Rapat Tertutup, Komisi I DPR-BIN Bahas Aceh dan Papua

"Permasalahan intelijen itu juga jadi pembahasan kita," ujar Tantowi.

oleh Taufiqurrohman diperbarui 28 Sep 2015, 14:07 WIB
Diterbitkan 28 Sep 2015, 14:07 WIB
Tantowi Yahya
Tantowi Yahya (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Komisi I DPR menggelar rapat tertutup dengan Badan Intelijen Negara (BIN) ‎membahas isu aktual dan berbagai kasus di Aceh dan Papua. Kepala BIN Letjen (Purn) TNI Sutiyoso belum mau berkomentar terkait pembahasan yang akan dibicarakan dengan Komisi I DPR.

‎Wakil Ketua Komisi I DPR Tantowi Yahya mengatakan, rapat kerja dengan BIN ini penting untuk mendeteksi isu-isu aktual khususnya di Aceh dan Papua agar bisa mencari solusi dini.

"Kita raker dengan BIN mengenai isu terkini yang aktual, mengenai intelijen, tupoksi intelijen, salah satunya situasi terkini di Papua dan Aceh dan di beberapa tempat lain," kata Tantowi di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (28/9/2015).

Selain itu, politisi Partai Golkar ini berujar, hal lain yang akan dibahas dalam raker tertutup ini adalah mengenai berbagai permasalahan intelijen yang belum tuntas dibahas dalam raker sebelumnya.

"Permasalahan intelijen itu juga jadi pembahasan kita," ujar Tantowi.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq menjelaskan, raker akan berfokus pada penanganan masalah separatisme yang terjadi di Indonesia, seperti yang marak terjadi di Papua.

"Sedangkan isu Aceh akan didiskusikan soal perkembangan yang terjadi, terutama setelah sekian tahun kesepakatan Helsinski yang sudah berjalan," kata Mahfudz sesaat sebelum menyatakan rapat dengan BIN digelar tertutup. (Ron/Mut)

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya