5 Tugas Pokok Plt Gubernur DKI Sumarsono yang 90 Persen Sempurna

Sumarsono menjelaskan karena tugasnya berakhir 11 Februari sementara Pilkada DKI Jakarta 15 Februari, ia tidak bisa mengawalnya.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 10 Feb 2017, 07:00 WIB
Diterbitkan 10 Feb 2017, 07:00 WIB
201611228-Terminal-Pulo-Gebang-Jakarta-Budi-Karya-FF
Plt Gubernur DKI Jakarta Sumarsono (Soni) memberi sambutan saat soft launching peresmian Terminal Bus Pulo Gebang Jakarta, Rabu (28/12). Terminal ini disebut-sebut sebagai yang terbesar se-Asia Tenggara. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono akan segera mengakhiri masa tugasnya. Selama tiga bulan lebih memimpin ibu kota, pria yang karib disapa Soni ini mengaku tugasnya sudah 90 persen sempurna.

"Yang belum selesai dari lima tugas pokok saya sudah sempurna 90 persen, yang kurang 10 persen adalah hari H Pilkada," ujar dia di Balai Kota Jakarta, Kamis (9/2/2017).

Soni menjelaskan, karena tugasnya berakhir pada 11 Februari sementara Pilkada DKI Jakarta 15 Februari, ia tidak bisa mengawalnya.

"Saya berakhir tanggal 11, sehingga tidak mengantarkan di ujung pada saat hari H Pilkada. Tapi seluruh tugas, lima tugasnya sudah saya laksanakan dengan baik, termasuk persiapan pilkada," ucap dia.

Soni pun membeberkan kelima tugas tersebut. Pertama adalah ketika dirinya memastikan pemerintahan DKI Jakarta berjalan dengan baik. Ia mengaku telah berhasil melalui ini.

"Kedua, ketenteraman dan ketertiban umum sudah kita jalankan dengan baik. Ketika persoalan aksi-aksi muncul toh semua terkendali dan tidak persoalan keamanan dan kerawanan yang sangat signifikan mengenai Jakarta," kata Sumarsono.

Ketiga, menurut dia, pilkada sampai hari ini 95 persen sudah siap diselenggarakan. Sisa 5 persen itu adalah data penduduk yang hingga saat ini masih terus dikejar. Ia pun membantah soal adanya KTP ganda.

"Isu KTP ganda, dobel itu tidak benar. Hanya Photoshop dan hanya orang-orang yang ingin menggagalkan Pilkada Jakarta saja," kata dia.

Lalu keempat, ucap Soni, adalah soal Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta. "Keempat APBD sudah diselesaikan, jauh sebelum ayam berkokok sebelum 2017 sudah selesai. Dan seluruhnya sudah clear," ucap dia.

"Tugas terakhir, organisasi perangkat daerah sesuai PP 18 tahun 2016. Amanah sudah saya laksanakan. Amanahnya sebelum PP terbit harus sudah dilakukan perubahan perombakan dan penataan personel. Dan ini semua kita lakukan dan termasuk pengisian, dan hari ini tidak ada satupun yang komplain," ucap dia.

Semua itu, kata Soni, ada 5 persen kekurangannya, yaitu Pilkada DKI Jakarta yang tidak dikawalnya. "Itu semua. Ada 5 persen kekurangannya karena tidak sampai Pilkada Serentak tidak saya kawal," tegas Sumarsono.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya