Oknum Bobotoh Ini Dilaporkan Hilang Ternyata Curi Motor

Seorang simpatisan Persib dilaporkan hilang usai menonton pertandingan yang digelar di Stadiun Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

oleh Nafiysul Qodar diperbarui 21 Okt 2015, 21:00 WIB
Diterbitkan 21 Okt 2015, 21:00 WIB
20151018-Bobotoh-Jakarta
Ribuan Bobotoh membuat biru kawasan SUGBK, Jakarta, Minggu (18/10/2015). Kedatangan Bobotoh untuk mendukung Persib Bandung melawan Sriwijaya FC di Final Piala Presiden 2015 (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Kisah tentang para suporter klub sepak bola Persib, yakni Bobotoh masih berlanjut. Meskipun final Piala Presiden 2015 telah usai dan kasus penyerangan yang mereka alami di Jakarta telah dalam pengusutan.

Seorang simpatisan Bobotoh dilaporkan hilang usai menonton pertandingan yang digelar di Stadiun Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Minggu 18 Oktober 2015 lalu itu.

Belakangan terungkap, simpatisan Bobotoh tersebut ternyata ditahan di Mapolsek Menteng, Jakarta Pusat. Pria yang diketahui bernama Agus Purnomo (19) itu kepergok hendak mencuri sepeda motor di Jalan Kudus, Nomor 22, Menteng, Jakarta Pusat pada Senin 19 Oktober 2015 sekitar pukul 05.30 WIB.

Aksi itu diduga dilakukan setelah menonton tim kesayangannya, Persib berlaga melawan Sriwijaya FC di SUGBK.

Kanit Reskrim Polsek Menteng AKP Ridwan Soplanit menuturkan, saat itu pelaku terlihat mondar-mandir di sekitar warung milik korban, yakni Setyo Pamuji (24). Pelaku kemudian menaiki motor Suzuki Satria milik korban yang terparkir di depan warungnya.

"Pelaku tiba-tiba saja menaiki motor korban. Lalu mencoba menyalakan motor tersebut dengan disela (engkol). Namun tidak bisa," ujar Ridwan di Mapolsek Metro Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (21/10/2015).

Melihat motornya diutak-atik orang tak dikenal, sambung dia, Setyo kemudian mendekati pelaku dan menegurnya.

"Korban nanyain ke pelaku, 'Itu motor lu?' Pelakunya jawab, 'Iya motor saya.' Tapi saat ditanya STNK, pelaku ngakunya ketinggalan di rumah," terang dia.

Setyo, sambung Ridwan, lantas mengeluarkan STNK motornya tersebut. Sadar aksinya tengah dipergoki si pemiliki motor, pelaku sontak melarikan diri. Namun upayanya gagal lantaran warga sekitar langsung mengejar pelaku begitu mendengar teriakan korban. Pelaku kemudian ditangkap dan dihajar massa.

"Saat itu pelaku langsung kabur. Tapi pelaku berhasil ditangkap dan dihajar massa di dekat pos RT 16 di Jalan Kudus," tutur Ridwan.

Bobotoh yang Hilang?

Ridwan mengaku masih mendalami kebenaran pengakuan Agus yang mengaku merupakan anggota Bobotoh yang dilaporkan hilang. Ini karena jawaban Agus kerap ngelantur saat diinterogasi.

"Masih dikonfirmasi dengan tahanan kita, benar apa bukan orangnya. Kan temannya melapor sebelumnya ke Polda Metro, bawa foto orang babak belur. Tapi pas tadi kita tanya ke pelaku, dia bilang, kok saya babak belur begini," jelas Ridwan.

Sementara itu, Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Krishna Murti menampik tentang informasi adanya anggota Bobotoh Persib yang hilang usai nonton final Piala Presiden di SUGBK. Krishna menegaskan, jika simpatisan Bobotoh yang dimaksud tengah ditahan polisi lantaran hendak mencuri motor.

"Ada info kalau anggota Bobotoh itu hilang tidak benar. Tapi, yang bersangkutan berada di Polsek Metro Menteng karena kedapatan mencuri sepeda motor," ucap Krishna.

Dari data yang diperoleh, pelaku diketahui merupakan warga Kampung Babakan Cau, Desa Kadung Waringin, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Pelaku kini mendekam di Mapolsek Menteng.

Sementara motor yang hendak dicuri masih diamankan petugas sebagai barang bukti. (Ndy/Ans)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya