Penampilan Simpel Arya Saloka Hadir di Pengajian 1.000 Hari Wafatnya Ibunda Jokowi

Lahir di Solo, Arya Saloka mengaku cukup lama kenal dengan ibunda Presiden Jokowi.

oleh Henry diperbarui 20 Des 2022, 07:30 WIB
Diterbitkan 20 Des 2022, 07:30 WIB
Arya Saloka. (Foto: Dok. Instagram terverifikasi @philipekarunia)
Arya Saloka. (Foto: Dok. Instagram terverifikasi @philipekarunia)

Liputan6.com, Jakarta - Pesinetron Arya Saloka terlihat hadir saat pengajian peringatan 1.000 hari meninggalnya ibunda Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sudjiatmi Notomihardjo, di kediamanya di Sumber, Solo, Jawa Tengah, Minggu, 18 Desember 2022. Usai acara, pemeran Aldebaran di sinetron Ikatan Cinta itu ikut mendoakan almarhumah.

Arya mengaku cukup lama kenal dengan Sudjiatmi Notomihardjo, sehingga ia datang ke Solo dan ikut mendoakan. "Saya lahir juga di Solo, kenal lama. Semoga Allah memberikan Ibu Sudjiatmi tempat terbaik di sisi-Nya," ucap dia.

[bacajuga:Baca Juga](5156993 5157201 5153835/)

Pemilik nama lengkap Arya Saloka Yuda Prawira Suryowilogo ini juga mengaku mengikuti rangkaian acara dari awal sebelum Jokowi datang hingga selesai.  Ia mengakui bahwa dirinya mendapatkan undangan sebagai tamu.

"Tadi ikut mendoakan Ibu Sujiatmi. Ini ke sini diundang (Pak Jokowi) seperti itu," kata Arya Saloka kepada media usai pengajian, melansir brilio.net, Minggu, 18 Desember 2022.  "Dari awal, dari sebelum Bapak (Jokowi) datang, sampai baca doa bersama, semuanya sampai selesai," tambahnya.

Di acara tersebut, sosok Arya tentu menarik perhatian publik. Aktor yang juga kerap dipanggil dengan nama Mas Al ini hadir dengan memakai busana simpel tapi tetap sopan untuk hadir dalam sebuah pengajian.

Dilansir dari akun TikTok @ijo_army15, Senin, 19 Desember 2022, suami dari Putri Anne itu mengenakan kemeja warna broken white yang dipadukan dengan sarung warna merah bata bermotif etnik. Ia melengkapi penampilannya dengan memakai kacamata hitam. Tak sedikit para tamu yang mengajak Arya berfoto bersama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Digelar Tertutup

Penampilan Simpel Arya Saloka Hadir di Pengajian 1.000 Hari Wafatnya Ibunda Jokowi
Penampilan Simpel Arya Saloka Hadir di Pengajian 1.000 Hari Wafatnya Ibunda Jokowi. foto:  TikTok @ijo_army15

Acara pengajian peringatan 1.000 hari wafatnya Sudjiatmi digelar secara tertutup. Hanya keluarga dan teman pengajian mendiang Sudjiatmi yang diperkenankan masuk ke dalam aula. Sementara rombongan Presiden Jokowi tiba di lokasi sekitar pukul 09.15 WIB.

Akses jalan yang melintasi depan rumah tersebut pun ditutup. Sejumlah tamu undangan mulai berdatangan ke rumah mendiang Sujiatmi Notomiharjo sejak pukul 08.00 WIB. Para tamu undangan tidak hanya dari Solo tetapi juga dari Yogyakarta.

Melansir kanal News Liputan6.com, Presiden Jokowi sendiri tiba di rumah pribadinya yang beralamat di Jalan Kutai Raya sekitar pukul 09.15 WIB. Setelah turun dari mobil sedan Mercedes Benz, Jokowi langsung masuk ke kediamannya.

Rumah pribadi mantan Wali Kota Solo dengan rumah mendiang ibunda itu bergandeng. Rumah Presiden Jokowi menghadap ke selatan dan rumah ibunya menghadap ke utara.  Pengajian tersebut juga dihadiri sejumlah ulama seperti Habib Luthfi bin Yahya yang juga menjadi Dewan Pertimbangan Presiden.


Tak Ada Kahiyang dan Kaesang

Penampilan Simpel Arya Saloka Hadir di Pengajian 1.000 Hari Wafatnya Ibunda Jokowi
Penampilan Simpel Arya Saloka Hadir di Pengajian 1.000 Hari Wafatnya Ibunda Jokowi.  foto: istimewa/dok. brilio.net

Adik kandung Presiden Jokowi, Titik Ritawati menjelaskan yang hadir dalam acara itu adalah Presiden Jokowi dan semua adik kandungnya. Selain itu dari putra-putri Presiden Jokowi yang hadir hanya Gibran Rakabauming Raka dan istrinya, Selvi Ananda. Kahiyang Ayu dan Kaesang tak hadir, sebelumnya sudah pamit.

"Ada Mas Jokowi, ada mas wali dengan Mbak Selvi, saudara-saudara jauh, saudara-saudara dekat dan tetangga. Kalau Mas Kaesang honey moon, kemarin sudah pamit," ujar adik bungsu Jokowi ini kepada media, Minggu (18/12/2022).

Dijelaskan Titik Ritawati, selama dua tahun tidak ada acara peringatan meninggalnya Sujiatmi Notomiharjo, karena terkendala Covid-19. Akhirnya, peringatan 1.000 hari bisa digelar mengingat pandemi sudah agak menurun.

"Ini karena pandemi sudah agak menurun, alhamdulillah sudah bisa menggelar acara tahlilan dan pengajian untuk 1.000 hari wafatnya almarhumah ibu. Kalau selama dua tahun kemarin hanya dihantarkan ke tetangga-tetangga," terang Titik.

Presiden Jokowi yang menghadiri prosesi doa 1.000 harian wafatnya sang ibu, membagikan momen tersebut di akun media sosial resminya. Jokowi tampak memanjatkan munajat kepada sang almarhumah


Cerita Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri prosesi doa 1.000 harian wafatnya sang ibu, Sudjiatmi Notomihardjo di kediaman almarhumah di Solo, Jawa Tengah.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri prosesi doa 1.000 harian wafatnya sang ibu, Sudjiatmi Notomihardjo di kediaman almarhumah di Solo, Jawa Tengah. (Dok. Instagram @jokowi)

"Mengenang 1.000 hari wafatnya ibunda Sudjiatmi Notomihardjo, kami menggelar pengajian di kediaman almarhumah di Solo, hari ini. Semoga almh. ibunda mendapatkan tempat nan lapang di sisi Allah SWT. Amin YRA," tulis Jokowi seperti dikutip Minggu (18/12/2022).

Kepala negara bercerita, acara tersebut diramaikan oleh tamu dari kalangan dekat, rekan dan juga sahabat almarhumah. "Hadir juga kerabat dan rekan-rekan pengajian almh. semasa hidupnya," kata Jokowi.

Kabar Sujiatmi Notomiharjo meninggal dunia dikabarkan oleh Jokowi langsung pada Rabu 25 Maret 2020 malam. Jokowi mengatakan, sang ibunda meninggal lantaran sakit kanker yang sudah dideritanya lama.

"Sakit kanker yang sudah diderita sejak 4 tahun ini," ujar Jokowi di rumah duka, Sumber, Surakarta.  Menurut dia, berbagai pengobatan sudah dilakukan. Terakhir, Sujiatmi menjalani pengobatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto, Jakarta.

"Ternyata Allah berkehendak lain," lanjut Jokowi.Jokowi menyampaikan kabar itu didampingi kakak Sujiatmi, Miyono. Adik-adik Jokowi juga turut hadir. Jokowi yang mengenakan kemeja putih dan sarung kotak-kotak itu pun didampingi putra pertamanya, Gibran Rakabumingraka.

Infografis Kode Pemimpin Rambut Putih ala Jokowi
Infografis Kode Pemimpin Rambut Putih ala Jokowi (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya