Masjid Dian Al Mahri Menjadi Obyek Wisata

Masjid Dian Al Mahri atau masjid kubah emas di Limo, Depok, Jabar, semakin ramai dikunjungi umat Islam dari berbagai daerah. Ada yang menggelar pengajian atau sekedar ingin melihat kemegahan masjid.

oleh Liputan6 diperbarui 01 Apr 2007, 20:42 WIB
Diterbitkan 01 Apr 2007, 20:42 WIB
010407cmasjid.jpg
Liputan6.com, Depok: Kemegahan Masjid Dian Al Mahri atau masjid Kubah Emas di Limo, Depok, Jawa Barat, tidak diragukan lagi. Sesuai dengan namanya, sebelah kubah pada masjid ini memang terbuat dari emas 24 karat. Lima kubah utama melambangkan rukun Islam, yang terletak di atas bangunan masjid. Dan keenam kubah lainnya sebagai atap menara masjid adalah lambang rukun iman.

Selain itu, relief hiasan di atas tempat imam juga terbuat dari emas 18 karat. Begitu juga pagar di lantai dua dan hiasan kaligrafi di langit-langit masjid. Sedangkan mahkota pilar masjid yang berjumlah 168 buah berlapis bahan prado atau sisa emas.

Kini, masjid yang diklaim sebagai masjid termegah di Asia Tenggara ini, semakin ramai dikunjungi oleh umat Islam dari berbagai daerah. Ada yang menggelar pengajian atau sekadar ingin membuktikan kemegahan masjid ini.

Adapun masjid kubah emas berdiri di dalam sebuah kompleks dengan lahan seluas 70 hektare dan dikelola oleh sebuah yayasan swasta. Masjid ini terbuka bagi siapapun yang akan melaksanakann ibadah.(BOG/Teguh Dwi Hartono)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya