Rekomendasi Wisata Kuliner di Jalur Mudik Lebaran Idul Fitri 2023, dari Banjarnegara hingga Yogyakarta

Mudik Lebaran Idul Fitri 2023 terasa tak lengkap tanpa berwisata kuliner di sepanjang jalur mudik dan kini mengulas mengenai rekomendasi wisata kuliner Banjarnegara, Purworejo, Magelang, dan Yogyakarta.

oleh Putu Elmira diperbarui 29 Apr 2023, 10:00 WIB
Diterbitkan 29 Apr 2023, 10:00 WIB
Oemah Tahu Sumedang Mang Eman
Oemah Tahu Sumedang Mang Eman di Banjarnegara, Jawa Tengah. (Tangkapan Layar Peta Kuliner Dan Wisata Jalur Lebaran Pulau Jawa Kementerian Perhubungan)

Liputan6.com, Jakarta - Mudik Lebaran Idul Fitri 2023 terasa tak lengkap tanpa berwisata kuliner di sepanjang jalur mudik. Setelah sebelumnya dibahas di kawasan Cilegon, Serang, Karawang, Cirebon, Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Batang, Semarang, Salatiga, Solo, Ngawi, Kertosono, Mojokerto, Surabaya, Pasuruan, Malang, Probolinggo, Situbondo, Banyuwangi, Bandung, Tasikmalaya, Banyumas, dan Purwokerto, kini rekomendasi bergeser ke Banjarnegara, Purworejo, Magelang, dan Yogyakarta.

Dikutip dari Buku "Yuk Mampir! - Peta Kuliner Jalur Lebaran Pulau Jawa" oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Kamis, 27 April 2023, simak berikut rangkuman selengkapnya:

Banjarnegara

Banjarnegara merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Jawa Tengah, kabupaten ini memiliki sejuta pesona dan panaroma alam yang menakjubkan dan masih banyak yang tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui keindahan dan tempat keren yang ada di Banjarnegara tersebut. Banjarnegara juga mempunyai banyak dan beragam kuliner, mulai dari makanan ringan dan makanan berat tentu sangat memanjakan lidah.

Rekomendasi kuliner:

1. Oemah Tahu Sumedang Mang Eman

Oemah Tahu Sumedang ini merupakan cabang dari Oemah Tahu yang ada di Purwokerto, tepatnya di kawasan Tambaksogra Purwokerto. Menu andalannya tahu sutra, namun beragam jenis masakan khas daerah juga turut menjadi menu favorit pelanggan Oemah Tahu Sumedang Mang Eman, sebut saja Nasi Liwet Ayam Ingkung, Nasi Bancakan, dan Tahu Kupat khas Banyumas; Nasi Liwet Ayam Lodho khas Tulungagung, Nasi Liwet Ayam Bekakak dan Nasi Timbel khas Sunda.

Lokasi: Jl. Raya Sukoharjo, Randegan, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah

Jam Operasional: Setiap Hari, 08.00-21.00 WIB

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Purworejo

Sate Winong Pak Mustofa
Sate Winong Pak Mustofa (Tangkapan Layar Peta Kuliner Dan Wisata Jalur Lebaran Pulau Jawa Kementerian Perhubungan)

Kota ini sangat terkenal dengan wisata alam yang indah, dilengkapi pula dengan wisata kuliner yang beragam. Menyenangkan sekali saat mencari makanan kuliner karena harganya sangat terjangkau. Perut kenyang hati pun senang. Anda jadi semakin siap untuk menjelajahi kota Purworejo danmenikmati keindahannya.

Rekomendasi kuliner:

1. Sate Winong Pak Mustofa

Warung makan yang sudah berdiri sejak masa 1950-an ini kini telah menginjak generasi ketiganya. Harga satu paket sate kambing dibanderol Rp40 ribu dan Rp35 ribu untuk gule kambingnya.

Lokasi: Winong Lor, Dusun I, Gebang, Kab. Purworejo, Jawa Tengah

Jam Operasional: Setiap Hari, 09.30-21.00 WIB

2. Kuliner Pos Food

Dawet ayu ini terdiri dari santan, dawet, tape, dan gula jawa. Ada dua macam dawet yang dijual, yaitu dawet ayu berbahan dasar tepung beras dan dawet ireng yang dibuang dari sagu. Dalam sehari terjual hingga mencapai 300 porsi. Seporsi dawet plus tape dijual dengan harga Rp7 ribu.

Lokasi: Jl. A. Yani, Plaosan, Purworejo, Kab. Purworejo, Jawa Tengah

Jam Operasional: Setiap Hari, 09.00-16.30 WIB


Magelang

Mangut Beong
Mangut Beong. Foto: Yanuar H/ Liputan6.com.

Di Kota Magelang terdapat beberapa tempat jajan yang mempunyai kekhasan tersendiri, baik dari cita rasa makanan yang dihidangkan, maupun nilai historis yang dikandung di tempat tersebut. Menelusuri tempat jajan di Kota Magelang, ada yang khusus buka di siang hari dan malam hari.

Rekomendasi kuliner:

1. Sehati Selera Pedas

Menu andalan dari Rumah Makan Sehati Selera Pedas adalah mangut beong. Dikutip dari magelangkab.go.id, Kamis, 27 April 2023, Mangut adalah salah satu jenis masakan seperti gulai namun lebih encer dan pedas. Biasanya ikan air tawarlah yang diolah menjadi mangut.

Sedangkan, ikan beong adalah ikan endemik yang hanya dapat ditemukan di sungai, dan bila di Kabupaten Magelang bisa jumpai ikan beong di Sungai Progo. Bentuk ikan beong ini menyerupai lele, namun ukurannya lebih besar dan memiliki daging yang cukup banyak di bagian kepala.

Lokasi: Bumen, Kembanglimus, Kab. Magelang, Jawa Tengah

Jam Operasional: Setiap Hari, 08.00–16.00 WIB


Yogyakarta

Kuliner Yogyakarta
Sambal welut, salah satu kuliner khas Yogyakarta. (dok. Instagram @foster.frankline/https://www.instagram.com/p/B6ac8mvBTDh/)

Kota pelajar ini mempunyai suasana yang hangat, sehangat menu makanan yang disajikan. Sajian khas berselera tentunya mudah didapat, bahkan hampir di setiap persimpangan kota.

Rekomendasi kuliner:

1. Warung Sambel Welut Pak Sabar

Warung yang dirintis awal tahun 1990-an ini salah satu kuliner yang wajib juga Anda coba, yakni aneka olahan belut, ikan gabus, dan wader. Rasanya pedas dengan sedikit rasa manis. Rempahnya terasa, dan belut gorengnya renyah dan berdaging lembut, dan memiliki rasa gurih. Sangat nikmat dimakan dengan nasi putih hangat dan dicocol sambal bawang.

Lokasi: Glagah Kidul, Tamanan, Kab. Bantul, D. I. Yogyakarta

Jam Operasional: Setiap Hari, 10.00–22.00 WIB

2. Pondok Makan Ayam Goreng Bu Hartin

Restoran ini memiliki menu andalan, yaitu Ayam Bacem. Bumbunya dibuat dengan rempah-rempah baceman kemudian ayam digoreng sesudah bumbunya meresap sehingga ayamgoreng yang disajikan berwarna kecokelatan.

Lokasi: Jl. Ki Josuto, Wates, Kab. Kulon Progo, D.I Yogyakarta

Jam Operasional: Setiap Hari, 09.00–22.00 WIB

3. Rujak Es Krim Pak Paino

Es krim Pak Paino menyuguhkan es krim buah naga yang dipadu dengan rujak bebek.

Lokasi: Purwokinanti, Pakualaman, D.I. Yogyakarta

Jam Operasional: Setiap Hari, 09.00–15.00 WIB

4. Mangut Lele Mbok Marto

Hal yang membuat Mangut Lele Mbah Marto sangat spesial adalah pengunjung bisa memasuki area dapur untuk mengambil makanan yang diinginkan. Mangut Lele Mbah Marto mempertahankan bentuk dapur yang sangat tradisional. Kesederhanaan inilah yang membuat banyak pengunjung tertarik dan selalu datang kembali ke Mangut Lele Mbah Marto.

Lokasi: Jl. Sewon Indah, Ngireng-Ireng, Panggungharjo, Kab. Bantul, D.I. Yogyakarta

Jam Operasional: Setiap Hari, 10.00–20.00 WIB

Infografis Diplomasi Lewat Jalur Kuliner
Diplomasi Lewat Jalur Kuliner (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya