, Petito dan Laundrie dilaporkan terlihat meninggalkan sebuah hotel di Salt Lake City. Sehari setelahnya, van mereka terlihat di Taman Nasional Grand Teton. Ini juga merupakan hari terakhir akun Instagram Petito mengunggah foto.

Menurut surat perintah penggeledahan, pada 27 Agustus, ibu Petito mengatakan, ia menerima pesan aneh dari ponsel Petito. Bunyinya, "Bisakah Anda membantu Stan? Saya terus menerima pesan suara dan panggilan tak terjawab."

Stan adalah kakek Petito, tapi ibunya mengatakan Petito tidak pernah memanggilnya dengan nama depan. Ibu Petito mengatakan, itu di luar karakter putrinya dan mengkhawatirkan.

30 Agustus 2021, ibu Petito menerima SMS dari ponsel Petito. Ibu Petito tidak mau mengomentari apa yang dikatakannya, tapi menurut beberapa laporan tertulis itu menyebut, "tidak ada jaringan di Yosemite."

Menurut polisi, pada 1 September 2021, Laundrie kembali ke North Port, Florida, tempat ia tinggal bersama Petito. Tapi, kala itu, ia sendirian. 10 hari setelahnya, ibu Petito mengajukan laporan orang hilang ke Departemen Kepolisian Suffolk County, New York, setelah tidak mendengar kabar dari putrinya sejak akhir Agustus.


Identifikasi Gabby Petito

Gabby Petito
Gabby Petito, perempuan Amerika Serikat yang diduga dibunuh saat road trip. (dok. Instagram @gabspetito/https://www.instagram.com/p/CRZ6asrF9ym/)

Pada 14 September 2021, keluarga Brian Laundrie mengeluarkan pernyataan melalui pengacara yang mengatakan bahwa mereka berniat "tetap berada di belakang" saat pencarian Petito berlangsung. Keluarga Petito mengeluarkan pernyataan yang menuduh Laundrie menolak memberi tahu mereka di mana terakhir kali ia melihat Petito.

Sehari setelahnya, Polisi North Port mengatakan bahwa Laundrie menolak bekerja sama dan menyebutnya sebagai person of interest dalam hilangnya Petito. Kemudian pada 17 September 2021, orangtua Laundrie memberi tahu polisi mereka belum melihat putra mereka selama tiga hari.

Pencarian Laundrie dimulai keesokan harinya di Carlton Reserve seluas 24 ribu hektare di Sarasota, Florida. Orangtuanya mengatakan ke sanalah ia pergi terakhir kali mereka melihatnya.

19 September 2021, pihak berwenang mengatakan mereka menemukan jenazah di dekat Taman Nasional Grand Teton di Wyoming, lokasi van itu sebelumnya terlihat. Sehari setelahnya, polisi menggeledah rumah Laundrie, menyita mobil, dan hard drive yang mungkin berisi "bukti bahwa kejahatan telah dilakukan."

Pada 21 September 2021, seorang koroner menegaskan bahwa jenazah yang ditemukan di Wyoming adalah Gabby Petito dan menetapkan kematiannya sebagai pembunuhan. FBI mengumumkan mereka mengambil alih penyelidikan kriminal, dan pihak berwenang terus mencari Laundrie di Carlton Reserve.

23 September 2021, surat perintah penangkapan dikeluarkan untuk Laundrie atas penggunaan kartu debit yang tidak sah. Dakwaannya diajukan di Pengadilan Distrik AS di Wyoming, menuduh Laundrie melakukan penarikan tidak sah senilai lebih dari seribu dolar AS selama periode Petito hilang.

Hingga Jumat, 24 September 2021, peringatan belasungkawa dengan menyalankan lilin untuk Petito akan diadakan di kampung halamannya di Blue Point, New York.


Infografis Kekerasan dalam Pacaran

Infografis Kekerasan dalam Pacaran
Infografis Kekerasan dalam Pacaran (liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya