China Deg-degan Sambut Libur Tahun Baru Imlek 2023, Khawatir Kasus Covid-19 Melonjak Lagi

Presiden Xi Jinping melontarkan kekhawatiran kenaikan kasus positif Covid-19 yang drastis sebagai imbas libur Tahun Baru Imlek 2023.

oleh Dinny Mutiah diperbarui 21 Jan 2023, 13:01 WIB
Diterbitkan 21 Jan 2023, 13:01 WIB
Potret Ramainya Stasiun Kereta di China Menjelang Liburan Imlek
Suasana stasiun kereta api Hongqiao menjelang Tahun Baru Imlek di Shanghai (20/1/2023). Tahun Baru Imlek tahun ini menandai tahun kelinci air yang jatuh pada tanggal 22 Januari. (AFP/Hector Retamal)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden China Xi Jinping mengungkapkan kekhawatirannya terkait penyebaran Covid-19 di daerah pedesaan di negaranya selama musim libur Tahun Baru Imlek 2023. Situasi itu berisiko memperburuk krisis kesehatan setelah China mendadak meninggalkan kebijakan nol-Covid pada awal Desember 2022.

Libur Tahun Baru Imlek menandai mobilisasi manusia terbesar di Tiongkok. Para pejabat memprediksi sekitar 1,4 miliar warga akan pulang kampung untuk menemui keluarga mereka dalam beberapa minggu ke depan, yakni sekitar dua pertiga dari sebelum pandemi.

Para ahli telah memeringatkan periode itu bisa menjadi momen penyebaran virus terbesar sejak muncul pertama kali di Wuhan, China tengah, di akhir 2019. Dikutip dari Financial Times, Sabtu (21/1/2023), Xi yang berbicara di Balai Besar Rakyat di Beijing, mengatakan dia sekarang 'sangat prihatin dengan daerah pedesaan dan penduduk pedesaan' karena China memasuki 'fase baru' dari respons pandemi.

Pemimpin China itu menuntut upaya yang lebih kuat dari pejabat tingkat rendah untuk meningkatkan sumber daya medis dan lebih mempersiapkan diri untuk mengobati kasus yang parah. Dia juga memerintahkan langkah-langkah kesehatan yang 'lebih ketat' untuk kembali diterapkan di "panti jompo dan fasilitas kesejahteraan" mengingat kerentanan lansia China.

Bagi banyak orang China perkotaan, liburan ini adalah perjalanan pulang pertama mereka dalam tiga tahun, tetapi mereka dibayangi kecemasan penyebaran infeksi ke daerah pedesaan yang kurang terlindungi. Sebelum pidato Xi, pihak berwenang sudah melarang perjalanan dan pertemuan besar.

Setelah Beijing mencabut pembatasan nol-Covid bulan lalu, wabah kembali merebak di daerah perkotaan, dan perkiraan internal pemerintah menunjukkan ratusan juta orang tertular virus dalam hitungan minggu. Pihak berwenang melaporkan hampir 60.000 kematian terkait Covid-19 di rumah sakit di seluruh negeri sejak berakhirnya pembatasan.


Kondisi Layanan Kesehatan di Desa

Potret Ramainya Stasiun Kereta di China Menjelang Liburan Imlek
Suasana stasiun kereta api Hongqiao menjelang Tahun Baru Imlek di Shanghai (20/1/2023). Tahun Baru Imlek tahun ini menandai tahun kelinci air yang jatuh pada tanggal 22 Januari. (AFP/Hector Retamal)

Dewan Negara, kabinet China, mengeluarkan pedoman ketat minggu lalu yang mendesak penduduk desa untuk membatasi pertemuan di kuil, pertunjukan festival, dan pertemuan massal lainnya di daerah pedesaan. Pedoman tersebut juga mendesak mereka yang kembali ke rumah untuk 'mengurangi kontak dengan orang tua, terutama mereka yang memiliki penyakit bawaan'.

Selama beberapa minggu terakhir, pejabat di beberapa kabupaten pedesaan di Provinsi Hunan, Shaanxi, dan Heilongjiang telah mengeluarkan peringatan, dengan satu pemerintah daerah menyarankan agar orang-orang 'tidak kembali ke kampung halaman mereka kecuali diperlukan'. Pihak berwenang juga telah memperingatkan warga untuk tidak menyebarkan 'sentimen suram' atau 'rumor' tentang pandemi selama liburan di internet.

Peringatan itu mencerminkan kekhawatiran mereka tentang infrastruktur perawatan kesehatan yang lebih buruk dan kelangkaan obat-obatan di kawasan pedesaan. Media pemerintah melaporkan bulan ini bahwa lembaga pemerintah pusat yang bertanggung jawab atas pembangunan pedesaan menginstruksikan otoritas lokal bahwa 'obat-obatan di daerah pedesaan China harus dipertahankan ketersediaannya selama lebih dari dua minggu'.

 


Masih Hati-Hati

Potret Ramainya Stasiun Kereta di China Menjelang Liburan Imlek
Suasana stasiun kereta api Timur Hangzhou selama puncak perjalanan menjelang Tahun Baru Imlek di provinsi Zhejiang, China (20/1/2023). Tahun Baru Imlek tahun ini menandai tahun kelinci air yang jatuh pada tanggal 22 Januari. (AFP/Hector Retamal)

Zeng Guang, mantan kepala ahli epidemiologi di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China, mengimbau para pejabat untuk fokus pada upaya manajemen pandemi, seperti membuka bangsal Covid yang ditunjuk dan mendistribusikan obat-obatan ke pedesaan, menurut laporan media lokal Kamis lalu.

"Fokus prioritas kita selama ini ada di kota-kota besar," kata Zeng. "Saatnya fokus ke pedesaan. Banyak lansia, sakit, dan cacat di pedesaan yang tertinggal dalam hal perawatan Covid."

Peringatan perjalanan yang dikeluarkan oleh daerah pedesaan tidak menyertakan tindakan hukum yang konkrit dan sepertinya tidak akan menyurutkan semangat warga. Banyak dari mereka tetap bertekad untuk pulang kampung. Salah satunya Li, seorang pekerja migran berusia 41 tahun di Beijing, yang sudah membeli tiket kereta api ke kampung halamannya di Provinsi Hubei. Harapannya dengan sebagian besar Covid sudah berakhir, berarti dia tidak akan "mengubah rencana perjalanan saya".

Di stasiun kereta api Beijing, seorang pekerja migran lain juga bersiap untuk pulang ke Provinsi Hebei. "Di desa saya sudah banyak yang tertular," kata pekerja itu. "Tidak ada lagi aturan resmi. Apa bedanya bagi pemerintah jika saya pergi atau tidak?"

 

 

 


Masih Berhati-hati

Jelang Imlek, Pelancong Asal China Daratan Padati Tempat Wisata di Makau
Pelancong dari China daratan berkumpul dekat Reruntuhan St. Paul's, tujuan wisata di Makau, 18 Januari 2022. Ledakan pariwisata China yang diharapkan selama liburan Tahun Baru Imlek minggu depan tampaknya akan lebih cepat terjadi. (AP Photo/Kanis Leung)

Di sisi lain, meningkatnya perjalanan dapat memberikan dorongan ekonomi yang sangat dibutuhkan, karena konsumen China biasanya membelanjakan lebih banyak untuk makanan, alkohol, dan pakaian baru selama liburan. "Kami akan melihat lebih banyak konsumen terlibat dalam pariwisata, yang dapat membantu meningkatkan pengeluaran secara keseluruhan," kata Ernan Cui, analis konsumen China di Gavekal Dragonomics.

Namun, penelitian Gavekal baru-baru ini juga menunjukkan bahwa konsumen China tetap berhati-hati dengan banyak yang siap menunda pembelian karena takut diri mereka sendiri atau anggota keluarga tertular virus. Data pada Selasa, 17 Januari 2023, menunjukkan bahwa penjualan ritel turun 1,8 persen pada Desember 2022 dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu, tetapi meningkat 5,9 persen dari November 2022.

"Kelompok berpenghasilan tinggi, yang kurang terpengaruh oleh Covid dan sudah melihat manfaat dari pelonggaran pembatasan, lebih cenderung terlibat dalam 'konsumsi balas dendam'," kata Cui, merujuk pada permintaan yang terpendam setelah bertahun-tahun penguncian. "Ini sudah terlihat di kota-kota seperti Beijing. Namun, kebanyakan orang masih sedikit berhati-hati."

Infografis Tradisi Tahun Baru Imlek
Tradisi-tradisi saat perayaan Tahun Baru Imlek (dok.Liputan6.com/Trie Yasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya