Jalan-jalan ke Yogyakarta, Enaknya ke Mana ya?

Ada rekomendasi tempat anti-mainstream yang bisa kamu kunjungi di daerah istimewa dan sangat cocok untuk wisatawan muda yang ingin selalu up-to-date.

oleh stella maris diperbarui 31 Jul 2023, 19:47 WIB
Diterbitkan 31 Jul 2023, 19:38 WIB
Ilustrasi Yogyakarta
Ilustrasi Yogyakarta/Istimewa.

Liputan6.com, Yogyakarta Pesona Kota Yogyakarta seakan tidak ada habisnya. Ada banyak destinasi seru selain  Malioboro, Kampung Wisata Tamansari, Candi Prambanan, atau Alun-alun Kidul.

Ya, ada rekomendasi tempat anti-mainstream yang bisa kamu kunjungi di daerah istimewa ini, lho. Meski masih kental akan budaya Yogyakarta, tempat-tempat ini juga sangat cocok untuk wisatawan muda yang ingin selalu up-to-date.

Siap jalan-jalan ke Jogja? Berikut tempat rekomendasi yang perlu kamu coba!

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Desa Wisata Nglanggeran

Desa Wisata NglanggeranDesa yang berlokasi di Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul ini sudah menyabet beragam penghargaan. Salah satunya sebagai Desa Wisata Terbaik Dunia 2021 dari United Nation World Tourism Organization (UNWTO). 

Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di desa ini. Bagi para pecinta alam, kamu bisa trekking di Gunung Api Purba yang memiliki banyak bongkahan batu raksasa serta pemandangan indah dari puncaknya. Gunung Api Purba termasuk bagian dari Geopark Gunung Sewu yang sudah diakui oleh UNESCO. Kamu juga bisa menikmati pemandangan desa dari Embung Nglanggeran. 

Ilustrasi Desa Wisata Nglanggeran
Ilustrasi Desa Wisata Nglanggeran/Istimewa.

Selain itu, pengunjung bisa belajar soal pengolahan kakao, sekaligus membeli aneka olahan cokelat sebagai oleh-oleh. Opsi lainnya adalah menginap dengan penduduk lokal dan belajar soal budaya setempat sampai peternakan kambing etawa. 

 


2. Glamping Songgolangit

Apakah kamu familiar dengan istilah glamping? Ini merupakan gabungan dari kata glamorous dan camping. Menurut Cambridge Dictionary, glamping adalah salah satu jenis camping yang lebih nyaman dan mewah daripada berkemah biasanya. 

Nah, kamu bisa melakukan ini di Yogya, tepatnya di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul. Kamu bakal merasakan sensasi menginap di tengah hutan pinus yang sangat menenangkan dan tentunya menjadi pengalaman tidak terlupakan. 


3. Six Senses Restaurant

Buat para pecinta kuliner pasti enggak mau melewatkan kesempatan ini. Six Senses adalah Fusion Spanish restaurant di kawasan Mantrijeron. Kamu bisa menyantap makanan dengan pengalaman unik di lokasi berarsitektur Jawa-India dan suasana Barok. Jangan lupa memperhatikan etiket serta aturan berpakaian sebelum mengunjungi restoran ini, ya. 


Pantai Timang

Ilustrasi Pantai Timang
Ilustrasi Pantai Timang/Istimewa.

Kamu pecinta adrenalin? Destinasi satu ini cocok untukmu. Pantai ini berada di Desa Purwodadi, Tepus, Gunungkidul. Kamu bisa menyebrangi lautan menuju Pulau Watu Panjang dengan melewati jembatan dan gondola. Kamu bakal merasakan sensasi "membelah" lautan dengan jarak sekitar 100 m. 

Nah, destinasi menarik sudah dikantongi. Kamu mau mengunjungi yang mana nih? Eits, jangan lupa menyiapkan transportasinya dulu, ya. 

Ada banyak pilihan transportasi menuju Yogyakarta. Salah satunya menggunakan Kereta Panoramic dari KAI. Kamu bisa melihat pemandangan di sepanjang perjalanan dengan lebih leluasa karena Kereta Panoramic dilengkapi oleh jendela super besar.

Tertarik? Kamu bisa menggunakan aplikasi BRImo untuk membayar tiket KAI. Yuk, simak caranya: 

  1. Buka aplikasi BRImo di smartphone kamu
  2. Login dengan memasukkan username dan password atau masuk dengan fingerprint
  3. Klik menu “KAI” pada halaman utama BRImo
  4. Masukan kode bayar KAI. Pastikan nomor telah sesuai, kemudian klik "Lanjut"
  5. Informasi detail soal tagihan akan muncul, bersamaan dengan pilihan rekening sumber dana. Jika telah sesuai, klik "Bayar"
  6. Cek kembali transaksi kamu pada halaman konfirmasi. Klik "Bayar" jika sudah sesuai. Masukan pin BRImo. Jika transaksi kamu sudah berhasil, tanda terima akan muncul di layar. 

Tertarik untuk menikmati kemudahan menggunakan BRImo? Download aplikasi BRImo sekarang juga! Info lebih lanjut klik link bankbri.co/SemuaPakeBRImo. Segera unduh atau update aplikasi BRImo sekarang juga di AppStore, PlayStore dan Huawei AppGallery! #BRI #BRImo #SemuaPakeBRImo #SatuNusaSatuBRImo

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya