Sukses Jadi Miss Supranational 2024, Harashta Haifa Zahra Bagikan Cara Tidak Emosian Hadapi Komentar Nyinyir

Kemenangan Harashta Haifa Zahra di Miss Supranational 2024 bak membungkam cibiran sejumlah warganet. Sebab sebelumnya wanita asal Bandung, Jawa Barat ini sempat mendapat banyak kritikan kala memenangi Puteri Indonesia 2024. Saat itu ia ramai disebut sebagai Puteri titipan dari Ridwan Kamil, lantaran mantan Gubernur Jawab Barat itu menjadi salah satu juri. N

oleh Henry diperbarui 20 Jul 2024, 19:00 WIB
Diterbitkan 20 Jul 2024, 19:00 WIB
Sukses Jadi Miss Supranational 2024, Harashta Haifa Zahra Bagikan Cara Agar Tidak Emosian Hadapi Komentar Nyinyir
Sukses Jadi Miss Supranational 2024, Harashta Haifa Zahra Bagikan Cara Agar Tidak Emosian Hadapi Komentar Nyinyir.  (liputan6.com/Henry)

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia mencatat sejarah baru dalam ajang kontes kecantikan internasional dengan kemenangan gemilang yang diraih oleh Harashta Haifa Zahra. Pemenang ajang Puteri Indonesia 2024 dinobatkan sebagai Miss Supranational 2024 yang digelar di Malopolska, Polandia pada 7 Juni 2024.

Kemenangan Harashta di ajang global ini bak membungkam cibiran sejumlah warganet. Sebab sebelumnya wanita asal Bandung, Jawa Barat ini sempat mendapat banyak kritikan kala memenangi Puteri Indonesia 2024.

Saat itu ia ramai disebut sebagai Puteri titipan dari Ridwan Kamil, lantaran mantan Gubernur Jawab Barat itu menjadi salah satu juri. Namun sejak dinobatkan sebagai Miss Supranational 2024 beragam cibiran sudah memang sudah mulai berkurang. Tapi tetap saja ada komentar bernada bullying di akun media sosialnya.

Namun Harashta tak mau repot menanggapinya dan membagikan cara agak tidak emosi menghadapi beragam cibiran. Wanita yang akrab disapa Tata ini memilih untuk tidak membaca komentar-komentar negatif yang masuk.

"Saya enggak pernah menanggapi bully-an. Saya juga enggak pernah membaca hate komen atau apa saja yang bernuansa negatif untuk saya," ucap Tata dalam acara konferensi pers dan Makan Malam utuk merayakan keberhasilannya menjuarai Miss Supranational 2024 di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Kamis, 18 Juli 2024.

Dibandingkan memusingkan komentar jahat yang justru bisa membuat mentalnya terpuruk, Tata lebih memilih untuk fokus mengerjakan hal-hal yang telah menjadi tugasnya. Cara ini, menurutnya cukup ampuh buat menanggapi berbagai komentar negatif yang diyakini bakal tetap bermunculan dalam situasi apa pun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tata Punya Mental Pemenang

Harashta Haifa Zahra
Harashta Haifa Zahra saat dinobatkan jadi Miss Supranational 2024 di Strzelecki Park Amphitheater, Polandia, Sabtu 6 Juli 2024. (Dok. Diskominfo Bandung)

"Untuk menanggapinya saya enggak baca, saya terus doing my thing dan memberikan yang terbaik, spread love for everyone," katanya. Ia menambahkan, segala sesuatu akan berjalan dengan benar selama ia mengerjakannya dengan sungguh-sungguh, tak peduli sejahat apa pun komentar yang ditujukan untuknya.

Cara itu sepertinya berhasil karena banyak yang mengakui mental Tata semakin kuat dan bahkan disebut punya mental pemenang oleh presiden Miss Supranational Organization Gerhard Parzutka Von Lipinski yang menyempatkan datang ke acara makan malam tersebut.

"Tata itermasuk wanita yang unik dan menjadi diri sendiri. Tata membawa keindahan negaranya kepada dunia. Dia membawakannya dengan penuh percaya diri. Sejak awal ia sudah terlihar punta mental pemenang yang sangat kuat," tutur Gerhard.

Sementara itu saat Tata berhasil jadi pemenang Miss Supranational 2024, Ridwan Kamil balik menyindir warganet yang sebelumnya mencibir Harashta.

"DEAR NETIZEN JULID, Noh yang katanya @harashtata perwakilan Jawa Barat, menang Puteri Indonesia 2024, tidak objektif karena saya jadi salah satu jurinya, semalam ia JUARA DUNIA di forum @misssupranational di Polandia," tulis Ridwan Kamil, dalam unggahan di akun Instagramnya, 7 Juli 2024.

 


Ridwan Kamil Buktikan Keputusan Juri Sangat Tepat

Puteri Indonesia Harashta Haifa Zahra Raih Gelar Miss Supranational 2024.
Puteri Indonesia Harashta Haifa Zahra Raih Gelar Miss Supranational 2024.  (Liputan6.com/Henry)

Bagi pria yang akrab disapa Kang Emil itu, kemenangan Tata menjadi bukti bahwa penilaian juri memang objektif. "Pertama kali untuk Indonesia. Saya memilihnya karena memang dia yang terbaik. 7 juri lainnya juga sama pemikirannya," tulisnya lagi.

"Dan terbukti keputusan juri ini dibayar dengan keberhasilannya sebagai juara dunia," sambungnya. Di akhir unggahannya, Kang Emil menunjukkan rasa bangganya dan memberi selamat pada Tata. Tak lupa ia menyematkan kata-kata mutiara.

"Kata2 hari ini: 'Jawaban terbaik terhadap cibiran adalah menjawabnya dengan prestasi.' Hatur Nuhun," tutupnya.

Kemenangan Tata mencetak sejarah. Ia menjadi pemenang Miss Supranational 2024 sekaligus menjadi Puteri Indonesia pertama yang memenangkan gelar tersebut selama keikutsertaan Indonesia dalam ajang yang berlangsung di Strzelecki Park Amphitheater, Nowy Sącz, Małopolska, Polandia, pada Sabtu, 6 Juli 2024, waktu setempat.

Di babak dua besar, Tata berhadapan dengan Miss Amerika Serikat Jenna Dykstra. Keduanya yang berdiri berhadapan saling menguatkan saat menunggu nama pemenang disebutkan. 


Finalis Paling Berbakat di Miss Supranational

Profil Puteri Indonesia 2024 Harashta Haifa Zahra, Mahasiswi Teknik Lingkungan yang Giat Advokasi soal Sampah
Malam final Pemilihan Puteri Indonesia 2024 di JCC, Jakarta Pusat, Jumat, 8 Maret 2024. (dok. Screenshoot Vidio.com SCTV)

Tangis Harashta pecah, saat namanya dipanggil sebagai pemenang dalam ajang kontes kecantikan tersebut, menggantikan tugas Andrea Victoria Aguilera Paredes, pemenang tahun 2023.

"Ini tetap terasa tidak nyata dan aku tak sabar memenuhi tugasku sebagai Miss Supranational 2024 yang baru. Tahun ini akan menjadi sangat spesial dan hatiku dipenuhi oleh kebanggaan. Terima kasih untuk negaraku untuk dukungan kalian. Indonesia kita berhasil! Aku cinta kalian!" ucapnya setelah mendapat mahkota, dikutip dari akun Instagram resmi Miss Supranational, Minggu, 7 Juli 2024.

Selama ajang berlangsung, mahasiswi jurusan Teknik Lingkungan itu mengharumkan Indonesia karena dinobatkan menjadi finalis paling berbakat. Ia mendapat gelar "Supratalent 2024" yang diberikan pada 30 Juni 2024 selama mengikuti berbagai kompetisi di ajang tersebut. Wakil Indonesia itu memukau saat memainkan alat musik tradisional kecapi.

Wanita kelahiran Garut, Jawa Barat, 5 September 2003 itu juga membawakan lagu "Bubuy Bulan" yang merupakan tembang lawas. Ia juga mendapat pujian karena penampilannya saat membawakan tarian khas dari Indonesia.

 

Infografis 7 Tips Bijak Gunakan Media Sosial. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 7 Tips Bijak Gunakan Media Sosial. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya