Raisa Mengaku Cukup Mandi Hanya 5 Menit, Setara Durasi Satu Lagu

Raisa mengaku hanya butuh lima menit untuk mandi. “Aku itu memang dikenal di kalangan teman-teman dekatku mandinya cepet banget. Sampai ditanya, ‘lo mandi bersih gak sih?’” Ungkapnya dalam peluncuran sabun Dettol Activ-Botany.

oleh Dyra Daniera diperbarui 09 Mei 2023, 03:00 WIB
Diterbitkan 09 Mei 2023, 03:00 WIB
Raisa
Raisa dalam launching Dettol Activ-Botany, 8 Mei 2023. (Dok. Liputan6.com/Dyra Daniera)

Liputan6.com, Jakarta - Fakta menarik terkuak dari penyanyi cantik Raisa Andriana. Penyanyi berumur 32 tahun itu ternyata hanya membutuhkan waktu lima menit untuk mandi. 

"Aku itu memang dikenal di kalangan teman-teman dekatku mandinya cepet banget. Sampai ditanya, ‘lo mandi bersih gak sih?’" celotehnya dalam peluncuran sabun Dettol Activ-Botany yang digelar di The Ritz-Carlton Pacific Place Jakarta, Senin, 8 Mei 2023.

Bahkan, ia menyamakan durasi mandinya dengan durasi satu lagu. "Ya aku mandi sekitar satu lagu. Empat sampai lima menit, udah plus keramas," ujar istri Hamish Daud itu. Ia menambahkan, "Kalau yang komplit, udah sama shaving, luluran, ya 10 menit lah."

Bagi perempuan dengan segudang kesibukan menjadi seorang artis dan juga ibu dari satu anak, tidak perlu lama-lama saat mandi. "Pasti orang tuh mikirnya kalau pengen show tuh harus lama mandinya, tapi mandi kan sesuatu yang kita lakukan sehari dua kali. Kalau misalkan setiap mandi tuh lama, nggak ada waktunya nggak sih?"

Menurut Raisa yang kini telah menjadi Brand Ambassador Dettol, ia lebih memilih melakukan aktivitas lain yang lebih penting dibandingkan berlama-lama untuk mandi. Untuk Anda yang juga mandi secepat kilat seperti Raisa, jangan khawatir karena memang tidak ada durasi yang ideal untuk mandi. 

"Kalau dari studi, mandi berapa lama itu nggak ada ya," ujar dr. Kardiana Dewi, Sp.KK, FINSDV selaku dokter spesialis kulit dan kelamin. 

Dokter yang biasa disapa Dok Dew itu melanjutkan, "Bahkan Dok Dew aja bilang ke pasien, cuci muka 30 menit aja deh, nggak usah lama-lama."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mandi Menjadi Kegiatan Me Time Bagi Raisa

Raisa
Raisa dipilih sebagai brand ambassador Dettol. (Dok. Liputan6.com/Dyra Daniera)

Ia menambahkan, "Mandi itu tergantung apakah ada special intention atau tidak." Menurut Dokter Dewi, jika aktivitas yang dilakukan tidak terlalu berat sampai berkeringat, mandi memang tidak perlu lama-lama. 

Justru, mandi yang terlalu lama bisa jadi kesalahan umum. Pasalnya, biasanya orang yang mandi dengan durasi lama karena ia menggunakan shower dengan air yang hangat. "Mandi dengan air yang terlalu panas, dan terlalu banyak gosok-gosok dengan device seperti sikat, itu bikin kulit kering," jelas dr. Kardiana Dewi. 

Di sela-sela kesibukannya, Raisa merasa mempunyai waktu luang untuk diri sendiri atau “me time” merupakan sesuatu yang penting. Mandi juga menjadi salah satu kegiatan me time yang ia sukai. 

"Pulang kerja, ngunci kamar mandi, terus mandi dengan sabun yang wangi untuk pampering dan merasa kayak di spa, itu udah kemewahan luar biasa untuk ibu-ibu," ujarnya. 

Biasanya, Raisa akan menyetel lagu saat mandi yang akan menjadi “song of the day”nya. Lagu itu akan menentukan mood yang ia ingin bangun untuk hari itu, apakah ingin merasa berenergi atau rileks. Selain itu, Raisa juga sangat suka menonton drama korea di mobil. 


Tips Praktis Menjaga Kesehatan Kulit

Dettol activ-botany
Talkshow dalam peluncuran produk Dettol Activ-Botany. (Dok. Liputan6.com/Dyra Daniera)

Raisa juga membagikan produk-produk perawatan yang digunakannya. Ternyata, pelantun lagu “Kali Kedua” itu hanya menggunakan tiga sampai empat produk skincare, yaitu serum, moisturizer, dan sunscreen. 

"Terus kalau habis mandi, pakai pelembab. Karena aku sering di ruangan ber-AC, jadi kulitnya suka kering dan gatal," ujarnya. 

Bagi Anda yang sibuk, terdapat beberapa tips yang dibagikan dr. Dewi untuk menjaga kulit dengan waktu terbatas. Yang terpenting ialah mandi dua kali sehari dengan sabun kemudian menggunakan pelembab setelah mandi.

Penting juga untuk menggunakan sunscreen atau tabir surya setiap hari terutama ingin beraktivitas di area terbuka dan di luar ruangan. "Lifestyle juga harus diperhatikan. Minum air putih yang cukup, jangan kebanyakan makan karbo, istirahat yang cukup," ujar dr. Dewi.

Anda juga harus meminimalkan stres dan selalu berpikir positif serta bersyukur. Jika  Anda menerapkan tips tersebut, dijamin kulit akan menjadi sehat. Menurut dr. Dewi, kriteria kulit yang sehat adalah teksturnya lembut dan kenyal, warna kulit yang merata, dan cerah atau glowing


Sabun dengan Wangi Seperti di Spa

Dettol Activ-botany.
Peluncuran produk Dettol Activ-Botany. (Dok. Liputan6.com/Dyra Daniera)

Untuk memaksimalkan waktu mandi di sela kesibukan Anda, penting untuk memilih sabun yang dapat memanjakan dan merilekskan diri. Untuk itu, Dettol baru saja meluncurkan produk baru yang dinamakan Dettol Activ-Botany. 

Sudah 90 tahun berdiri, Dettol merasa perlu merespons kebutuhan masyarakat, terutama wanita yang semakin sibuk namun tetap ingin tampil cantik dan wangi secara praktis. Inovasi yang dikembangkan dalam produk ini ialah digunakannya bahan-bahan berdasarkan tanaman. Dettol Activ-Botany datang dalam dua varian, yaitu Lavender Chamomile dan Green Tea Bergamot. 

Sharita Lefana Faisal, Senior Brand Manager Dettol Healthy Body, Dettol, Reckitt Indonesia mengatakan, "Dettol Activ-Botany mengandung sensorial fragrance. Yang membuat kita merasa, ‘wow, kayak ke spa wanginya’."

Produk ini juga mengandung citric acid yang kaya akan antioksidan yang penting untuk pergantian sel kulit, serta gliserin. Formulanya pun lembut di kulit dan diklaim efektif membunuh kuman dengan pH yang seimbang. 

Varian Lavender Chamomile cocok untuk Anda yang ingin merasa lebih kalem dan tenang setelah seharian beraktivitas, dan ingin tidur dengan nyenyak. Sementara, varian Green Tea Bergamot cocok bagi Anda yang ingin merasa segar sebelum beraktivitas. 

Infografis Cuci Tangan Pakai Sabun Bunuh Virus Penyebab Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Infografis Cuci Tangan Pakai Sabun Bunuh Virus Penyebab Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya