Bitcoin SegWit2X Muncul Lagi, Apa yang Ditawarkan?

Ada kado untuk komunitas kripto untuk menyambut 2018. SegWit2X bakal hadir kembali dengan hard fork pada 28 Desember 2017.

oleh nofie tessar pada 27 Des 2017, 10:00 WIB
Diperbarui 29 Des 2017, 09:14 WIB
Bitcoin SegWit2X Muncul Lagi, Apa yang Ditawarkan?
Ada kado untuk komunitas kripto untuk menyambut 2018. SegWit2X bakal hadir kembali dengan hard fork pada 28 Desember 2017.

Liputan6.com, Jakarta Segwit (segregated witness), Sempat mati suri sejak November 2017 lalu. Tapi ada kado untuk komunitas kripto, nih buat menyambut 2018. SegWit2X bakal nongol lagi dengan hard fork pada 28 Desember 2017 mendatang.

Apa sih kendala di SegWit sebelumnya?

Dalam bitcoin, makin tinggi transaksi yang dilakukan membuat blockchain semakin terbebani, kan? Karena setiap block hanya bisa menampung sebanyak 1MB, transfer data menjadi pun cenderung lelet, karena volume transaksi jauh melebihi daya tampung block. Ini dia nih yang bikin konfirmasi menjadi lebih lama karena butuh beberapa block biar input cepat dimasukkan dalam block dan disimpan dalam blockchain.

Lalu apa dong yang ditawarkan pengembang di SegWit2X?

Ide untuk upgrade ukuran blok dan meningkatan skalabilitas Bitcoin nih yang jadi alasan pengembang menghidupkan SegWit2X. Tim pengembang berpengalaman punya pendapat, mereka mau melanjutkan kegiatannya berdasarkan peluncuran proyek yang ditangguhkan di dalam situsnya.

Namun, perdagangan berjangka masih dilakukan di sejumlah bursa kripto dengan harga mendekati 0.01 BTC. Selain menetapkan Segregate Witness, tim pengembang juga telah menetapkan beberapa hal berikut ini guys :

• Ukuran block size ditingkatkan hingga 4MB

• Tingkat produksi block 2,5 menit

• Format alamat yang lebih unik

• Perhitungan ulang kompleksitas setiap block

• Perlindungan terhadap transaksi berulang

• Menggunakan alogaritma enskirpsi X11.

SegWit2X diluncurkan kembali bersama tim pengembang yang terdiri dari pimpinan startup dan penambang Bitcoin. Block No. 501451 rencananya mulai berproduksi di penghujung Desember ini. Siap – siap guys karena akan ada beberapa peningkatan positif yang direncanakan menurut Roadmap, seperti berikut ini :

• Kode offline

• Dukungan untuk lightning network, transaksi instan

• Zksnark

• Ethereum smart contracts

• Transaksi anonim.

Selama hard fork di blok 501451, Bitcoin SegWit2X tidak hanya lahir kembali lho, tapi juga akan membuat jaringan bitcoin yang lebih baik. Selain itu, Bitcoin SegWit2X akan memberikan jaminan kepada semua pemegang BTC yang nanti akan menerima B2X dengan rasio 1: 1 dan para pengguna akan mendapatkan bitcoin baru Swgwt2x koin dalam rasio tersebut jika mereka menyimpan dananya di bursa yang telah ditentukan pada saat fork.

Lalu akan ada juga kemungkinan untuk mendapatkan koin dengan menambah private key di dompet Bitcoin Swgwt2x. Tapi pilihan ini baru akan tersedia beberapa saat setelah diadakan pengujan. Di beberapa bursa berjangka, fork ini sudah diperdagangkan kamu dapat cek pergerakannya di https://coinmarketcap.com/, biayanya bertambah hingga tiga kali lipat, setelah adanya pengumuman dimulainya kembali proyek tersebut.

Fork tersebut terdapat perubahan, diantaranya, munculnya Hit BTC yang akan mendukung kerja BTC hard fork dan IGNIS air drop, lalu pertukaran dengan jumlah yang sangat besar dengan omzet lebih dari 1 miliar dollar per hari.

Pertukaran tersebut dapat dilakukan di https://exrates.me, https://yobit.net , https://zumminer.com, www.webmoney.ru, bitcoin.co.id. Tapi bagi dompet pertukaran bitcoin yang tidak mendukung fork ini lalu penggunanya tidak mendapatkan koin, itu berarti tanggung jawab mereka sendiri, maka dari itu peran dukungan dari masyarakat sangat penting kalau para komunitas kripto ingin mendapatkan bonus tahun baru.

Jangan lupa klik tautan berikut ini atau join di telegram https://t.me/Segwit2_X untuk melihat perkembangan Bitcoin SegWit2X dan social media segwit di Https://Bitcointalk.org/index.php?Topic=2595620, Https://twitter.com/Segwit_2X dan https://m.facebook.com/Segwit2xReload/.

 

(Adv)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya