Pemondokan Haji Indonesia Setara Hotel Bintang 3

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) hanya akan menggunakan pemondokan sekelas hotel bintang III.

oleh Taufiqurrohman diperbarui 04 Mar 2014, 13:40 WIB
Diterbitkan 04 Mar 2014, 13:40 WIB
anggito-abimanyu-140217b.jpg

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Agama tidak akan memakai jasa pemondokan lagi untuk jemaah haji Indonesia kepada warga Arab Saudi. Ini akan diberlakukan kepada mereka yang melanggar perjanjian atas fasilitas yang diberikan.

"Standar kami sekelas hotel bintang 3. Pemondokan yang di bawah standar pasti kami diskualifikasi. Jadi, yang melanggar perjanjian atau wanprestasi (prestasi buruk) sudah kami ketahui," kata Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama Anggito Abimanyu dalam Press Conference dan Press Tour Perhajian, Cirebon, Jawa Barat, Selasa (4/3/2014).

Maka itu, Kementerian Agama akan terus mengevaluasi langsung pemondokan tersebut. Hal ini guna mengetahui pemondokan mana saja yang tersedia fasilitas seperti pendingin ruangan, keamanan, dan lainnya. Tujuannya, untuk meminimalisir hal yang tidak diinginkan.

"Yang pasti tidak akan lagi. Kami terima penawaran yang bagus tapi kenyataannya tidak. Kita terus lakukan evaluasi," ujar mantan Kepala Badan Kebijakan Fiskal era Menteri Keuangan Sri Mulyani ini.

Anggito mengakui, memang tahun-tahun sebelumnya selalu terjadi wanprestasi terkait pemondokan jemaah haji. Maka itu persoalan tersebut selalu menjadi 'Pekerjaan Rumah alias PR' pihaknya agar terus memperbaikinya.

"Ya, itu setiap tahun seperti itu menjadi kebiasaan. Nah, tahun ini akan kita maksimalkan tidak terjadi lagi. Tahun kemarin juga, karena kita waktunya mepet ya. Tapi jangan lah terjadi lagi," pungkas Anggito. (Ismoko Widjaya)

Baca juga:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Menteri Agama: Pemotongan Kuota Haji Hingga 2016

Cegah Penyimpangan Dana Haji, DPR Ingin Ada Lembaga Khusus

Menteri Agama Bahas Kenaikan Biaya Ibadah Haji 2014

Setoran Awal Ongkos Haji Naik Jadi Rp 30 Juta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya