Kunci Sukses Harashta Haifa Zahra Menangkan Miss Supranational 2024, Bangun Paling Pagi dan Pulang Paling Malam Saat Persiapan

Putri Kus Wisnu Wardhani mengungkapkan kunci kesuksesan wanita asal Jawa Barat tersebut. Harashta Haifa Zahra sudah menyiapkan semuanya dengan sebaik-baiknya sebelum berangkat ke ajang Miss Supranational 2024.

oleh Henry diperbarui 19 Jul 2024, 10:00 WIB
Diterbitkan 19 Jul 2024, 10:00 WIB
Puteri Indonesia Harashta Haifa Zahra Raih Gelar Miss Supranational 2024
Puteri Indonesia Harashta Haifa Zahra Raih Gelar Miss Supranational 2024.Ā  (Liputan6.com/Henry)

Liputan6.com, Jakarta - Putri Indonesia 2024 Harashta Haifa ZahraĀ berhasil meraih kemenangan di ajang Miss Supranational 2024. Setelah kemenangannya, ia tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Rabu, 17 Juli 2024, dan disambut hangat oleh para pageant lovers dengan penuh semarak.Ā  Harashta kini merayakan keberhasilannya di ajang Miss Supranational 2024 di negerinya sendiri.

Salah satunya lewat acara konferensi pers dan Makan Malam di Hutan Kota by Plataran, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis, 18 Juli 2024. Dalam kesempatan itu, Harashta dan Ketua Dewan Penasehat Yayasan Puteri Indonesia, Putri Kus Wisnu Wardani, mengungkapkan kunci keberhasilan Indonesia di ajang Miss Supranational 2024 yang berlangsung di Polandia.

"Saya di sana memainkan musik tradisional kecapi dan menyanyikan lagi Bubuy Bulan dari Jawa Barat. Setelah tampil, banyak yang kasih standing applause. Itu mungkin yang jadi faktor utamanya, selain saya tampil penuh percaya diri, tidak grogi dan tentunya berkat dukungan dari banyak pihak,ā€ ungkap wanita yang akrab disapa Tata ini.

Putri Kus Wisnu Wardhani menambahkan, selain yang disebutkan Tata, ada faktor lainnya yang jadi kunci sukses wanita asal Bandung, Jawa Barat tersebut. Tata sudah menyiapkan semuanya dan mengerjakan pekerjaan rumahnya dengan sebaik-baiknya sebelum berangkat ke Polandia.

"Ketika Tata tampil di panggung, dia memang sudah siap dan itu melalui perjalanan dan proses yang panjang dan tidak mudah. Kuncinya, Tata mau mengakui kelemahannya dan bersedia memperbaikinya sejak dia ikut Puteri Indonesia,ā€ ungkap Putri.

"Dia bilang punya banyak kemampuan seperti bermain musik dan bernyanyi dengan baik di atas panggung, tapi gugup kalau harus pidato dan bahasa Inggrisnya pas-pasan. Saya akui dia berani dan tidak malu mengungkap kelemahannya, dan dia mau belajar. Makanya, waktu di Puteri Indonesia 2024 katanya dia bangun paling pagi dan pulang paling malam karena ikut beberapa kelas dan pelatihan," tambahnya.

Hasilnya, Putri melanjutkan, ketika tampil di panggung, Tata mampu memukau penonton maupun juri sehingga mendapatkan penilaian terbaik. Hal itu juga dilakukannya ketika tampil di ajang Miss Supranational 2024.

Ā 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kemampuan Bahasa Inggris Harashta

Puteri Indonesia Harashta Haifa Zahra Raih Gelar Miss Supranational 2024.
Puteri Indonesia Harashta Haifa Zahra Raih Gelar Miss Supranational 2024.Ā  (Liputan6.com/Henry)

"Yang bikin kami, terutama saya merasa kagum, umurnya waktu itu baru 20 tahun, tapi pemikirannya sudah dewasa dan jauh ke depan. Terbukti dia tidak canggung lagi bicara di depan umum dan kemampuan bahasa Inggrisnya sudah jauh lebih bagus. Ini juga bisa jadi contoh dan inspirasi anak-anak Gen Z kalau mau meraih sesuatu itu tak ada yang instan, semuanya perlu proses, kerja keras dan dilakukan dengan sepenuh hati," tutur Putri.

Kemampuan bahasa Inggris Harastha juga diakui oleh mantan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak yang juga salah satu juri pemilihan Puteri Indonesia 2024.Ā  Waktu itu Emil mengaku diberi pesan untuk memberikan pertanyaan dalam bahasa Inggris kepada wanita berusia 21 tahun itu.

"Saya pikir ini mungkin buat mengetes sejauh mana kemanpuan bahasa Inggrisnya. Dan setelah saya beri pertanyaan, ternyata Tata bisa menjawab dengan sigap, cepat dan tepat. Kalau orang grogi atau kurang menguasai materinya, biasanya ada momen skip sejenak, tapi dia terkesan lugas dan lancar menjawabnya," ujar Emil.

"Kita juga bangga dengan Tata karena berhasil menjadi juara ajang internasional dan itu jelas bukan hal yang mudah. Yayasan Puteri Indonesia berhasil menunjukkan prestasinya. Prosesnya sungguh luar biasa dan tidak mudah. Tata terbukti berjuang dengan luar biasa dan karismanya terpancar. Semoga bisa jadi inspirasi buat kita semua," sambungnya.


Promosi Wisata Indonesia di Miss Supranational 2024

Harashta Haifa Zahra Jadi Puteri Indonesia 2024, Kalahkan DI Yogyakarta di Babak 2 Besar
Miss Supranational 2023 Andrea Aguilera, Miss International 2023 Andrea Rubio, dan Miss Charm 2023 Moura. (dok. Screenshoot Vidio.com SCTV)

Pujian juga datang dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno. Selain bangga dengan kemenangan Tata, Sandiaga juga berterima kasih karena ikut mempromosikan pariwisata Indonesia di ajang internasional.

"Ini alasan saya datang langsung ke sini padahal baru mendarat dariĀ Jenewa buat mempromosikan wisata Indonesia di Swiss. Tata juga melakukan hal yang sama dan pastinyya mendapat perhatian lebih karena dia jadi pemenang," ucap pria yang biasa disapa Sandi ini.

"Tadi Tata juga sempat cerita katanya dia cerita ke teman-temannya sesama finalis Miss Supranational tentang keindahan Labuan Bajo dan Pulau Komodo dan mereka pun banyak yang kemudian tahu kalau Indonesia bukan hanya Bali. Makanya, saya berterima kasih buat Tata yang sudah mempromosikan tempat wisata seperti Labuan Bajo yang termasuk destinasi super prioritas yang memang sedang gencar kita promosikan," tambahnya.

Kemenangan Tata mencetak sejarah. Ia menjadi pemenang Miss Supranational 2024 sekaligus menjadi Puteri Indonesia pertama yang memenangkan gelar tersebut selama keikutsertaan Indonesia dalam ajang yang berlangsung di Strzelecki Park Amphitheater, Nowy Sącz, Małopolska, Polandia, pada Sabtu, 6 Juli 2024, waktu setempat.


Finalis Paling Berbakat di Miss Supranational 2024

Harashta Haifa Zahra
Harashta Haifa Zahra saat dinobatkan jadi Miss Supranational 2024 di Strzelecki Park Amphitheater, Polandia, Sabtu 6 Juli 2024. (Dok. Diskominfo Bandung)

Di babak dua besar, Tata berhadapan dengan Miss Amerika Serikat Jenna Dykstra. Keduanya yang berdiri berhadapan saling menguatkan saat menunggu nama pemenang disebutkan. Tangis Harashta pecah, saat namanya dipanggil sebagai pemenang dalam ajang kontes kecantikan tersebut, menggantikan tugas Andrea Victoria Aguilera Paredes, pemenang tahun 2023.

"Ini tetap terasa tidak nyata dan aku tak sabar memenuhi tugasku sebagai Miss Supranational 2024 yang baru. Tahun ini akan menjadi sangat spesial dan hatiku dipenuhi oleh kebanggaan. Terima kasih untuk negaraku untuk dukungan kalian. Indonesia kita berhasil! Aku cinta kalian!" ucapnya setelah mendapat mahkota, dikutip dari akun Instagram resmi Miss Supranational, Minggu, 7 Juli 2024.

Selama ajang berlangsung, mahasiswi jurusan Teknik Lingkungan itu mengharumkan Indonesia karena dinobatkan menjadi finalis paling berbakat.Ā  Ia mendapat gelar "Supratalent 2024" yang diberikan pada 30 Juni 2024 selama mengikuti berbagai kompetisi di ajang tersebut. Wakil Indonesia itu memukau saat memainkan alat musik tradisional kecapi.

Wanita kelahiran Garut, Jawa Barat, 5 September 2003 itu juga membawakan lagu "Bubuy Bulan" yang merupakan tembang lawas. Ia juga mendapat pujian karena penampilannya saat membawakan tarian khas dari Indonesia.

Ā 

Infografis 4 Tren Kecantikan 2024
Infografis 4 Tren Kecantikan 2024.Ā  (Liputan.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya