Jokowi Sajikan Makanan Lebaran untuk Prabowo Subianto dan Putranya di Solo, Apa Saja Menunya?

Prabowo Subianto dijamu Jokowi dengan makanan khas lebaran. Keduanya terlihat duduk di kursi ruang makan dengan beragam lauk di depan mereka.

oleh Henry diperbarui 24 Apr 2023, 15:03 WIB
Diterbitkan 24 Apr 2023, 15:03 WIB
Jokowi
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mendatangi kediaman Presiden Joko Widodo di Solo, Sabtu (22/4/2023) untuk melakukan silahturahmi lebaran. (Ist)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto merayakan lebaran Idul Fitri 2023 di Solo, Jawa Tengah. Usai melaksanakan sholat Idul Fitri di Jakarta, Prabowo Subianto langsung terbang ke Solo untuk bertemu Presiden Jokowi (Joko Widodo).

Prabowo bersama putranya, Didit Hediprasetyo bertemu dengan Jokowi dan keluarganya sambil menyantap makanan khas lebaran. Hal itu diketahui dari unggahan di akun Instagram Jokowi dan akun Twitter Gibran Rakabuming @gibran_tweet pada Sabtu, 22 April 2023.

Dalam foto yang diunggah oleh Wali Kota Solo itu, terlihat momen saat Prabowo dijamu makanan khas lebaran. Prabowo dan Didit terlihat duduk di kursi ruang makan dengan beragam lauk di depan mereka.

Prabowo tampil rapi dengan baju koko putih serta peci hitam. Di depannya, ada Jokowi yang terlhat mengenakan baju koko warna hitam dengan motif warna putih dan kopiah hitam.

"Hari pertama Lebaran di Solo, saya kedatangan tamu, Pak Prabowo bersama putranya, Mas Didit Hediprasetyo. Kami bersantap siang bersama, menikmati hidangan khas Lebaran,” tulis Jokowi dalam keterangan unggahannya pada 22 April 2023.

"Sebagaimana biasa tradisi kita, adat kita, kalau Lebaran biasanya anak buah itu sowan atau Lebaran kepada pimpinan. Beliau pimpinan saya, beliau Presiden, panglima tertinggi, saya menteri beliau, jadi saya kira sudah berapa kali juga saya kalau Lebaran ke beliau,” ucap Prabowo dalam keterangannya selepas pertemuan, mengutip laman presidenri.go.id, Sabtu, 22 April, 2023.

Selanjutnya, Menhan menekankan bahwa pertemuan tersebut hanya untuk bersilaturahmi dan tidak ada pembahasan yang politis. "Jadi tidak ada pembicaraan yang terlalu politis, karena ini hari Lebaran Idul Fitri," ungkap Prabowo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Menu Santap Siang untuk Prabowo

Jokowi Sajikan Makanan Lebaran untuk Prabowo Subianto dan Putranya di Solo, Apa Saja Menunya?
Jokowi Sajikan Makanan Lebaran untuk Prabowo Subianto dan Putranya di Solo, Apa Saja Menunya?  foto: Twitter @gibran_tweet  

Pada kesempatan tersebut, Jokowi didampingi oleh Ibu Iriana, Gibran Rakabuming Raka, dan putra bungsunya Kaesang Pangarep beserta istriya Erina Gudono.  Usai pertemuan, Presiden mengajak Menhan untuk santap siang hidangan khas Lebaran.

Presiden dan Menhan Prabowo juga berbincang-bincang terkait urusan pertahanan. Kaesang rupanya mengambilkan nasi untuk Prabowo yang berkunjung ke rumah bapaknya. Lalu, menu apa saja yang disajikan?

Beberapa di antaranya adalah opor ayam hingga rendang.  Selain itu, terdapat tiga macam lauk di mangkuk yang tampak dalam foto yang kemungkinan besar adalah Chinese food atau makanan khas China.

Di mangkuk pertama dengan warna sajian kecokelatan, warganet di kolom komentar menebak kalau sajian itu adalah sapo tahu. Itu karena mereka melihat ada potongan udang, tahu sutra, dan pakcoy.

Sedangkan, sajian di sampingnya adalah ayam goreng yang disiram dengan saus bawang putih. Sajian berwarna cokelat pekat di mangkuk ketiga terlihat seperti semur daging.

 


Piring di Rumah Jokowi Ikut Disorot

Prabowo
Prabowo Subianto bertemu dengan Presiden Jokowi di Solo. (Ist)

Unggahan itu pun mendapat beragam komentar dari warganet. "Pak wali sudah menemani pak Menhan keliling Solo?" tanya seorang warganet.

"Lg makan opor," jawab Gibran.  "Para pejabat tinggi negeri itu ternyata juga senang santap opor ayam saat lebaran ya,” timpal warganet lainnya.

"Jangan banyak banyak ngasih nasinya mas gibran , nanti tambah berat nyapresnya, eeeh mksudnya berat badannya ,” tulis warganet lainnya.

Menariknya lagi, ada warganet yang menyoroti piring di meja makan rumah kediaman Presiden Jokowi itu yang hanya berwarna putih tanpa merek.

"Kok piringnya bukan Hermes? Nggak korupsi ya?," celetuk seorang warganet.

Presiden Jokowi tak lama menghabiskan libur lebarannya di kampung halamannya, Solo. Pada Sabtu malam, 22 April 2023, ia mengajak sejumlah anggota keluarganya, termasuk dua cucunya, Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah, berlibur ke Labuan Bajo.

Keesokan paginya, yakni Minggu, 23 April 2023, Jokowi dan Iriana mengunjungi Gua Batu Cermin bersama Gibran Rakabuming, Selvi Ananda, Jan Ethes, dan Lembah Manah. Pasangan Kaesang dan Erina turut hadir dalam rombongan tersebut.


Penampilan Keluarga Jokowi di Labuan Bajo

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana mengunjungi beberapa tempat wisata di Labuan Bajo, Minggu (23/4/2023).
Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana mengunjungi beberapa tempat wisata di Labuan Bajo, Minggu (23/4/2023). (Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Melansir Antara, kehadiran Jokowi yang memakai kaus setengah lengan berwarna biru gelar itu disambut teriakan riuh warga. Iriana yang mendampingi Jokowi mengenakan kaus lengan panjang berwarna biru dan topi pantai. Sembari menggandeng Jan Ethes, Jokowi menyempatkan diri menyapa para wisatawan usai keluar dari Gua Batu Cermin.

Tak mau kalah dengan sang kakek, Jan Ethes dan Lembah Manah juga bergaya kasual. Masing-masing mengenakan kaus lengan pendek untuk mengatasi gerah karena cuaca cerah sepanjang hari.

Yang jadi sorotan adalah merek busana yang dipakai Jan Ethes dan La Lembah Manah jelas bukanlah label dalam negeri. Jan Ethes terlihat mengenakan kaus lengan pendek keluaran label Kenzo yang dipadu dengan celana pendek abu-abu. Ia juga mengenakan sepatu kets dengan bantalan tebal.

Sedangkan Lembah Manah terlihat mengenakan kaus biru berlogo MJ keluaran label Marc Jacobs. Untuk bawahan, ia mengenakan celana pendek kotak-kotak dan sempat mengenakan bucket hat warna pink terang.

Kaus berkerah bulat yang dipakai Jan Ethes diketahui sudah tak lagi distok di laman resmi Kenzo. Harga kaus model demikian rata-rata dibanderol 85 dolar AS atau sekitar Rp1,3juta. Sedangkan, kaus yang dipakai Lembah Manah dijual di sebuah situs daring seharga 45 pound sterling atau sekitar Rp900 ribuan.

 

Infografis Macam-Macam Kue Kering Khas Lebaran
Infografis Macam-Macam Kue Kering Khas Lebaran. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya