Cara Kate Middleton Tenangkan Pangeran Louis yang Tak Bisa Diam Saat Penobatan Raja Charles III Tuai Pujian

Kate Middleton meluangkan waktu untuk menenangkan dan meyakinkan Pangeran Louis ketika dia menjadi sedikit gelisah saat penobatan Raja Charles III.

oleh Henry diperbarui 09 Mei 2023, 20:02 WIB
Diterbitkan 09 Mei 2023, 20:02 WIB
Penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla
(Dari kiri) Pangeran William, Pangeran Wales, Putri Charlotte, Pangeran Louis, dan Kate Middleton, Putri Wales menghadiri penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla di Westminster Abbey di pusat kota London pada 6 Mei 2023. (YUI MOK/POOL/AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Penobatan Raja Charles III yang berlangsung di Westminster Abbey, London telah selesai. Ada banyak momen yang menarik dalam acara ini, mulai dari momen khidmat hingga menggemaskan. Salah satunya adalah interaksi Kate Middleton dengan anak bungsunya, Pangeran Louis.

William, Kate, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis datang lebih lambat dari yang direncanakan untuk kebaktian. Namun, mereka tidak menunjukkan tanda-tanda kebingungan dan terlihat mengobrol sambil menunggu untuk masuk ke dalam ruangan penobatan Raja Charles III.

Kate mengenakan mantel Royal Victorian Order biru tua bertepi merah tua dengan balutan krep sutra gading bersulam Alexander McQueen. Ia melengkapi penampilannya dengan hiasan kepala sulaman daun tiga dimensi oleh Jess Collett x Alexander McQueen.

Kate Middleton fokus merawat anak-anak mereka yang masih kecil, terutama Putri Charlotte dan Louis mengingat Pangeran William terlihat sibuk dalam rangkaian penghormatan kepada ayahnya selama kebaktian. Sementara Charlotte yang baru berusia delapan tahun menunjukkan fokus dan ketenangan sepanjang kebaktian formal, lain halnya dengan Pangeran Louis, yang baru berusia lima tahun.

Ia membutuhkan sedikit lebih banyak perhatian selama acara penobatan kakeknya sebagai raja Inggris. Kate pun meluangkan waktu untuk menenangkan dan meyakinkan Louis ketika dia menjadi sedikit gelisah.

Sedangkan, si sulung Pangeran George sudah mengemban tugas khusus dalam perhelatan penting kakeknya ini, yakni sebagai seorang Page of Honor. Dilansir dari People, partisipasi Pangeran George dalam acara penobatan ini, menandai pertama kalinya dalam sejarah kerajaan modern, bahwa seorang calon raja terlibat secara langsung dalam tugas seperti ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Gaya Parenting Kate Middleton

Kate Middleton
Kate Middleton tidak memakai anting-anting yang sama dengan mendiang ibu mertuanya Putri Diana. (Foto: Instagram@princeandprincessofwales)

Melansir laman Express.co.uk, Minggu, 7 Mei 2023, Kate tersenyum ke arah Louis, yang duduk di sebelah kanannya, ketika bocah itu nampak tidak bisa diam selama upacara formal dan seringkali melirik ibunya. Sementara, putrinya terlihat membungkuk untuk berbicara dengan Louis ketika jemaah berdiri untuk menyanyikan himne.

Pada saat penampilan keluarga kerajaan di balkon istana, Louis dan Charlotte juga terlihat bergabung dengan orangtua mereka. Kate, dengan bantuan dari Duchess of Edinburgh, mendorong Louis dan Charlotte untuk lebih mendekatkan mereka padanya agar masih terlihat dalam jangkauan pengawasannya. 

Dia terus mengawasi pangeran muda itu, meletakkan tangan yang meyakinkan di bahu Louis, dan mendorongnya untuk melihat ke atas ketika pesawat udara sebagai tanda penghormatan terbang melewati mereka di langit. Gaya parenting Kate dalam acara formal itu mendapat banyak sorotan yang hampir semuanya memuji wanita berusia 41 tahun tersebut.

Pangeran Louis memang mencuri perhatian di acara penobatan Raja Charles III di Westminster Abbey, Inggris. Ia tampak gelisah mengikuti jalannya acara hingga beberapa kali menguap.


Kesamaan Louis dengan Kakeknya

Potret Pangeran Louis di Penobatan Raja Charles III dan Permaisuri Camilla
Pangeran Louis terlihat cuek menguap saat penobatan Raja Charles III di Westminster Abbey, London pada 6 Mei 2023. Pangeran Louis duduk di antara Putri Charlotte dan Kate Middleton (Yui Mok/POOL/AFP)

Momen ini pun tertangkap kamera dan jadi perbincangan hangat. Warganet seolah gemas melihat tingkah Pangeran Louis. "Ekspresi wajah Pangeran Louis yang menggemaskan mencuri perhatian pada penobatan kakeknya, Raja Charles," tulis akun TikTok @yahoouk sebagai keterangan videonya.

Menariknya, tingkah Louis ternyata mirip dengan kakeknya, Raja Charles saat kecil. Kala itu, Charles yang juga berusia 5 tahun seperti Louis, menghadiri acara penobatan ibundanya, Ratu Elizabeth II, pada 1953.

Media Enews membuat komparasi foto kakek dan cucunya dari tahun yang berbeda. "Raja Charles di #Coronation tahun 1953 memiliki vibes yang sama dengan Pangeran Louis di Coronation tahun ini dan kami di sini untuk itu. (📷: Getty),"

Dalam kolase foto, Raja Charles kecil memperlihatkan ekspresi wajah bosan sambil berpangku tangan, mirip dengan Pangeran Louis yang menunjukkan kegelisahan hingga menguap. Di tahun lalu, viral beredar video Lois menjulurkan lidah ke sang ibu, dalam perayaan Platinum Jubilee dari nenek buyutnya, Ratu Elizabeth II. Suasana hati Louis tampak kurang baik dan tak mau diam khas tingkah anak-anak dalam perayaan parade Jubilee Pageant, Minggu, 5 Juni 2022, waktu London.


Kate Bangun Kepercayaan pada Louis

Pangeran Louis
Kate Middleton (kiri) dan putranya, Pangeran Louis (kanan), bereaksi selama Kontes Platinum di London pada 5 Juni 2022 sebagai bagian dari perayaan platinum jubilee Ratu Elizabeth II. (Frank Augstein/POOL/AFP)

Louis juga tampak mengangkat bantal di atas kepalanya dan menutupi kedua matanya dengan telapak tangan. Reaksi Kate yang tetap tenang menghadapi tingkah tantrum Louis menjadi sorotan pakar bahasa tubuh Darren Stanton. Darren mengatakan bahwa Kate memberikan apa yang Louis butuhkan kala itu, yakni perhatian.

"Kate tampak memeluk Louis saat putranya itu gelisah. Lalu, Kate juga tersenyum memberikan semangat pada anak muda itu, yang tentu hal itu sangat disukai Louis. Penting bagi Kate untuk terus bersama anak-anaknya mengingat hari itu masih panjang," kata Stanton.

Lalu, dalam video yang beredar juga tampak upaya Kate untuk memastikan agar putranya itu tetap berperilaku baik selama perayaan sang nenek buyut.  Stanton menyorot upaya Kate untuk membangun kepercayaan pada anak nomor tiganya itu ketimbang menjadi sosok otoriter.

Tidak mentang-mentang Kate adalah orangtua lalu memaksakan kehendak. Upaya Kate untuk menghadapi Louis adalah saat berbicara dengan memposisikan wajah sejajar dengan putranya. Menurut Stanton, ketika orangtua berbicara sejajar dengan anak termasuk kontak mata yang sejajar hal itu membuat anak mendapat dukungan dari ibu.

 

Infografis Rute Perjalanan Kereta Kencana Raja Charles III dan Ratu Camilla. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Rute Perjalanan Kereta Kencana Raja Charles III dan Ratu Camilla. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya