UKP PIP Bidik Talenta Muda Gaungkan Pancasila

Talenta yang dibidik tidak hanya di bidang musik, tapi olahraga, pengusaha, start up, atau bidang lainnya.

oleh Ahmad Romadoni diperbarui 10 Jun 2017, 05:16 WIB
Diterbitkan 10 Jun 2017, 05:16 WIB
Presiden Jokowi Resmi Melantik Yudi Latif Jadi Kepala UKP-PIP
Presiden Jokowi Resmi Melantik Yudi Latif Jadi Kepala UKP-PIP (Liputan6.com/Ahmad Romadoni)

Liputan6.com, Jakarta - Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP) mengemban tugas yang tak ringan. Mereka harus membangkitkan nilai-nilai Pancasila di tengah gempuran modernisasi.

Kepala UKP PIP Yudi Latief sudah menyiapkan strategi khusus agar Pancasila yang lahir 71 tahun lalu ini masih terus diamalkan oleh generasi masa kini. Caranya, Yudi akan membidik talenta muda Indonesia untuk menggaungkan kembali semangat Pancasila.

"Misalnya kalau talenta itu punya potensi besar seperti Joy Alexander," kata Yudi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat 9 Juni 2017.

Talenta yang dibidik tidak hanya di bidang musik, tapi olahraga, pengusaha, start up, atau bidang lainnya. Komunitas akan digerakkam mencari dan menggaet para talenta muda Indonesia sehingga bisa terus berkembang.

"Sehingga nanti muncul pahlawan baru di ruang publik membawa bendera dari Pancasila itu," ujar dia.

Langkah ini diambil UKP PIP agar Pancasila tidak hanya disampaikan melalui pembelajaran di sekolah. Mendorong masyarakat keluar dari konflik juga bagian dari upaya penerapan nilai-nilai Pancasila.

"Misalnya sesuatu yang memberi optimisme ke publik. Jadi kita bisa menciptakan optimisme baru di ruang publik supaya ruang publik tidak diisi oleh caci maki, saling menjatuhkan, tetapi memberikan optimisme," pungkas Yudi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya