Rombongan Marvel Bertambah, Harrison Ford Jadi Thunderbolt di Film Captain America: New World Order

Aktor Harrison Ford yang terkenal sebagai Han Solo di Star Wars, bergabung dengan waralaba terkenal Marvel Cinematic Universe (MCU).

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 20 Okt 2022, 18:02 WIB
Diterbitkan 20 Okt 2022, 18:02 WIB
Bintang Indiana Jones, Harrison Ford. (AP)
Bintang Indiana Jones, Harrison Ford. (AP)

Liputan6.com, Jakarta - Aktor Harrison Ford bergabung dengan waralaba terkenal Marvel Cinematic Universe (MCU). Ia akan membintangi film Captain America: New World Order.

Ford yang kini berusia 80 tahun mengambil alih posisi William Hurt  dan Sam Elliott yang memerankan Jenderal Thaddeus “Thunderbolt” Ross. Hurt meninggal pada Maret 2022 di usia 71 tahun.

Dalam komik Marvel, karakter Jenderal Ross adalah pejabat militer berpangkat tinggi. Ia pertama kali diperkenalkan dalam komik Marvel pada 1962, yang datang untuk memimpin tim anti-pahlawan yang dikenal sebagai Thunderbolt. Disney mengumumkan pemeran film Thunderbolts di pameran tahunan pada September 2022. Ford kemungkinan akan berperan dalam film itu juga.

Petualangan Captain America terbaru akan tiba di bioskop pada 3 Mei 2024 dengan Thunderbolt menyusul pada 26 Juli 2024. Nama Ford terus dibicarakan selama beberapa waktu saat casting film Captain America. Sementara plot film masih dirahasiakan, Anthony Mackie akan memerankan lagi Sam Wilson, yang mengambil alih jubah Captain America dalam serial hit Disney+ The Falcon and the Winter Soldier.

Pencipta The Falcon and the Winter Soldier, Malcolm Spellman menulis naskah untuk gambar superhero yang akan datang dengan penulis naskah Dalan Musson. Cerita itu akan memproduksi bersama Presiden Marvel Studios Kevin Feige. Captain America: New World Order adalah set film keempat untuk Marvel's Phase 5, dengan judul-judul termasuk Thunderbolts dan Blade yang akan menyusul. Poster film itu dijadwalkan akan dirilis pada 3 Mei 2024.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Aktor Film Legendaris

Indiana Jones and the Last Crusade
Adegan film Indiana Jones and the Last Crusade. (dok. istimewa)

Sebagai peraih nominasi Oscar pemeran pendukung terbaik, Ford adalah ikon layar yang dikenal karena berbagai film waralaba mulai dari Star Wars hingga Indiana Jones dan Blade Runner. Ia juga membintangi sederet judul layar lebar lainnya, seperti Witness, Air Force One, Apocalypse Now, The Conversation, dan American Graffiti.

Ford selama ini juga dikenal membawa karakter film legendarisnya ke layar lebar. Dia berperan sebagai arkeolog Indiana Jones yang cerdik dan pandai dalam Raiders of the Lost Ark pada 1981 yang disutradarai oleh Steven Spielberg.

Kisah aksi petualangan, yang sebagian ditulis oleh Lucas, terbukti menjadi hit besar, hingga melahirkan beberapa sekuel. Dua di antaranya adalah Indiana Jones and the Temple of Doom (1984) dan Indiana Jones and the Last Crusade (1989).

Dia diketahui akan mengulangi perannya sebagai arkeolog penjelajah dunia Indiana Jones untuk film kelima yang belum diberi judul, dijadwalkan untuk rilis pada 30 Juni 2023. Diramalkan garapan terbarunya juga akan menjadi yang teratas dalam serial komedi Apple mendatang berjudul Shrinking. 

 


Peran di Star Wars

Kegembiraan Pemain Star Wars, Mark Hamill Saat Dianugerahi Hollywood Walk of Fame
Mark Hamill (tengah) berfoto bersama Harrison Ford (kiri) dan George Lucas (kanan) saat dianugerahi Hollywood Walk of Fame di Los Angeles (8/3). Yang menarik, seremoni acara dilakukan dengan tema Star Wars. (Jordan Strauss / Invision / AP)

Pada 1977, Ford berkolaborasi dengan Lucas untuk peran terobosannya sebagai Han Solo di Star Wars. Penggambarannya tentang bajingan yang kurang ajar tapi menyenangkan dalam fiksi ilmiah klasik ini mengangkat profilnya di Hollywood. Dua sekuel film tersebut, The Empire Strikes Back (1980) dan Return of the Jedi (1983), membantu membuatnya menjadi bintang.

Mengulang peran Han Solo untuk 'Star Wars: The Force Awakens' Pada akhir April 2014, Ford menyenangkan penggemar film di mana-mana dengan berita bahwa ia akan muncul dalam seri terbaru dalam waralaba Star Wars yang sudah berjalan lama. Meski hanya tampil dalam dua film berikutnya, karena karakter Han Solo diceritakan meninggal penampilan Ford telah membayar kerinduan penggemar.

Pemeran lama dalam garapan Star Wars ini juga termasuk lawan main Ford sebelumnya yaitu Carrie Fisher dan Mark Hamill. Star Wars: The Force Awakens, disutradarai oleh J.J. Abrams, dibuka di AS pada 18 Desember 2015, dan memecahkan berbagai rekor box office, menghasilkan lebih dari 247 juta dolar di dalam negeri pada akhir pekan pembukaannya.

 

 


Kehidupan Pribadi Ford

Harrison Ford
Harrison Ford (THIBAULT CAMUS/AP PHOTO)

Ford menikah dengan pacarnya semasa kuliah, Mary Marquardt 1964-1979. Pasangan itu memiliki dua putra bersama. Ford kemudian menikah lagi dengan penulis skenario Melissa Mathison pada 1983. Mereka bertemu selama pembuatan Apocalypse Now pada 1979. Pasangan ini memiliki dua anak bersama sebelum berpisah pada 2001 dan menyelesaikan perceraian mereka pada 2004.

Ford telah terlibat asmara dengan aktris Calista Flockhart sejak 2002. Pasangan itu menikah pada 2010.

Ford pergi ke Hollywood pada pertengahan 1960-an bersama istri pertamanya ketika itu. Ford pertama kali mendapatkan kesepakatan dengan Columbia Pictures sebagai pemain kontrak, menghasilkan 150 dollar per minggu. Dia kemudian mendarat di Universal.

Pada 1966, Ford membuat debut filmnya di bagian kecil di Dead Heat on a Merry-Go-Round. Eksekutif studio kurang terkesan. Seorang pejabat studio berkata, "Anda tidak akan pernah berhasil dalam bisnis ini," kata Ford kepada The Hollywood Reporter, dikutip dari Biography, Rabu 19 Oktober 2022.

Ford yang terampil mengemudikan pesawat menjadi berita utama pada 5 Maret 2015 ketika dia terlibat dalam kecelakaan pesawat. Dia terpaksa mendarat darurat di lapangan golf di Venice, California, setelah pesawatnya mengalami masalah mesin, tak lama setelah lepas landas dari Bandara Santa Monica California.  Menurut New York Daily News, Ford mengalami patah di pergelangan kaki dan panggulnya dalam kecelakaan itu, dengan kedua cedera yang memerlukan operasi.

Infografis Film Bertema Masa Depan Bumi
Infografis film dengan tema kehancuran bumi di masa depan (Triyasni/Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya