Sujiwo Tedjo: Bukan Revolusi Mental Kalau Masih Dikawal Voorijder

Para pejabat masih punya pola pikir ingin dilayani, bukan melayani.

oleh Silvanus Alvin diperbarui 23 Des 2015, 04:21 WIB
Diterbitkan 23 Des 2015, 04:21 WIB
Sujiwo Tejo

Liputan6.com, Jakarta - Budayawan Sujiwo Tedjo menilai para pejabat di pemerintahan Jokowi-JK belum melakukan revolusi mental. Para pejabat masih punya pola pikir ingin dilayani, bukan melayani.

Pengawalan voorijder terhadap para pejabat negara‎, lanjut Sujiwo, merupakan contoh nyata.

"‎Budaya pelayanan masih tak sesuai dengan revolusi mental. Bagaimana mau revolusi mental, bila pejabat saja masih bersikap dilayani. Bagaimana menteri pakai voorijder, kalau mau revolusi mental saya rasa jangan pakai voorijder," ujar Sujiwo, dalam Haul ke-6 Gus Dur di Kantor DPP PKB, Jakarta, Selasa 22 Desember 2015.

Pengawalan voorijder tak mencontohkan revolusi mental, karena masyarakat biasa harus bermacet-macetan menembus jalan raya.‎ Bahkan, seringkali voorijder menghalangi pengguna jalan lainnya demi sang pejabat.


"‎Bagaimana mau dilayani, kalau pejabat ingin didulukan. Ini bukti yang paling hakiki yaitu lalu lintas. Karena lalu lintas cermin langsung," tutur dia.

Meski demikian, Sujiwo menerangkan penerapan revolusi mental ‎membutuhkan waktu yang tak sebentar. Di masa mendatang, revolusi mental perlu juga menerapkan sistem reward and punishment.

"Revolusi itu membutuhkan waktu. Tak bisa satu atau dua kali jadi. Kalau disebut revolusi mental, maka yang menjadi kekurangan ini karena tak ada penghargaan atau punishment. Bila menjalankan penghargaan itu bagaimana, kalau tidak menjalankan bagaimana," pungkas Sujiwo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya