‎Kapolri Pastikan Ledakan di Mal Alam Sutera Bom Rakitan

Kapolri menyatakan bahan yang digunakan pada bom tersebut mudah didapatkan di pasaran.

oleh Nafiysul Qodar diperbarui 10 Jul 2015, 20:57 WIB
Diterbitkan 10 Jul 2015, 20:57 WIB
20150707-Kapolri badrodin
Kapolri Jenderal Badrodin Haiti.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Badrodin Haiti memastikan penyebab ledakan di Mal Alam Sutera, Serpong, Tangerang, Banten, Kamis 9 Juli kemarin. ‎Dari hasil uji laboratorium forensik dan olah tempat kejadian perkara, dipastikan ledakan tersebut disebabkan bom rakitan.

"Setelah pemeriksaan laboratorium forensik dan olah TKP, menunjukkan bahwa itu betul disebabkan bom rakitan, tapi bahannya tidak banyak sehingga dampaknya tidak luas," kata Badrodin saat buka puasa bersama awak media di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Jumat (10/7/2015).

Mantan Kapolda Banten ini menyatakan, bom rakitan yang meledak di Mal Alam Sutera ini mempunyai kemiripan dengan ledakan yang terjadi di Cibiru, Bandung, Jawa Barat. Namun pihaknya belum dapat memastikan apakah pelakunya juga sama.

"Fokus kita sekarang pada kelompok radikal ini. Perlu pendalaman siapa pelakunya yang saat ini sedang dipelajari melalui rekaman CCTV-nya," imbuh dia.

Badrodin juga menuturkan ‎bahwa bahan yang digunakan untuk membuat bom rakitan itu cukup mudah didapat di pasaran. Karena itu, pihaknya meminta agar ada pengawasan ketat terhadap jual-beli bahan-bahan kimia itu.

"Nah, ini mungkin dari Labfor dan Densus 88 dalam kaitannya mengusut mengapa bahan-bahan ini bisa dijual di pasaran dengan bebas tanpa pengawasan," tutup Badrodin. (Cho/Ado)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya