Eks Gubernur Apresiasi Jokowi Berhasil Wujudkan Pemerataan Infrastruktur di Riau 

Pembangunan jalan tol di Provinsi Riau dinilai membawa dampak positif pada sejumlah sektor, antara lain ekonomi, pendidikan, kesehatan, hingga kesejahteraan masyarakat.

oleh Liputan6.com diperbarui 18 Okt 2022, 09:24 WIB
Diterbitkan 17 Okt 2022, 18:44 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau ruas Tol Pekanbaru-Dumai seksi 1 pada Jumat, 21 Februari 2020 ini.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau ruas Tol Pekanbaru-Dumai seksi 1 pada Jumat, 21 Februari 2020 ini. Liputan6.com/Athika Rahma

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengapresiasi keberhasilan Presiden Joko Widodo atau Jokowi mewujudkan pemerataan infrastruktur di daerahnya. Andi, sapaan akrabnya, mengatakan bahwa pembangunan infrastruktur begitu masif di era pemerintahan Jokowi.

Andi menyoroti keberhasilan Jokowi merealisasikan pembangunan jalan tol di Riau yang membawa dampak positif bagi kemajuan daerah. Keberadaan jalan tol tersebut dapat melancarkan proses mobilisasi kendaraan dan barang.

“Infrastruktur dari Pak Jokowi ini luar biasa. Kenapa saya sampaikan luar biasa, tadi saya sampaikan bukti-bukti yang ada di Riau, infrastruktur Riau ada tol. Sedang dibangun segera ruas Pekanbaru-Bekinang, Pekanbaru-Pangkalan, dan ke selatan nantinya,” ujar Andi dala keterangan tertulis, Senin (17/10/2022).

Andi yang kini menjabat sebagai anggota Komisi II DPR RI ini mengungkapkan bahwa kehadiran tol Riau ini berdampak pada kemajuan seluruh sektor. Terutamanya pada sektor ekonomi, pendidikan, dan kesehatan.

“Infrastruktur tol ini kita buktikan bagaimana ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan masyarakat menjadi berkembang dan menjadi lebih baik,” tutur politikus Golkar ini.

Presiden Jokowi diketahui membangun ruas jalan tol di Riau sepanjang 616 kilometer. Dengan kehadiran tol tersebut, Riau akan menjadi episentrum yang terhubung dengan Jambi, Sumatera Barat, dan Sumatera Utara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tol Pekanbaru-Bangkinang Siap Diresmikan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peninjauan proyek Tol Pekanbaru-Bangkinang
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peninjauan proyek Tol Pekanbaru-Bangkinang (dok: PUPR)

Sementara itu, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaporkan kesiapan dua ruas Jalan Tol Trans Sumatera untuk diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kepala BPJT Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan, ruas Tol Pekanbaru-Bangkinang dan Tol Bengkulu-Taba Penanjung sudah mengantongi sertifikat Uji Laik Operasi (ULO).

Selanjutnya, peresmian kedua ruas Jalan Tol Trans Sumatera itu itu tinggal menunggu jadwal dari Jokowi.

"Sampai akhir tahun ini kita harapkan yang sudah mendapatkan sertifikat Uji Laik Operasi ada Pekanbaru-Bangkinang, mungkin yang paling promising itu," ujar dia di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (5/10/2022).

"Yang lain Bengkulu-Taba Penanjung, itu kan sudah dioperasikan. (Kapan diresmikan?) Tergantung jadwal Presiden," kata Danang.

Adapun PT Hutama Karya (Persero) selaku pengelola Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 40 km tengah menunggu proses peresmian ruas tol tersebut oleh Jokowi.

Project Director Tol Pekanbaru-Bangkinang Bambang Eko mengatakan, pihaknya telah menyelesaikan 30,7 km ruas Tol Pekanbaru-Bangkinang, yang menghubungkan on/off ramp STA 9+300 hingga Gerbang Tol (GT) Bangkinang.

"Statusnya udah oke ya, jadi kita udah siap. Panjang total kita 40 km, sedangkan yang sudah siap 31 km. Sudah mendapat uji laik fungsi (ULF) dari Kementerian Perhubungan dan sertifikat laik operasi (SLO) dari Bina Marga (Kementerian PUPR)," terangnya di on/off ramp STA 9+300, Kabupaten Kampar, Riau beberapa waktu lalu.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya