Kedubes AS Keluarkan Peringatan untuk Warganya di Surabaya

Kedubes AS untuk Indonesia di Jakarta mengeluarkan peringatan keamanan bagi warganya yang tinggal atau tengah berada di Surabaya.

oleh Rinaldo diperbarui 03 Jan 2015, 23:28 WIB
Diterbitkan 03 Jan 2015, 23:28 WIB
[FOTO] 3 Bulan di Indonesia, Dubes AS Datangi KPK
Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Robert Blake (Liputan6.com/Faisal R Syam).

Liputan6.com, Jakarta - Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia di Jakarta mengeluarkan peringatan keamanan bagi warganya yang tinggal atau tengah berada di Surabaya, Jawa Timur.

"Kedutaan Besar Amerika Serikat menyadari adanya potensi ancaman terkait hotel-hotel dan bank-bank di Surabaya, Indonesia, yang dianggap punya hubungan dengan AS," tulis Kedutaan AS dalam pernyataan di situsnya, Sabtu (3/1/2015).

Namun, tak ada penjelasan lebih lanjut tentang ancaman yang ada sehubungan dengan peringatan tersebut. Kedubes AS hanya menganjurkan untuk berhati-hati saat warganya mengunjungi tempat-tempat tersebut.

"Kedutaan AS merekomendasikan peningkatan kewaspadaan dan kehati-hatian saat mengunjungi fasilitas-fasilitas tersebut," lanjut pernyataan tersebut.

Sebelumnya, pemerintah AS menganggap Indonesia berhasil memberantas kelompok militan lokal menyusul serangan pada 2000-an yang menyasar warga negara asing dan fasilitas-fasilitas asing. Apalagi pihak kepolisian kemudian menangkap dan melumpuhkan sejumlah petinggi kelompok tersebut.

Namun, kekhawatiran baru muncul ketika sejumlah warga Indonesia dikabarkan bergabung dengan kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Polri bahkan memastikan bahwa ada 110 WNI yang pergi ke Timur Tengah untuk bergabung dengan kelompok tersebut. (Ado/Ans)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya