Janji Ridwan Kamil Saat Bertemu Bayi yang Ditelantarkan Orangtuanya dan Bernama Sama dengan Dirinya

Sang bayi yang menggemaskan itu terlihat sangat nyaman berada di dekapan dan pangkuan Ridwan Kamil.

oleh Henry diperbarui 23 Okt 2022, 12:08 WIB
Diterbitkan 23 Okt 2022, 11:32 WIB
[Bintang] Ulang Tahun, Ridwan Kamil Dapat Ucapan di Iklan Baris dari Istri
Dengan cara yang unik, Atalia Kamil memberi ucapan ulang tahun pada Ridwan Kamil di iklan baris koran nasional. (Via: instagram.com/ridwankamil)

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil baru-baru ini bertemu dengan seorang bayi yang ditelantarkan oleh orangtuanya. Yang mengejutkannya, bayi mungil dan lucu itu memiliki nama sama dengan sang Gubernur Jawa Barat yakni Ridwan Kamil.

Momen haru itu terjadi saat pria yang biasa disapa Kang Emil itu menghadiri acara Maulid Nabi Muhammad di Cimahi pada Sabtu, 22 Oktober 2022.  Suami Atalia Praratya itu terlihar menggendong serta memangku bayi tersebut dengan hati-hati.

Sang bayi terlihat sangat nyaman berada di dekapan dan pangkuan Kang Emil. Bayi lelaki ini ternyara merupakan anak angkat dari Habib Kazim Al Kaff. Sang habib mengangkat bayi tersebut sebagai anaknya karena telah ditelantarkan oleh kedua orangtuanya.

"Ridwan Kamil dipangku Ridwan Kamil. Bayi lucu ini diberi nama Muhammad Ridwan Kamil oleh Habib Kazim Al Kaff dari Cimahi," tulis Ridwan dalam unggahannya di Instagram, Minggu (23/10/2022). "Bayi ini ternyata diterlantarkan orangtuanya yang tidak mau mengurusinya. Sungguh sebuah sikap yang sangat sulit dipahami," lanjutnya.

Meski bayi mungil itu akan dirawat dan dibesarkan oleh Habib Kazim Al Kaff, namun Kang Emil mengaku akan ikut membantu membiayai hidup sang bayi tersebut hingga mandiri. "Bayi ini kemudian akan diurus dengan ikhlas oleh beliau. Mungkin ini Insya Allah adalah takdir terbaik dari Allah bagi bayi ini dalam mengarungi kehidupan dunianya. Insya Allah biaya hidupnya akan saya bantu sampai ia mandiri kelak," ujarnya.

Selain itu, aayah mendiang Emmeril Kahn Mumtadz ini tak lupa membisikkan doa pada bayi mungil tersebut.  "Di acara Maulid Nabi ini saya lirihkan Doa semoga Ridwan Kamil jadi anak yang shaleh dan menjadi insan kamil kelak yang menebar manfaat bagi masyarakat. Aamiin. Dan siapa tau kelak, jodohnya bernama Atalia juga. @ataliapr," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sedih dan Bahagia

Momen Haru dan Janji Ridwan Kamil Bertemu Bayi yang Ditelantarjan Orangtuanya dan Bernama Sama dengan Dirinya
Momen Haru dan Janji Ridwan Kamil Bertemu Bayi yang Ditelantarjan Orangtuanya dan Bernama Sama dengan Dirinya.  foto: Instagram @ridwankamil

Meski ikut sedih, warganet banyak yang senang karena bayi tersebut kini telah dirawat oleh seorang ulama. "Masyallah antara sedih dan bahagia masih banyak orang orang baik . Lancar segala urusan dunia akhirat orang orang baik! Amin," komentar seorang warganet.

"Allhamdulillah adik bayi bertemu dengan orang2 baik. Semoga doa Pak Ridwan Kamil untuk adik bayi Ridwan Kamil, dikabulkan Allah... Aamiin ya Rab," timpal warganet lainnya.  "Amiin pak, dinamakan Ridwan kamil dengan doa agar ganteng, cerdas, berwibawa seperti bapak 😂," komentar warganet lainnya.  Sampai berita ini ditulis, unggahan Ridwan Kamil itu sudah disukai lebih dari 244 ribu kali dan mendapatkan lebih dari 4.100 komentar hanya dalam waktu lima jam saja.

Kang Emil sendiri sudah punya seorang anak angkat yaitu Arkana yang diadopsinya pada 2020 lalu.  Diketahui dari unggahan foto di akun Instagram pribadinya pada Juli 2020, Kang Emil mengatakan telah mengasuh bayi laki-laki yang ditinggalkan orangtua kandungnya. "Di Hari Anak Nasional ini, kami memulai mengasuh bayi lelaki yatim piatu lucu ini yang ditinggalkan kedua orangtuanya," tulis Kang Emil.


Harapan untuk Arka

Momen Haru dan Janji Ridwan Kamil Bertemu Bayi yang Ditelantarjan Orangtuanya dan Bernama Sama dengan Dirinya
Momen Haru dan Janji Ridwan Kamil Bertemu Bayi yang Ditelantarjan Orangtuanya dan Bernama Sama dengan Dirinya. foto: Instagram @ridwankamil

Dalam keterangan di unggahan foto tersebut, Kang Emil juga menyertakan nama anak yang baru saja diberikan kepada bayi laki-laki yang diadopsinya. Tak hanya nama, ia juga menyertakan makna dari nama yang diberikan.

"Kami beri nama anak kami: Arkana Aidan Misbach. (Cahaya yang hangat dan menerangi dunia)," terang Kang Emil. Ia juga meminta doa agar Ia dan istrinya bisa membesarkan bayi yang dipanggil Arka itu.

Ia juga berharap semoga Arka bisa menjadi anak yang baik dan disayangi oleh anak-anak kandung Kang Emil. "Semoga Allah Swt membimbing saya dan Bu Cinta @ataliapr dalam membesarkan Arka menjadi anak shaleh dan manusia khairunnas di masa depan. Dan Arka akan disayangi oleh kedua kakaknya @camilliazr dan @emmerilkahn. Aamiin," tuturnya.

Tak lupa, ia mendoakan Arka dan teman-teman satu generasinya yang lahir di tahun 2020 saat pandemi baru beberapa bulan melanda Indonesia dan banyak negara lain di dunia.


Pesan Khusus

Deretan Potret Menggemaskan Putra Angkat Ridwan Kamil
Ridwan Kamil dan Atalia berpose bersama bayi Arka. (dok. Instagram @ataliapr/https://www.instagram.com/p/CDNIkMiHpNz/Dinny Mutiah)

"Doa terbaik saya untuk semua bayi yang lahir di tahun pandemi 2020. Insya Allah kita pasti menang dalam menyiapkan dunia yang lebih aman, bumi yang lebih sehat dan kehidupan yang lebih damai untuk kamu dan generasimu," pungkasnya.

Selepas kepergian Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril untuk selama-lamanya pada Juni lalu, Ridwan Kamil punya pesan khusus kepada Arkana Aidan. Ia berharap Arka, begitu bocah dua tahun itu disapa, melanjutkan semangat dan kebaikan kakak tertuanya.

Hal itu disampaikan Ridwan disertai foto kala dirinya, Arka, dan Atalia Praratya berada di atas tanah yang kelak bakal jadi Masjid Al Mumtadz. Sebuah masjid yang nantinya bakal berdiri di samping makam Eril.

Masjid itu merupakan karya desain Kang Emil.Ridwan Kamil dan Atalia pun berjanji bakal mendidik dan mencintai Arka seperti mereka berdua dulu lakukan kepada Eril. "Kami akan mencintai dan mendidikmu, seperti kami mencintai dan mendidik A Eril," pesan Kang Emil.

Infografis Penemuan Jasad Eril Anak Ridwan Kamil di Bendungan Sungai Aare Swiss. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Penemuan Jasad Eril Anak Ridwan Kamil di Bendungan Sungai Aare Swiss. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya