Hore, Siomay Jadi Dumpling Terlezat ke-7 di Dunia Versi TasteAtlas

Siomay mencatat skor 4,7 dari 5 dalam daftar dumpling terlezat di dunia versi TasteAtlas.

oleh Asnida Riani diperbarui 15 Mar 2023, 09:30 WIB
Diterbitkan 15 Mar 2023, 09:30 WIB
6 Makanan Paling Diburu Usai Ramadan
Ilustrasi siomai jadi dumpling terlezat ke-7 di dunia versi TasteAtlas. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Satu lagi kuliner Indonesia yang mendapat pengakuan dunia. Kali ini, giliran siomay yang masuk dalam daftar 100 dumpling terlezat di dunia versi TasteAtlas, platform panduan online untuk makanan tradisional, ulasan kritikus makanan, serta artikel penelitian tentang bahan dan hidangan populer berbasis di Kroasia.

Mengutip situs webnya, Rabu (15/3/2023), siomay didekripsikan sebagai "masakan Indonesia yang terdiri dari pangsit ikan kukus berbentuk kerucut, telur, kentang, kol, tahu, dan pare." Berada di peringkat ke-7, makanan yang biasanya disajikan dengan bumbu kacang itu mencatat skor 4,7 dari 5. 

"Setelah dikukus, semua bahan disusun di atas piring, dipotong kecil-kecil, dan disiram saus kacang pedas," imbuh platform tersebut.

Mereka menyambung, "Sentuhan terakhir pada hidangan ini adalah percikan kecap manis dan saus cabai, bersama perasan jeruk nipis. Di Indonesia, siomay merupakan makanan sehari-hari yang sangat digandrungi kalangan pelajar. Ini adalah makanan pokok yang umum di pujasera."

Bersama keterangan itu, mereka juga menyertakan lima rekomendasi tempat menyantap siomay yang semuanya berada di kota Bandung, Jawa Barat:

  1. Baso Tahu Mang Ade
  2. Baso Tahu Tulen
  3. Batagor Kingsley
  4. Bungtagor Lecker
  5. Batagor & Baso Tahu Apin

Sementara, hidangan yang berada di puncak daftar dumpling terlezat di dunia adalah guotie dari China, mencatat skor 4,8 dari 5. Hidangan itu ditulis sebagai "variasi tumis dari pangsit jiaozi China yang biasanya diisi dengan daging babi cincang, kol Cina, daun bawang, jahe, arak beras, dan minyak biji wijen."

 

 


10 Dumpling Terlezat di Dunia

Siomay
Ilustrasi siomai jadi dumpling terlezat ke-7 di dunia versi TasteAtlas. (Instagram.com/@fen.z)

Disebutkan pula bahwa guotie memiliki tekstur renyah, sekaligus lembut yang diperoleh dari metode memasaknya. Saat bagian bawah pangsit sedang digoreng, sedikit cairan ditambahkan ke wajan yang kemudian ditutup, sehingga sisa pangsit dan isiannya menguap.

Mengenai bentuknya, guotie harus selalu panjang dan lurus karena lebih mudah berdiri dan tidak jatuh saat dimasak. Goutie secara harfiah dapat diterjemahkan sebagai stik panci, sehingga pangsit ini sering disebut potsticker, terutama di Amerika Utara.

China punya beberapa wakil lainnya di peringkat 10 besar, yakni xiaolongbao (4,7), tangbao (4,7), shengjian mantou (4,7), dan jiaozi (4,6) yang secara berurutan menempati peringat ke-5, ke-6, ke-8, dan ke-10. Secara lengkap, berikut daftar 10 besar dumpling terlezat di dunia, menurut TasteAtlas:

  1. Guotie, China
  2. Koldūnai, Lituania
  3. Manti, Turki
  4. Pierogi, Polandia
  5. Xiaolongbao, China
  6. Tangbao, China
  7. Siomay, Indonesia
  8. Shengjian mantou, China
  9. Gyoza, Jepang
  10. Jiaozi, China

Faktanya, ini bukan kali pertama cita rasa siomay diakui sebagai salah satu yang ternikmat. 


Bukan Kali Pertama Siomay Masuk Daftar Bergengsi

Menggunakan bumbu kacang nan lembut, hidangan bastadom alias baso tahu daging domba khas siomay mang Ilen Garut, Jawa Barat siap memanjakan lidah anda
Ilustrasi siomai Bandung. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Pada 2021, siomay bandung masuk dalam daftar 35 dumpling terenak di dunia versi CNN. Melansir situs webnya, 3 Desember 2021, siomay dijelaskan sebagai dumpling berbahan dasar ikan yang dikukus, lalu disajikan dengan sayuran dan saus kacang. "Di Indonesia, siomay termasuk jajanan kaki lima," tulis publikasi itu.

Sajian ini mirip dengan shumai, salah satu makanan tradisional China yang biasa dijual di restoran dim sum. "Varian siomay paling populer ditemukan di Bandung. Cara terbaik mencicipi pangsit ini adalah dari pedagang kaki lima yang mengangkut kompor dengan sepedanya," sebut outlet tersebut.

Siomay juga bukan makanan Indonesia pertama yang bisa menembus daftar kuliner TasteAtlas. Pempek berhasil masuk daftar seafood terenak di dunia, menempati posisi kelima dalam list yang diperbarui pada pertengahan Februari 2023 lalu.

Melansir TasteAtlas, 13 Maret 2023, pempek mencatat skor 4,7 dari 5 bintang. Bukan hanya penjelasan terkait pempek, laman tersebut juga menyertakan bahan-bahan utama dari pembuatan pempek, yakni makarel, tepung tapioka, garam, dan merica putih.


Keterangan tentang Pempek

Resep pempek ikan tongkol. (dok. Cookpad @cook_21654745)
Ilustrasi pempek masuk daftar seafood terenak di dunia versi TasteAtlas. (dok. Cookpad @cook_21654745)

TasteAtlas menulis sebagai keterangan, "Pempek adalah kudapan ikan tradisional Indonesia yang terbuat dari daging ikan giling dan tapioka. Asal usul masakan ini sebenarnya adalah kota Palembang yang terletak di provinsi Sumatra Selatan."

"Kisah asal usul pempek mengatakan bahwa seorang warga Palembang tua sudah bosan dengan ikan goreng atau bakar tradisional. Jadi, ia memikirkan cara inovatif untuk menggiling daging, mencampurnya dengan tepung tapioka, dan menggorengnya untuk mendapatkan camilan yang renyah dan enak."

Keterangan itu juga menjelaskan bahwa penjual pempek biasanya berkeliling kota. Seiring waktu, pempek dikenal sebagai makanan ringan yang patut dipuji, dan saat ini dianggap sebagai makanan tradisional Indonesia yang lezat.

"Sajian bulat atau persegi panjang ini biasanya dikukus, dan sebelum disajikan digoreng dengan minyak sayur dan dipotong kecil-kecil," tambah keterangan itu.

Irisan mentimun atau mi adalah pendamping khas pempek. Saus asam manis tradisional (cuko) biasanya disajikan sebagai pendamping sehingga pelanggan dapat mendapat rasa sesuai selera mereka. TasteAtlas juga menyertakan lokasi terbaik untuk menyantap pempek, yakni di Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Palembang, dan Bandar Lampung.

Infografis 7 Penyebab Sampah Makanan
Infografis 7 Penyebab Sampah Makanan. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya