Viral Menu Jengkol dengan Nama Irjen Sambo di Aplikasi Ojek Online

Nama makanan yang dijual di aplikasi ojol ini sangat unik karena hampir mirip dengan Irjen Ferdy Sambo yang tengah menjadi perbincangan publik.

oleh Henry diperbarui 11 Okt 2022, 04:02 WIB
Diterbitkan 11 Okt 2022, 04:02 WIB
[Fimela] pesan makanan online
pesan makanan online |

Liputan6.com, Jakarta - Nama mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo atau Irjen Ferdy Sambo kembali ramai jadi sorotan di media sosial. Bukan soal kasus pembunuhan yang melibatkannya. Namun, hal ini dikarenakan namanya dipakai sebagai salah satu menu makanan di restoran yang terdaftar di aplikasi ojek online (ojol).

Persaingan usaha di dunia kuliner bisa dibilang cukup ketat. Hal ini pun membuat para pelaku usaha kuliner harus kreatif dan mencari cara agar dagangannya punya nilai jual agar laris manis di pasaran.

Nilai jual tersebut pun bisa dari beragam hal seperti makanan yang nikmat, harga bersaing, hingga nama menu yang unik. Salah satu contohnya seperti nama menu makanan tak terduga yang tengah viral di Twitter.

Hal ini berawal dari akun Twitter @cinnamongirlc yang berbagi tangkapan layar menu tak biasa yang ia temukan. Menu makanan bernama Irjen Sambo itu dijual di sebuah restoran pada aplikasi ojol.

Nama Irjen Sambo tersebut ternyata memiliki kepanjangan yang cukup unik, yaitu Irisan Jengkol Sambal Balado. Ya, menu Irjen Sambo tersebut adalah sajian jengkol yang kerap ditemukan di rumah makan pada umumnya.

Menu Irjen Sambo itu dibanderol dengan harga Rp15 ribu per porsi, tapi belum diketahui restoran atau tempat makan yang menjual menu nyeleneh itu. Tentunya dengan nama makanan unik, sajian ini pun berhasil menarik perhatian publik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mau Sungkem

Viral Menu Jengkol dengan Nama Irjen Sambo di Aplikasi Ojol
Viral Menu Jengkol dengan Nama Irjen Sambo di Aplikasi Ojol.  foto: Twitter @@cinnamongirlc

Pada foto menu tersebut, terlihat jengkol balado yang tanpak menggoda. Ada pula irisan jeruk nipis di sana.  Nama ini sangat unik karena hampir mirip dengan Irjen Ferdy Sambo yang tengah menjadi perbincangan publik. Ia ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan dan sampai saat ini penanganan kasusnya masih berjalan.

Cuitan tersebut lantas menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan pada 6 Oktober 2022 ini. "Bayangin bilang lagi kepengen makan Irjen Sambo," komentar seorang warganet.

"Recommended bgt ni buat kmu yg lg bingung mau makan apa malam ini," timpal warganet lainnya. "Mau sungkem sama yang bikin singkatannya," komentar warganet lainnya.  Sampai berita ini ditulis, cuitan tersebut sudah disukai lebih dari 46 ribu kali dan mendapatkan lebih dari 1.300 komentar.

Nama yang unik dan mudah diingat terkadang dipakai para pemilik usaha kuliner. Tak terkecuali musisi senior Ahmad Dhani.  Personel band Dewa 19 ini diketahui membuka restoran yang diberi nama Wisma Dewa 19 Restography, di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan. 


Maia Estianty dan Mulan Jameela

Sajian menu di resto milik Ahmad Dhani, ada nama menu Lidah Goreng Jamilah dan Sate Ayam Estianty (https://twitter.com/rayvieralaxmana/status/1488037260323090432)
Sajian menu di resto milik Ahmad Dhani, ada nama menu Lidah Goreng Jamilah dan Sate Ayam Estianty (https://twitter.com/rayvieralaxmana/status/1488037260323090432)

Pelantun lagu "Aku Cinta Kau dan Dia" menamai sajian makanan di resto miliknya dengan judul lagu yang pernah dibuatnya selama berkiprah di industri musik.  Yang menarik, tak hanya judul lagu yang digunakan Ahmad Dhani untuk menamai beragam makanan andalannya.

Ia juga memakai nama mantan istrinya, Maia Estianty sekaligus istrinya saat ini, Mulan Jameela.  Melansir kanal Showbiz Liputan6.com, nama Maia Estianty dijadikan menu sate ayam seharga Rp 95 ribu. Sementara Mulan Jameela menjadi nama sajian menu Lidah Goreng Jamilah yang dipatok dengan harga serupa.

Nama Maia Estianty dan Mulan Jameela yang dijadikan menu makanan di restoran Ahmad Dhani dibagikan pengguna Twitter dengan akun @rayvieralaxmana.  Ia mengunggah daftar menu makanan di restoran milik ayah lima anak itu. "Ku terdiam sejenak melihat menu no 7 dan no 8 di resto milik Ahmad Dhani," cuit akun @rayvieralaxmana pada Senin (31/2/2022).

Warganet tak menyangka nama menu makanan yang tersaji di restoran milik Ahmad Dhani begitu unik. Hampir seluruh menu makanan di resto tersebut menggunakan lagu-lagu yang populer di masyarakat.


Jus Anti Jomblo dan Bakso Taktaboki

6 Nama Makanan Tak Sesuai dengan Asalnya Ini Bikin Pembeli Tepuk Jidat
Nama Makanan Tak Sesuai dengan Asalnya. (Sumber: Twitter/@nocontextwarung)

"Kukira tadi daftar lagu karaoke," cuit seorang warganet. "Sayap sayap patah 75k tuh, sayapnya pake sayap apa dah? Sayap pegasus? Yawlaa pdhl di pasar sayap 10k tuh bisa 5-6 pcs," tulis warganet lainnya.

Daftar menu makanan di restoran atau rumah makan agar memudahkan pelanggan untuk memilih makanan. Dalam daftar menu tersebut tertulis makanan berat, ringan hingga minuman yang bervariasi.

Namun, tulisan nama makanan nyeleneh kerap ditemukan di beberapa warung makan. Tulisan tertera yang tak sesuai dengan nama makanan bikin pembeli jadi bingung karena nama makanan diambil dari kata lain yang terkesan unik dan menarik.

Saking nyelenehnya, tulisan nyeleneh pada daftar menu makanan ini diunggah di media sosial. Meski hanya sebuah tulisan, berhasil mengundang gelak tawa dan bikin warganet ikut heran.  Salah satu contohnya adalah Jus anti jomblo. Kira-kira komposisi buah-buahan yang digunakan apa saja ya?

Ada juga menu Sop LDR dan Mie Ayam Banyumas khas Jakarta. Nama menu ini pun bingung, sebenarnya ini mi ayamnya khas Banyumas apa Jakarta?Ada juga menu yang kalau di Korea namanya Tteokbokki, tapi di Indonesia namanya jadi bakso seafood Korea taktaboki.

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya