Isu Suap Hakim Gayus, Deddy Corbuzier Diperiksa KY Pekan Depan

Pembawa acara 'Hitam Putih' itu akan diminta keterangannya terkait bukti dugaan transfer uang ke hakim agung Gayus Lumbuun.

oleh Oscar Ferri diperbarui 14 Mar 2014, 13:36 WIB
Diterbitkan 14 Mar 2014, 13:36 WIB
Setelah Polisikan Deddy Corbuzier, Gayus Lumbuun Ngadu ke Komisi Yudisial
Gayus Lumbuun akan mengadukan kasusnya kepada Komisi Yudisial, terkait tuduhan dirinya menerima suap sebesar Rp700 juta dari Julia Perez.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Yudisial (KY) menjadwalkan pemeriksaan terhadap mentalis, Deddy Corbuzier. Pembawa acara 'Hitam Putih' itu akan diminta keterangannya sebagai saksi terkait bukti dugaan transfer uang dari artis Julia Perez kepada Hakim Agung Gayus Lumbuun. Rencananya, Deddy akan diperiksa pada Kamis 20 Maret mendatang.

"Deddy itu diundangnya Rabu kemarin, tapi nggak datang dengan alasan nggak mau datang sendiri. Dia minta datang sama tim kreatifnya tanggal 20 Maret. Ya kita ikuti saja," kata Komisaris KY, Taufiqurahman di gedung KY, Jakarta, Jumat (14/3/2014).

Pria yang akrab disapa Taufiq itu mengatakan, keterangan Deddy diperlukan untuk jadi bahan pertimbangan KY. Sebab, jika memang tidak terbukti, nama Gayus Lumbuun sebagai Hakim Agung harus dibersihkan.

"Fokus kita klarifikasi. Ini kan Pak Gayus difitnah yang mengatasnamakan Jupe kirim uang ke rekening Gayus Rp 700 juta. Nama Gayus sebagai hakim agung direndahkan," kata Taufiq.

Gayus sendiri telah melaporkan ke KY terkait permasalahan ini. Lantaran dalam acara 'Hitam Putih' beberapa waktu lalu, Deddy bicara adanya transfer uang dari Jupe ke Gayus. Tak cuma itu, Deddy juga menunjukkan selembar kertas bukti transferan.

Padahal, kata Taufiq, secara etika hal tersebut tidak boleh dipublikasikan, karena belum terbukti secara hukum Gayus menerima uang dari Jupe.

"Di acara itu Deddy ngomong. Itu kan masih diduga, belum ada bukti secara hukum, harusnya tidak boleh dipublikasi. Harusnya juga nama-nama tidak disebutkan, atau kalau mau pakai inisial kalau mau tetap mempublikasi soal transferan. Tetap harus ada etikanya dalam penyiaran karena itu kan ditonton banyak orang," ucapnya.

Julia Perez alias Jupe yang pernah bermasalah hukum dengan Dewi Perssik telah terlebih dulu dipanggil oleh KY. Pemanggilan Jupe oleh KY guna dimintai keterangan awal masalah serta perihal bukti transferan ke Gayus Lumbuun. (Ismoko Widjaya)

Baca juga:

Komisi Yudisial Tunda Pemeriksaan Deddy Corbuzier
Dihadapan Gayus Lumbuun, Deddy Corbuzier Ngaku Siap Diperiksa Polisi
Minta Maaf ke Gayus Lumbuun, Deddy Corbuzier Ogah Bertemu Media

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya