Warga Papua Undang Jokowi Hadiri Perayaan Natal

Jokowi meminta agar Papua dapat dijadikan contoh dalam toleransi beragama di Indonesia.

oleh Katharina Janur diperbarui 24 Sep 2014, 17:54 WIB
Diterbitkan 24 Sep 2014, 17:54 WIB
papua

Liputan6.com, Jayapura - Jelang pelantikan Presiden terpilih Jokowi-JK pada 20 Oktober 2014 mendatang, masyarakat Papua menggelar syukuran. Mereka melakukannya dengan cara ibadah syukur dan barapen atau menyantap makanan yang dimakan dengan cara bakar batu.

Makanan yang disajikan dari bakar batu itu antara lain daging babi, umbi-umbian, jagung dan sayur mayur. Makanan dibagikan kepada 500-an warga yang telah datang ke Lapangan Trikora, Abepura, Rabu (24/9/2014) dan disantap bersama.

Ibadah syukur hari ini ditandai dengan sambungan telepon jarak jauh antara perwakilan masyarakat adat Papua dengan Jokowi. Para tokoh masyarakat Papua yang hadir terdiri dari Ketua Sinode GKI di Tanah Papua Pendeta Albert Yoku, Ketua Lembaga Masyarakat Adat Papua Lenis Kogoya, Mama Papua yang di wakilkan Mama Ester Mina Antoh, tokoh pemuda Isak Rumbara.

Dalam telepon tersebut sejumlah masyarakat adat meminta Jokowi tetap ada di hati masyarakat Papua. Salah satunya dengan memperhatikan nasib pedagang asli Papua yang saat ini tak memiliki tempat permanen untuk menjual hasil dagangannya.

Dalam perbincangan itu, Jokowi berjanji akan memprioritaskan pembangunan pasar bagi mama Papua. "Kami juga berharap ada anak asli Papua yang duduk dalam kementerian. Kami juga minta agar Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat (UP4B) dibubarkan, sebab tak memberikan kontribusi apapun untuk masyarakat Papua," ujar Pendeta Albert Yoku.

Albert dalam percakapannya dengan Jokowi juga meminta agar Papua dapat dijadikan contoh dalam toleransi beragama. "Kami juga berharap Pak Jokowi dapat merayakan natal bersama dengan masyarakat Papua tahun ini," pinta dia.  

Ketua Barisan Relawan Jokowi Presiden, Yakoba Lokbere mengatakan selama ini belum ada presiden yang dekat di hati masyarakat Papua. "Jokowi adalah presiden yang dekat dengan masyarakat Papua. Kami ingin dia seperti itu terus, memperhatikan masyarakat Papua," ungkap Yakoba.

Dalam upacara syukuran yang dipenuhi dengan tarian Yospan, tarian khas Papua, Ketua Forum Agama di Papua Pendeta Lipius Biniluk berharap Jokowi dapat membangun Papua dengan hati yang tulus.

"Masyarakat Papua butuh restorasi moral, sehingga tercipta masyarakat yang saling mengasihi dan terbuka satu sama lain. Jadikanlah Papua menjadi orang Indonesia yang sesungguhnya," pungkas Lipius. (Ein)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya