Polisi Cilik Sambut Kapolda Metro Jaya Baru

Selain karangan bunga, sejumlah penari tarian daerah dan polisi cilik juga turut meramaikan acara pisah sambut Kapolda Metro Jaya hari ini.

oleh Tia Fitriyyah diperbarui 18 Mar 2014, 10:29 WIB
Diterbitkan 18 Mar 2014, 10:29 WIB
 Sertijab Kapolda Metro Jaya dari Irjen Putut Eko Bayuseno (kiri) ke Irjen Dwi Priyatno (kanan)
Sertijab Kapolda Metro Jaya dari Irjen Putut Eko Bayuseno (kiri) ke Irjen Dwi Priyatno (kanan) (Antara/Muhammad Adimaja)

Liputan6.com, Jakarta - Serah terima jabatan (sertijab) Kapolda Metro Jaya dari Irjen Pol Putut Eko Bayuseno kepada Irjen Pol Dwi Priyatno digelar petang ini di Mabes Polri, Jakarta. Acara tersebut akan dilanjutkan ke Mapolda Metro Jaya sebagai acara lepas sambut kapolda baru.

Berbagai macam bunga telah dipersiapkan untuk acara tersebut. Tarian daerah dan polisi cilik pun sudah dipersiapkan guna meramaikan acara diselenggarakan di lapangan lantas Polda Metro Jaya itu. Usai pelantikan, akan dilanjutkan ramah tamah kapolda baru, serta keliling di Mapolda Metro Jaya.

"Pelantikan di lapangan Lantas. Serah terima jabatan. Ramah tamah. Pukul 13.00 WIB persiapan, pukul 15.00 WIB upacara dimulai. Dari BPMJ (Balai Pertemuan Metro Jaya) mulai keliling, arak-arakan dan tabur bunga," ujar anggota Polda Metro Jaya Briptu Sudin di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (18/3/2024).

Hal senada juga disampaikan anggota Polda Metro Jaya lainnya, Briptu Reza AD. Menurutnya, acara ini terbilang cukup ramai dari pelantikan sebelumnya. Kali ini juga berbeda, karena selain dipersiapkan tarian daerah dan polisi cilik, juga digelar tabur bunga.

"Acaranya akan berlasung cukup ramai, pelepasan dan penyambutan pimpinan yang kali ini ada tabur bunga, tarian daerah dan polisi ciliknya juga," kata Reza.

Kapolri Jenderal Sutarman telah melantik Kepala Badan Pemelihara Keamanan Mabes Polri (Baharkam) Irjen Putut Eko Bayu Seno, menggantikan Komjen Pol Badrodin Haiti yang ditunjuk sebagai Wakapolri. Selain itu, Sutarman juga mengganti 4 kapolda baru.

Putut yang sebelumnya menjabat Kapolda Metro Jaya, diganti Irjen Dwi Priyatno yang menjabat Kapolda Jawa Tengah. Posisi Dwi digantikan Brigjend Noer Ali yang saat ini menjabat Kapolda Sumatera Barat (Sumbar). Sedangkan posisi Kapolda Sumbar ditempati Brigjen Bambang Sri Herwanto yang saat ini menjabat Karosunluhkum Divkum Polri.

Selain 4 Kapolda, Kapolri juga menarik Brigjen Budi Hartono Untung yang saat ini menjadi Kapolda Bangka Belitung. Budi ditempatkan sebagai pejabat Widya Iswara di Sespim Polri. Posisi Budi di Babel digantikan Brigjen Gatot Subyaktoro yang saat ini menjadi Direktur Tindak Pidana tertentu di Bareskrim Polri.

Penunjukan Putut sebagai Kabaharkam dan pergantian sejumlah Kapolda, berdasarkan Surat Telegram Kapolri nomor STR/539/III/2014 tertanggal 7 Maret 2014. (Ismoko Widjaya)

Baca juga:

Kapolri Lantik Irjen Putut Jadi Kabaharkam

Kapolda Baru, Lembaga Pengamat Polisi: Ada 9 Tugas Berat!

Kapolda Metro Dapat Promosi Jabatan Menjadi Kabaharkam

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya