Saksi Sebut Boediono Inginkan Dana FPJP Dikucurkan ke Century

Dalam kesaksian mantan Deputi Pengawasan BI Zainal Abidin menyebutkan, Wapres Boediono menginginkan FPJP dikucurkan ke Bank Century.

oleh Oscar Ferri diperbarui 04 Apr 2014, 18:30 WIB
Diterbitkan 04 Apr 2014, 18:30 WIB
Pradjoto
Pemakzulan Wapres Boediono

Liputan6.com, Jakarta - Pengadilan Negeri Tipikor Jakarta, kembali menggelar sidang kasus dugaan korupsi pemberian Fasilitas Pendanaan Jangka Pendek (FPJP) dan penetapan Bank Century sebagai bank gagal berdampak sistemik dengan terdakwa Budi Mulya. Dalam sidang ini mantan Deputi Pengawasan Bank Indonesia (BI) Zainal Abidin hadir sebagai saksi.

Dalam kesaksiannya, Zainal menyebut nama mantan Gubernur BI, Boediono. Menurut Zainal, Wakil Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu merupakan orang yang menginginkan FPJP dikucurkan kepada Bank Century. Kesaksian itu diungkap Zainal usai ditanya majelis hakim.

"Siapa yang menginginkan pemberian FPJP pada Bank Century?" kata Ketua Majelis Hamim Afiantara di muka sidang PN Tipikor, Jakarta, Jumat (4/4/2014).

"Yang menginginkan (pemberian FPJP) tentu pak gubernur BI (Boediono)," kata Zainal menjawab.

Padahal, kata Zainal, Bank Century tidak memiliki rasio kecukupan modal (CAR) untuk diberi FPJP. Ia menyebut, ada sejumlah pihak mendukung keinginan Boediono mengucurkan dana FPJP. Mereka adalah Deputi Gubernur BI Bidang V Muliaman Hadad Deputi Gubernur Senior BI Miranda Swaray Gultom Deputi Gubernur BI Bidang VI Siti Fadjriah, dan Deputi Gubernur BI Bidang VII Budi Rochadi.

Dalam dakwaan Budi Mulya, Wapres Boediono disebut bersama-sama terdakwa Budi Mulya melakukan penyalahgunaan wewenang atau perbuatan melawan hukum, terkait pemberian Fasilitas Pendanaan Jangka Pendek (FPJP) kepada Bank Century selama 2008-2009.

Boediono yang saat itu menjabat sebagai Gubernur BI disebut-sebut mengikuti beberapa kali Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI. Di mana pada akhirnya dalam rapat-rapat RDG tersebut, diputuskan kesepakatan rekayasa agar Bank Century mendapatkan FPJP.

Baca juga:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Bersaksi, Sepupu Robert Tantular Akui Century Diambil Alih LPS

Sepupu Robert Tantular Sebut Ada Dana Budi Sampoerna di Century

PPI: Kasus Bank Century Layak Kena Pasal Pencucian Uang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya