Menkopolhukam: Pengungsi Rohingya Akan Ditangani dengan Baik

Untuk dana bagi pembiayaan ribuan pengungsi itu, jelas Tedjo, nantinya akan dibiayai oleh International Organization for Migration.

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 22 Mei 2015, 01:23 WIB
Diterbitkan 22 Mei 2015, 01:23 WIB
Tedjo Edhy Purdijatno
Tedjo Edhy Purdijatno (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia telah memutuskan menampung ribuan pengungsi Rohingya asal Myanmar yang telah memasuki wilayah Tanah Air. Selama satu tahun ke depan Indonesia akan menampung ribuan pengungsi tersebut..

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Tedjo Edhi Purdijatno menegaskan, ribuan pengungsi Rohingya yang sudah masuk ke Indonesia, khususnya di Aceh, akan ditangani secara baik.

"Ini akan ditangani secara kemanusiaan dengan melibatkan pemda, pemerintah pusat dan UNHCR. Tapi kita tidak mengundang mereka masuk ke sini. Yang sudah masuk akan ditangani secara baik, secara kemanusiaan," kata Tedjo di Kejaksaan Agung, Jakarta, Kamis (21/5/2015).

Ia menjelaskan, ribuan pengungsi itu juga akan dikoordinir dengan baik. Sehingga tidak menimbulkan masalah sosial di tengah masyarakat. Saat ini, para pengungsi itu sudah ditempatkan di lokasi yang sudah disediakan.

Untuk dana bagi pembiayaan ribuan pengungsi itu, jelas Tedjo, nantinya akan dibiayai oleh International Organization for Migration (IOM). Tetapi untuk saat ini, pembiayaan masih ditangani pemerintah pusat dan daerah setempat.

"Kalau sekarang ini masih didanai pusat dan daerah, itu akan ada penggantian," jelas Tedjo. (Ado)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya