Mengintip Istana Mewah Seharga Rp469 Miliar Milik Salt Bae di Istanbul

Pernah hidup miskin dan putus sekolah di usia 12 tahun, Salt Bae kini memiliki rumah bak istana di Istanbul.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 28 Des 2022, 07:00 WIB
Diterbitkan 28 Des 2022, 07:00 WIB
Salt Bae di depan hotel miliknya
Salt Bae di depan hotel miliknya. (Dok: Instagram Salt Bae @nusr_et)

Liputan6.com, Jakarta Nusret Gökçe, koki asal Turki yang kini dikenal dengan nama Salt Bae pernah hidup dalam keluarga yang sangat miskin hingga harus putus sekolah pada usia 12 tahun. Sekarang, pria berusia 39 tahun yang kini jadi sensasi internet memiliki rumah bak istana seharga 26 juta pounsterling atau setara Rp489,2 miliar sebagai salah satu propertinya.

Istana Macka di distrik Sisli Istanbul tersebut memiliki kolam renang di puncak gedung, pusat kebugaran dan spa. Bahkan, warga luar juga bisa menginap di sana. Dia dikabarkan telah menghabiskan 36 juta punsterling atau setara Rp677,4 miliar untuk hotel mewah Park Hyatt pada 2019.

Mengutip dari The Sun, Selasa, 27 Desember 2022, tak lama Salt Bae pindah ke apartemennya sendiri yang seperti istana pada tahun itu juga. Flat tersebut sebelumnya dimiliki oleh dramawan abad ke-20 Abdülhak Hâmid Tarhan, yang dikenal di Turki sebagai penyair agung.

Saat itu, koki selebriti itu mengatakan ingin menghabiskan lebih banyak waktu di Turki agar lebih dekat dekat ibunya setelah bertahun-tahun mengelola restoran di seluruh dunia. Meskipun sang bintang tetap tinggal di tempat tinggalnya sendiri, properti bintang lima ini menawarkan total 90 kamar dan suite deluxe berukuran besar dengan harga mulai dari 350 euro per malam atau setara Rp6,5 juta.

Menurut situs webnya, Park Hyatt menawarkan "kesenangan tak terduga" kepada para tamu dan mengklaim memiliki fasilitas makanan dan minuman terbaik, termasuk santapan sepanjang hari di restoran eksklusif Salt Bae. Ketika Gökçe pindah ke tempat mewah itu, dia mengklaim telah memenuhi mimpinya. 


Dulu Sangat Miskin

Hotel Park Hyatt milik Salt Bae
Hotel Park Hyat milik Salt Bae. (Dok: Park Hyatt)

Salt Bae dilaporkan merenovasi restoran hotel sesuai keinginannya sendiri. Dia menulis di Instagram, "Saya punya satu mimpi yaitu memiliki restoran sendiri di hotel saya sendiri. Terima kasih Tuhan, salah satu impian terbesar saya menjadi kenyataan. Sampai jumpa di Nusret Maçka Palace."

Di luar tempat lahirnya, Gökçe juga telah membangun portofolio propertinya dengan rumah-rumah di AS. Ia sering terlihat di tepi kolam renang pribadi di Beverly Hills, serta menunggang kuda di tempat yang tampak seperti sebuah peternakan. Salt Bae dilaporkan memiliki koleksi supercar yang patut disimak, termasuk tiga Rolls-Royce dan Lamborghini Hurracan.

Kehidupannya kini jauh berbeda dari masa kecilnya. Keluarganya sangat miskin sehingga dia harus putus sekolah pada usia 12 tahun. Kisah Nusret yang miskin menjadi kaya dimulai di pinggiran kota yang dilanda kemiskinan di timur Istanbul, Turki. Dia adalah salah satu dari lima anak dari ayah penambang yang menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk bekerja. 


Magang Jadi Tukang Daging

Salt Bae saat masih magang menjadi pemotong daging
Salt Bae saat masih magang menjadi pemotong daging. (Dok: Instagram Salt Bae)

Berbicara kepada The Times pada 2019, Nusret mengatakan dia sering pergi ke sekolah dengan mengenakan sepatu dan kemeja yang tidak pas karena orang tuanya tak mampu. Dia mengklaim keluarganya mengeluarkannya dari sekolah agar dia bisa membantu mendapatkan uang. Pada usia 13 tahun, dia magang sebagai tukang daging. 

Dia mengenang, "Saya bangun jam enam, dua jam dalam perjalanan kereta dan 30 menit setelah kereta di dalam bus."

"Lalu sepanjang hari, berdiri dan bekerja. Tidak ada hari libur dan tidak ada liburan," lanjutnya.

Dia juga bekerja di restoran steak, mencuci piring untuk bekerja dari bawah. Salt Bae mengatakan kepada NBC pada 2017, "Sejak saya berusia 14 tahun, saya bekerja lebih dari 13 jam sehari sebagai pelari dapur untuk tukang daging."

"Saya selalu berharap dan ingin membuka restoran." Kemudian, dia meyakinkan sebuah bank untuk meminjamkannya 2.500 pounsterling agar dia dapat pergi ke Argentina untuk belajar tentang perdagangan daging. 


Buka Restoran Pertama

Salt Bae saat beraksi di dapur
Salt Bae saat beraksi di dapur. (Dok: IG Salt Bae)

Setelah bertahun-tahun berlalu di mana Salt Bae mengklaim bahwa dia "bekerja secara gratis" untuk mendapatkan pengalaman, dirinya kembali ke kota asalnya di Istanbul. Pada usia 27 tahun, ia membuka restoran steak Nusr-Et pertamanya pada 2010 dengan hanya delapan meja dan sepuluh karyawan.

Taipan Turki Ferit Sahenk sangat terkesan sehingga dia menawarkan untuk berinvestasi, dan membantu Nusr-et meluncurkan pos terdepan di Ankara dan Dubai. Tapi, kariernya tidak benar-benar melejit sampai video viral dari "taburi" miliknya yang sekarang terkenal pada Januari 2017.

Video Instagram berdurasi 36 detik berjudul Ottoman Steak menunjukkan Gökçe mengiris steak secara teatrikal di sebuah meja. Sambil mengampu tangannya dalam pose "kobra", dia membiarkan garam mengalir di lengan bawahnya untuk membumbui daging.

Bruno Mars mencuit video tersebut, yang langsung menjadi viral. Gökçe pun dijuluki "tukang daging terseksi di Instagram". Gimmick itu juga memberinya julukan Salt Bae dan menghasilkan lebih banyak pengikut di Instagram.

Infografis Diplomasi Lewat Jalur Kuliner
Infografis Diplomasi Lewat Jalur Kuliner (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya