VIDEO: Razia Pasar di Lamongan, Petugas Temukan Daging Berpemutih

Daging gelonggongan memiliki warna lebih pucat dan lebih banyak mengandung air.

oleh Liputan6 diperbarui 24 Jun 2016, 14:18 WIB
Diterbitkan 24 Jun 2016, 14:18 WIB
Daging Berpemutih
Daging gelonggongan memiliki warna lebih pucat dan lebih banyak mengandung air.

Liputan6.com, Lamongan - Tingginya harga daging di pasar dimanfaatkan sejumlah pihak untuk mengambil keuntungan dengan menjual daging tidak layak konsumsi. Seperti yang terjadi di Pasar Sidoharjo, Lamongan, Jawa Timur.

Saat petugas gabungan dari Disperindag, Dinas Peternakan, Kesehatan, dan Satpol PP menggelar razia, di salah satu kios, petugas menemukan hati sapi berbau yang disimpan di dalam lemari pendingin dan kikil sapi yang mengandung pemutih pakaian.  

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (24/6/2016), petugas juga menemukan pedagang yang menjual ikan basah dan udang kering yang diduga mengandung formalin. Untuk keperluan pemeriksaan di laboratorium, semua barang disita.

Di Demak, petugas Dinas Peternakan dan polisi menggagalkan pengiriman ratusan kilogram daging gelonggongan dari Boyolali. Saat dilakukan tes dapat disimpulkan bahwa daging memiliki kandungan air yang lebih tinggi dari 60 persen. Modus dilakukan dengan mencampurnya dengan daging sehat.

Untuk itu, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Demak Wibowo mengingatkan masyarakat untuk lebih teliti lagi sebelum membeli daging. Daging gelonggongan memiliki warna lebih pucat dan lebih banyak mengandung air.

Aksi curang para pedagang ini diduga ingin mengambil keuntungan lebih di tengah tingginya permintaan daging jelang Lebaran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya