Gempa Mentawai Tak Berdampak Kerusakan Bangunan di Nias

Meski gempa menerjang Mentawai, masyarakat Nias tetap melaksanakan aktiviktas seperti biasa.

oleh Liputan6 diperbarui 02 Mar 2016, 22:42 WIB
Diterbitkan 02 Mar 2016, 22:42 WIB
Ilustrasi Gempa Bumi
Ilustrasi Gempa Bumi (Liputan6.com/Sangaji)

Liputan6.com, Nias - Gempa bumi berkekuatan 7,8 skala Richter (SR) yang terjadi di Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat, Rabu malam sekitar pukul 19.49 WIB, tidak ada berdampak di Kepulauan Nias, Sumatera Utara.

Seperti dilansir Antara, kondisi itu terlihat dari tidak adanya kerusakan gedung perkantoran maupun rumah-rumah penduduk yang ada di daerah 5 kabupaten kepulauan tersebut.

Bahkan, masyarakat di Nias Induk dan Kota Gunung Sitoli, tetap melakasakan aktivitas seperti biasa, serta tidak terpengaruh akibat gempa yang melanda Kepulauan Mentawai.

Jarak Kepulauan Nias dengan Kepulauan Mentawai juga cukup jauh, sehingga tidak terkena dampak gempa tersebut.

Kepulauan Nias dalam keadaan aman, tenang dan tidak terpancing atau terpengaruh dengan gempa yang semula diinformasikan akan menimbulkan tsunami.

Pada malam hari ini, warga Nias Induk, Kota Gunung Sitoli, dan Nias Selatan masih berkumpul di warung kopi, rumah makan seperti hari-hari biasanya.

Informasi diterima dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa tersebut berpusat pada 4,92 Lintang Selatan (LS) dan 94,39 Bujur Timur (BT) pada kedalaman 10 kilometer.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya